📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tangki Bensin Mobil Kotor Terus, Ternyata Inilah Penyebabnya!

Tangki Bensin Mobil Kotor Terus

Saat mengendarai mobil, salah satu aspek yang penting untuk dipertimbangkan adalah menjaga tangki bensin tetap bersih dan bebas kotoran. Tangki bensin mobil kotor dapat menjadi sumber berbagai masalah pada sistem bahan bakar mobil, mempengaruhi performa kendaraan, efisiensi konsumsi bahan bakar, dan umur mesin. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail penyebab-penyebab umum yang menyebabkan tangki bensin mobil kotor, serta memberikan pemahaman mendalam mengenai hal ini.

Penyebab Tangki Bensin Mobil Kotor Terus

Sebenarnya residu BBM memang hal yang lumrah muncul, sehingga sering membuat tangki bensin mobil kotor. Namun, jika masalah tangki bensin mobil kotor ini terjadi terus menerus dan terasa berlebihan, jelas ada permasalahan yang menyebabkannya. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab tangki bensin mobil kotor terus:

  1. Debu dan Partikel Kontaminan

Penyebab utama tangki bensin mobil yang kotor adalah masuknya debu dan partikel-partikel kontaminan ke dalam tangki. Partikel-partikel ini bisa berasal dari udara berdebu dan lingkungan sekitar, tetapi juga dapat berasal dari bahan bakar yang tidak berkualitas.

Saat Anda mengisi bahan bakar di stasiun yang kurang terawat atau menggunakan bensin yang tidak bersih, partikel-partikel kontaminan dapat ikut tercampur dengan bahan bakar dan akhirnya menumpuk di dalam tangki. Saringan bahan bakar yang ada di dalam sistem bahan bakar mobil dapat tersumbat oleh partikel-partikel ini, menghambat aliran bahan bakar yang bersih, dan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya.

  1. Karat dan Korosi

Tangki bensin mobil terbuat dari logam, seperti baja atau aluminium, yang rentan terhadap korosi dan karat seiring waktu. Korosi adalah reaksi kimia antara logam dengan air dan oksigen yang menyebabkan terkikisnya permukaan logam.

Jika tangki bensin tidak memiliki pelapisan yang memadai atau terdapat kerusakan pada lapisan pelindung dalam tangki, air dan kelembaban dapat dengan mudah masuk ke dalam tangki dan memicu korosi. Akibatnya, permukaan dalam tangki bensin akan menghasilkan partikel-partikel karat yang kemudian tercampur dengan bahan bakar, membuat tangki bensin mobil kotor.

Karat dan partikel-partikel ini dapat merusak komponen-komponen sistem bahan bakar, seperti injektor bahan bakar, pompa bahan bakar, dan filter bahan bakar.

  1. Penyumbatan dari Endapan Lumpur

Penggunaan bahan bakar yang buruk atau tidak berkualitas dapat menyebabkan pembentukan endapan lumpur di dalam tangki bensin, menyebabkan tangki bensin mobil kotor. Ketika bahan bakar yang mengandung zat aditif yang tidak berkualitas digunakan, endapan lumpur dapat terbentuk seiring waktu. Lumpur ini terdiri dari kerak-kerak bensin yang mengeras dan menumpuk di dasar tangki.

Seiring bertambahnya lama, endapan lumpur ini dapat menyumbat filter bahan bakar dan saluran-saluran di dalam sistem bahan bakar. Penyumbatan ini akan menghambat aliran bahan bakar yang bersih dan dapat menyebabkan masalah pada mesin, seperti hilangnya tenaga, suara mesin yang kasar, atau penggunaan bahan bakar yang tidak efisien.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Air dalam Tangki Bensin

Masuknya air ke dalam tangki bensin juga menjadi salah satu penyebab utama tangki bensin mobil kotor. Kelembaban yang terakumulasi di dalam tangki bensin dapat menyebabkan korosi dan pembentukan lumpur yang merusak. Air juga memberikan kondisi ideal bagi pertumbuhan mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur.

Mikroorganisme ini dapat mencemari bensin dan menyebabkan masalah serius pada sistem bahan bakar. Hal ini juga dapat membentuk lapisan lendir yang menutupi permukaan dalam tangki dan menyumbat saluran-saluran bahan bakar. Selain itu, mikroorganisme ini juga dapat menghasilkan produk sampingan yang merusak kualitas bahan bakar dan mempengaruhi kinerja mesin.

  1. Kualitas Bahan Bakar yang Buruk

Kualitas bahan bakar yang buruk juga dapat menjadi penyebab tangki bensin mobil kotor. Bahan bakar yang tidak berkualitas, misalnya mengandung kotoran, air, atau zat aditif yang tidak baik, dapat memperburuk kondisi tangki. Kotoran dan kontaminan dalam bahan bakar dapat mengendap dan menyebabkan pembentukan lumpur di dalam tangki, sementara zat aditif yang tidak baik dapat merusak komponen-komponen sistem bahan bakar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan bahan bakar berkualitas yang sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil dan menghindari pengisian bahan bakar di stasiun yang reputasinya diragukan.

Baca Juga: Adakah Pengaruh Bahan Bakar Terhadap Performa Mesin?

Mengatasi Masalah Tangki Bensin Mobil Kotor

Untuk menjaga tangki bensin mobil tetap bersih dan bebas kotoran, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Perawatan Rutin: Lakukan perawatan rutin pada sistem bahan bakar, termasuk mengganti filter bahan bakar secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil. Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kondisi tangki bensin dan membersihkannya jika diperlukan.
  2. Pemilihan Bahan Bakar Berkualitas: Gunakan bahan bakar berkualitas yang sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil. Pilihlah stasiun pengisian bahan bakar yang terpercaya dan memiliki reputasi baik untuk memastikan Anda mendapatkan bahan bakar yang bersih dan bebas kontaminan.
  3. Lindungi Tangki Bensin: Gunakan pelindung tangki atau pelapis dalam tangki bensin untuk mengurangi risiko korosi dan karat. Pastikan juga tidak ada kerusakan pada tangki yang dapat memungkinkan masuknya kotoran atau kelembaban.
  4. Perhatikan Kebersihan Lingkungan: Jaga lingkungan sekitar mobil tetap bersih dan hindari parkir di tempat yang berdebu atau kotor. Hal ini akan membantu mencegah partikel-partikel kontaminan masuk ke dalam tangki bensin.
  5. Konsultasikan dengan Ahli: Jika Anda mengalami masalah serius dengan tangki bensin mobil, segeralah konsultasikan dengan mekanik yang terpercaya atau bengkel resmi untuk penanganan yang tepat. Mereka akan dapat memberikan diagnosis yang akurat dan memberikan solusi yang sesuai.

Kesimpulan

Tangki bensin mobil kotor dapat menyebabkan masalah serius pada sistem bahan bakar dan kinerja mobil secara keseluruhan. Debu, partikel kontaminan, korosi, endapan lumpur, dan kelembaban adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!