New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Mencegah Air Radiator Cepat Habis Bisa Dilakukan dengan Mengechecknya Secara Berkala

Ternyata Ini Alasan Air Radiator Cepat Habis dan Solusinya

Faktanya, 70 persen masalah overheat terjadi karena air radiator cepat habis. Celakanya, banyak yang tidak tahu penyebab terjadinya hal ini. Jangan heran jika kasus overheat terus saja terjadi.

Sudah tahu belum peran penting radiator bagi mobil anda? Nah, radiator berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin sebagai proteksi mencegah overheat pada mesin mobil anda. Untuk memunculkan proteksi tersebut, maka perlu perawatan terbaik dari pengguna mobil yakni salah satunya dengan menggunakan coolant sebagai air radiator.

Dibandingkan dengan air biasa, coolant merupakan jenis terbaik untuk air radiator mobil anda. Sebab coolant mengandung proteksi senyawa kimia yang baik untuk melindungi radiator mobil dari suhu mesin yang panas.

Penyebab Air Radiator Cepat Habis

Tidak jarang pengguna mobil kerap masih mengeluhkan kondisi dimana air radiator sering berkurang atau bahkan habis walaupun baru saja diisi. Nah, untuk menyelesaikan masalah ini, penting untuk tahu apa saja penyebabnya. Dengan demikian solusinya bisa lebih mudah didapatkan.

Adapun beberapa penyebab air radiator cepat habis di antaranya adalah:

Air Radiator Bocor Keluar

Penyebab yang pertama yakni air radiator mengalami kebocoran sehinggar air radiator tumpah keluar. Biasa terjadi karena selang-selangnya bocor. Apa solusi

Air Radiator Masuk ke Dalam Mesin Mobil

Selanjutnya, bocor yang dimaksud adalah bocor pada ruang bahan pembakaran. Hal ini bisa disebabkan adanya kebocoran pada ruang mesin oli.

Indikasinya yakni pada ruang pembakaran, asap yang keluar b melalui celah knalpot disertai dengan air dengan kuantitas banyak sebab air coolant ikut terbakar melalui penguapan. Jika di cek, oli akan berwarna putih karena sudah tercampur dengan kontimen lainnya

Baca Juga : Pilih-pilih Jenis Radiator Coolant Terbaik untuk Mobil Anda

Lain halnya jika oli tidak menujukkan warna mencurigakan, berarti ini masih terbilang aman.

Tutup Radiator Bermasalah

Ketahui hal ini. Banyak orang belum mengetahui tutup radiator pun dapat menjadi salah satu penyebabnya. Umumnya, mekanik hanya mendiagnosa tutup radiator dari pengelihatan saja. Namun, sebenarnya tutup radiator dapat diagnosa kerusakan dari alat tester agar kerusakan dapat diketahui secara jelas.

di Dokter Mobil terdapat alat tester bernama Tester pression. Fungsi alat ini adalah dapat mengetes kebocoran radiator sekaligus tutup radiator bisa dicek dengan akurat melalui alat ini.

Cara kerjanya yakni dengan memompa saja. Sangat sederhana, cukup dipasangkan tutup radiator pada alat tersebut lalu dipompa dengan cukup menekan sekali saja.

PENTING

Jika tutup radiator sudah rusak, maka parameter yang tadinya naik akan segera turun dengan perlahan bahkan cepat. Mengapa?

Hal ini disebabkan udara yang terkatup pada tutup radiator loss atau terbuang sebab karet radiator sudah dalam keadaan tipis hingga tidak bisa menahan tekanan udara yang masuk.

Berbeda dengan tutup radiator yang masih dalam keadaan baru atau normal, jika dipasangakan pada tester ini maka jarum parameter akan mehanan dititik angka dan tidak turun. Mengapa?

Hal ini disebabkan tekanan udara yang terkatup pada tutup radiator tertahan oleh karet radiator yang masih bagus. Umumnya berada di 15 psi. Oleh sebab itu, sangat disarankan memilih tutup radiator yang memang mampu dengan erat menjaga air radiator keluar.

Lihat Juga: Jenis dan Harga Tutup Radiator Mobil yang Reccomended

Nah itulah beberapa penyebab air radiator cepat habis serta solusi untuk mengatasi masalah ini. Semoga informasi ini bermanfaat sehingga mencegah lebih banyak orang terkena overheat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda