New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Ketahui Cara Mudah Proses Tune Up Mobil di Bengkel Mobil

Kapan terakhir anda melakukan tune up ? Sudahkah anda mengetahui seberapa pentingnya tune up bagi mobil anda? Tune up merupakan salah satu jenis perawatan servis untuk membersihkan saluran pembakaran pada mobil. Saluran pembakaran yang jarang dibersihkan akan memicu kerak karbon yang menumpuk menjadi kotoran.

Umumnya, tune up dilakukan setiap 3 hingga 6 bulan sekali. Tujuannya tidak lain agar performa semakin bertenaga dan irit bbm. Sudah tau cara melakukan proses tune up mobil? Intip selengkapnya disini

Alat yang digunakan

Dalam pengerjaan tune-up, sebaiknya menerapkan efisiensi saat menggunakan alat. Persiapan alat yang berlebihan segi macam maupun jumlahnya, tetapi tidak digunakan sama saja menandakan kurangnya pemahaman terhadap mesin. Alat utama yang diperlukan dalam tune-up antara lain:

  • Kunci pas
  • Kunci ring
  • Ampelas (ambril)
  • Obeng positif dan negatif.
  • Feeler gauge (pengukur celah).
  • Timing-light
  • Engine analyzer atau mesin tes kompresi
  • Kain lap

Selain menghitung jumlah peralatan yang digunakan, perlu diperiksa juga kondisi setiap peralatan secara teliti. Pastikan bahwa peralatan tersebut dalam keadaan baik dan tidak cacar. Kondisi alat yang dapat menimbulkan kecelakaan misalnya kunci yang retak, kabel terkelupas, atau obeng retak.

Langkah umum

Pekerjaan tune-up terdiri dari langkah-langkah berikut;

  1. Memeriksa air radiator secara menyeluruh,
  2. Memeriksa oli mesin,
  3. Mengecek kondisi visual mesin,
  4. Menghidupkan mesin,
  5. Mengecek sparepart

Tonton video selengkapnya disini

Langkah pertama adalah mengecek setiap kemungkinan kerusakan. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi pengulangan pekerjaan karena sebagian dari servis komponen akan mempunyai pengaruh pada komponen lain. Komponen pertama yang paling pertama perlu diperhatikan adalah saringan angin atau filter. Saringan angin bisa dibilang komponen mesin yang paling dingin dibanding komponen lain setelah mesin dihidupkan. Tak hanya itu, saringan angin juga mempunyai dampak pada komponen lain apabila diservis paling akhir, seperti pada pembentukan gabungan angin dan bensin di saluran pada saluran pemasukan gas (intake manifold).

Baca Juga : Temukan Bengkel Tune Up Mobil Terpercaya di Dekat Anda

Setelah saringan angin, komponen berikutnya adalah platina. Komponen ini terletak di dalam distributor, perlu di cek atau mungkin saja diservis lebih dahulu sebelum akan menyetel pengapian dan putaran stasioner. Perhatikan kabel yang bisa menyebabkan hubungan singkat dengan bodi mesin. Hubungan singkat dengan bodi mesin bisa menimbulkan loncatan bunga api pada busi.

Selalu periksa buku manual mobil jika Anda memang ingin mencoba melakukan tune-up sendiri. Akan lebih baik lagi membayar dan membawa mobil ke bengkel tune-up, untuk mendapatkan diagnosis masalah yang lebih jelas dari mekanik Anda.

Selesai sudah ulasan mengenai proses tune up mobil. Semoga dapat bermanfaat untuk anda domolovers..

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!