New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
otomatis ac mobil tidak berfungsi

Cara Mudah Atasi Mesin Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi

Tidak jarang sebagian orang pengguna kendaraan mobil menjadi panik lantaran otomatis AC mobil tidak berfungsi dengan sewajarnya. Jangan sampai hal tersebut akan berdampak merembet pada komponen yang bersifat otomatis lainnya.

Penyebab dan Cara Mudah Atasi Mesin Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi

otomatis ac mobil tidak berfungsi
otomatis ac mobil tidak berfungsi

Cemas saja tidak akan mengusir rasa keingintahuan Anda. Beberapa penyebab dan solusi masalah sistem otomatis AC mobil, selengkapnya cek dibawah ini;

1. Kerusakan pada Termostat

Penyebabnya ialah kerusakan yang terjadi pada termostat AC mobil anda. Kerusakan bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya karena faktor usia, kualitas termostat, terkena basah, ataupun sensornya sudah pecah. Faktor dan penyebab termostat menjadi rusak lainnya bisa dibaca selengkapnya disini.

Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan penggantian termostat.

2. Sensor AC Mobil Bermasalah

Jika sebelumnya masalah terjadi di termostat, kemungkinan kedua penyebab otomatis AC mobil tidak berfungsi adalah karena adanya bagian di sensor AC mobil yang rusak sehingga tidak mampu menerima data dari termostat.

Penyebab masalah ini dapat terjadi karena adanya kabel-kabel yang korsleting, putus, ataupun tidak terpasang dengan benar.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan perbaikan masalah kelistrikan mobil.

3. Kelistrikan Mobil yang Tidak Stabil

Penyebab lain yang menyebabkan sistem otomatis pada AC mobil tidak berfungsi dengan semestinya adalah karena kelistrikan AC mobil naik turun secara drastis. Ketidakstabilan ini menyebabkan korsletnya kabel, ataupun AC tidak mampu bekerja secara normal.

Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini ialah gunakan alat untuk menstabilkan kelistrikan mobil seperti JS One ataupun R-Project.

4. Kerusakan pada Tombol On/Off

Kerusakan tombol ini bisa disebabkan oleh banyak sebab. Bisa karena per pegas di tombol tersebut copot. Atau bisa juga karena ada kabel yang salah penyambungan.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti tombol power. Namun ada kalanya penggantian ternyata tidak memberikan hasil. Oleh sebab itu silahkan check pada alasan selanjutnya.

5. Kelistrikan yang Selalu Tersambung

Kadang kala, ada mekanik yang melakukan kesalahan dalam pemasangan dan pemotongan kabel-kabel. Dan hal ini sering kali terjadi/dilakukan oleh mekanik di bengkel-bengkel yang kurang berkompeten.

Bengkel yang kurang berkompeten ini melakukan kesalahan-kesalahan dalam pemasangan kabel. Pemasangan yang salah ini menjadikan arus listrik di AC Mobil selalu dalam keadaan ON. Tidak bisa dimatikan sama sekali.

Solusi untuk masalah ini ya tentu saja membawa ke bengkel AC mobil untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

6. Kerusakan pada AC Mobil

otomatis ac mobil tidak berfungsi

Entah itu masalah otomatis AC mobil tidak berfungsi, ataupun AC mobil yang tidak mau mati, kemungkinan terjadi karena ada masalah pada AC mobilnya.

Bisa saja anda membeli AC mobil yang memang cacat produk sehingga masalah tersebut terjadi. Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, anda dapat mengajukan garansi. Namun tentu saja garansi tersebut hanya akan diterima jika belum melewati masa garansi, dan terjadi bukan karena kesalahan penggunaan.

Nah itulah ulasan untuk mengatasi AC mobil Anda. Semoga bermanfaat untuk kita semua..

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 55875

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya