📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Cara Mengatasi Mesin Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Mesin Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi

AC mobil sudah menjadi salah satu komponen yang cukup penting bagi sebuah mobil. Dengan adanya AC, perjalanan saat mengendarai mobil jadi terasa lebih nyaman karena AC mobil bisa menjadi suhu dalam kabin obil agar tetap sejuk dan nyaman.

Oleh karena itu, tiap bagian pada AC mobil memerlukan perawatan tertentu agar kondisinya selalu prima.

Tidak jarang sebagian para pengguna kendaraan mobil menjadi panik jika terjadi kerusakan pada bagian mobil, salah satunya otomatis AC mobil tidak berfungsi dengan sewajarnya.

Untuk itu, penting bagi para pengguna mobil untuk selalu memperhatikan kondisi otomatis AC mobil agar kinerja AC mobil bisa lancar tanpa hambatan.

Agar AC mobil tidak berfungsi bisa teratasi, berikut ini informasi seputar penyebab dan cara mengatasi mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi yang patut Anda simak.

Penyebab Mesin Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi

Penyebab Mesin Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi

Mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi bisa terjadi karena beberapa hal. Adanya kerusakan pada bagian-bagian AC mobil bisa menjadi penyumbang faktor penyebab mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi.

Oleh karenanya, penting bagi para pengguna mobil untuk mengetahui komponen apa saja yang menjadi penyebab dari mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi sehingga dapat memperbaikinya hingga ke akar permasalahan.

Bagi Anda yang kerap kali alami masalah otomatis AC mobil tidak berfungsi pada mobil kesayangan Anda, seperti otomatis AC mobil Avanza tidak berfungsi, berikut ini faktor penyebab mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Kerusakan pada Thermostat

Faktor pertama yang dapat menyebabkan mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi adalah adanya kerusakan pada bagian thermostat.

Thermostat merupakan komponen pada AC mobil yang berfungsi sebagai pengendali suhu yang keluar dari AC mobil.

Saat suhu dalam kabin ruangan terasa panas, maka thermostat akan mengatur suhu udara yang keluar dari dalam AC mobil agar dingin. Begitu pun sebaliknya.

Sehingga jika thermostat mengalami kerusakan, maka otomatis AC mobil pun tak dapat berfungsi dan memberikan hawa sejuk yang diinginkan.

Penyebab dari kerusakan pada thermostat ini  bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya karena faktor usia, kualitas termostat, terkena basah, ataupun sensornya sudah pecah.

  1. Sensor AC Mobil Bermasalah

Jika sebelumnya masalah dari mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi terjadi karena adanya kerusakan pada thermostat.

Faktor kedua yang menjadi penyebab otomatis AC mobil tidak berfungsi adalah karena adanya bagian di sensor AC mobil yang rusak sehingga tidak mampu menerima data dari thermostat.

Sensor AC mobil bermasalah ini bisa terjadi karena adanya kabel-kabel di bagian AC mobil yang mengalami korsleting, kabel yang putus, hingga kabel yang tak terpasang dengan benar.

Penyebab masalah ini dapat terjadi karena adanya kabel-kabel yang korsleting, putus, ataupun tidak terpasang dengan benar.

  1. Kelistrikan Mobil yang Tidak Stabil

Kelistrikan mobil yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab dari mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi dengan semestinya.

Maksud dari kelistrikan mobil yang tidak stabil adalah arus listrik yang masuk ke bagian AC mobil seringkali mengalami naik turun.

Ketidakstabilan dari kelistrikan mobil ini bisa menyebabkan korsleting pada kabel, ataupun AC tidak mampu bekerja secara normal, dan akhirnya berujung pada mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

  1. Kerusakan pada Tombol On/Off

Apabila otomatis AC mobil tidak berfungsi dengan baik dan sebagaimana mestinya, salah satu komponen yang bisa diperiksa kondisinya adalah tombol on/off atau tombol power.

Kerusakan pada tombol on/off atau tombol power bisa menjadi penyebab dari mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi.

Kerusakan pada komponen yang satu ini bisa terjadi karena beberapa hal, yakni per pegas pada tombol yang lepas atau adanya kabel yang salah dalam penyambungannya.

Maka dari itu, saat otomatis AC mobil tidak berfungsi seperti sebelumnya, tombol power atau tombol on/off bisa menjadi salah satu komponen yang harus diperiksa kondisinya.

  1. Kelistrikan Mobil yang Selalu Tersambung

Beberapa mekanik di bengkel-bengkel yang kurang kredibel seringkali mengabaikan beberapa standar operasional dalam menangani permasalahan pada mobil.

Salah satu kasusnya adalah dengan melakukan kesalahan dalam pemasangan dan pemotongan kabel-kabel kelistrikan mobil.

Kesalahan pemasangan kabel ini seringkali mengakibatkan arus listrik di bagian AC mobil selalu dalam keadaan ON atau hidup yang tak bisa dimatikan sama sekali.

Hal ini dapat berujung pada otomatis AC mobil tidak berfungsi prima seperti sebelumnya karena kelistrikan mobil di AC mobil yang selalu tersambung dan dalam posisi hidup.

  1. Kerusakan pada AC Mobil

Saat otomatis AC mobil tidak berfungsi hingga AC mobil tidak bisa dimatikan saat mobil selesai digunakan, kemungkinan terburuknya bisa terjadi karena adanya kerusakan pada AC mobil sehingga kinerjanya memang sudah tak sebaik seperti biasa.

Kerusakan yang terjadi pun bisa karena beberapa sebab, yakni kerusakan karena penggunaan ataupun memang kondisi AC mobil yang mengalami cacat produksi.

Cara Mengatasi Mesin Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Mesin Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi

  1. Mengganti Komponen yang Rusak dengan yang Baru

Salah satu cara mengatasi mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi adalah dengan mengganti beberapa komponen yang mengalami kerusakan dengan komponen yang baru.

Beberapa komponen yang mengalami kerusakan bisa menjadi faktir penyebab mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi, seperti thermostat, sensor AC mobil, hingga tombol power.

Jika kerusakan yang ada adalah kerusakan minor, tentu komponen tersebut masih bisa diperbaiki.

Namun apabila komponen yang rusak terjadi cukup parah, maka satu-satunya solusi adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

  1. Perbaiki Kelistrikan Mobil

Solusi kedua yang bisa Anda lakukan saat otomatis AC mobil tidak berfungsi karena adanya permasalahan pada kelistrikan mobil adalah dengan melakukan perbaikan kelistrikan mobil.

Namun, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan terkait perbaikan kelistrikan mobil untuk atasi otomatis AC mobil tidak berfungsi.

Kelistrikan mobil adalah salah satu komponen yang cukup ‘sensitif’. Apabila salah penanganan, kerusakan yang lebih parah justru bisa terjadi karena kelistrikan mobil yang rusak saat salah penanganan.

Untuk itu, pastikan Anda melakukan perbaikan kelistrikan mobil di bengkel yang memang kredibilitas dan kualitasnya terpercaya.

Baca Juga: 7 Masalah Umum Gangguan Sistem Kelistrikan Mobil

  1. Melakukan Perbaikan AC Mobil

Apabila otomatis AC mobil tidak berfungsi karena kondisi AC mobil yang memang mengalami kerusakan secara keseluruhan, alangah baiknya untuk segera memperbaiki AC mobil di bengkel spesialis AC mobil.

Di bengkel AC mobil, kerusakan tersebut akan segera ditangani hingga AC mobil bisa kembali prima kondisinya.

Mendiagnosis Kerusakan AC Mobil

Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah kerusakan pada AC mobil disebabkan oleh thermostat, sensor AC, atau kerusakan lainnya:

1. Periksa Gejala:

  • Thermostat: Jika AC tidak dingin atau terasa panas, dan kompresor AC tidak bekerja, kemungkinan thermostat rusak.
  • Sensor AC: Jika kompresor AC tidak mau hidup, kipas evaporator tidak berputar, atau ada indikator error pada panel AC, kemungkinan sensor AC bermasalah.
  • Kerusakan lain: Jika ada kebocoran freon, kerusakan pada kompresor AC, atau masalah pada sistem kelistrikan, kemungkinan kerusakan AC bukan disebabkan oleh thermostat atau sensor AC.

2. Lakukan Pemeriksaan:

  • Thermostat: Periksa kondisi thermostat dengan menggunakan multimeter atau alat tester khusus.
  • Sensor AC: Periksa sensor AC dengan menggunakan multimeter atau alat diagnostik AC.
  • Tekanan freon: Periksa tekanan freon pada sistem AC dengan menggunakan alat pengukur tekanan freon.
  • Kompresor AC: Periksa kondisi kompresor AC dengan cara mendengarkan suara kompresor saat AC dihidupkan.

3. Bawa ke Bengkel Terpercaya:

Jika Anda tidak yakin dengan penyebab kerusakan AC, bawalah mobil Anda ke bengkel AC terpercaya untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat.

Solusi Selain Mengganti Komponen

Selain mengganti komponen yang rusak dengan yang baru, ada beberapa solusi lain yang dapat dicoba untuk mengatasi mesin otomatis AC mobil yang tidak berfungsi:

  • Bersihkan sensor AC: Sensor AC yang kotor dapat menyebabkan sinyal yang tidak akurat, sehingga mesin otomatis AC tidak berfungsi dengan benar. Coba bersihkan sensor AC dengan menggunakan cairan pembersih khusus.
  • Reset ECU AC: Electronic Control Unit (ECU) AC menyimpan pengaturan dan informasi tentang sistem AC. Reset ECU AC dapat membantu mengatasi masalah software yang mungkin menyebabkan mesin otomatis AC tidak berfungsi.
  • Periksa sekring dan relay: Sekring dan relay yang putus atau rusak dapat mengganggu aliran listrik ke sistem AC. Periksa sekring dan relay yang terkait dengan AC dan ganti jika perlu.

Memperbaiki Kelistrikan Mobil

Jika masalah mesin otomatis AC mobil disebabkan oleh kelistrikan yang tidak stabil, berikut beberapa cara untuk memperbaikinya:

  • Periksa aki mobil: Aki mobil yang lemah atau rusak dapat menyebabkan kelistrikan mobil tidak stabil. Periksa aki mobil Anda dan ganti jika perlu.
  • Periksa alternator: Alternator berfungsi untuk mengisi aki mobil saat mesin hidup. Periksa alternator Anda dan ganti jika perlu.
  • Periksa kabel dan terminal aki: Kabel dan terminal aki yang kotor atau berkarat dapat mengganggu aliran listrik. Bersihkan kabel dan terminal aki Anda.
  • Periksa ground mobil: Ground mobil berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke tanah. Periksa ground mobil Anda dan bersihkan jika perlu.

Peringatan: Bekerja pada sistem kelistrikan mobil dapat berbahaya. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda, bawalah mobil Anda ke bengkel mobil terpercaya untuk diperbaiki.

Atasi Mesin Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi di Bengkel Terpercaya

Dua penyebab utama dari mesin otomatis AC mobil tidak berfungsi adalah adanya kerusakan atau permasalahan pada kelistrikan mobil dan AC mobil.

Dua komponen ini mungkin terlihat sepele, namun penanganannya justru tak boleh sembarangan karena kedua komponen ini cukup tricky saat ditangani apabila terjadi permasalahan.

Maka dari itu, penting untuk memilih bengkel yang terpercaya baik kualitas dan reputasinya sehingga penanganannya tak akan salah.

Adapun salah satu bengkel yang bisa Anda rujuk saat mesin otomatis AC tidak berfungsi dengan baik adalah Dokter Mobil.

Kunjungi Cabang Dokter Mobil terdekat

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Poin Perbedaan Mobil SUV dan MPV

7 Poin Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Masih bingung apa perbedaan mobil SUV dan MPV saat akan beli mobil baru? Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah dua

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form