📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tips! Kenali 6 Penyebab Kompresor AC Mobil Anda Tidak Berfungsi

penyebab kompresor AC mobil tidak berfungsi

Berikut penyebab kompresor AC mobil tidak berfungsi. Apakah Anda sering mengalami masalah dengan kompresor AC mobil yang tidak berfungsi? Jika iya, Anda tidak sendirian.

Kompresor AC mobil adalah komponen penting dalam sistem pendingin udara yang memastikan kabin mobil tetap sejuk saat perjalanan.

Penyebab Kompresor AC Mobil Tidak Berfungsi

Namun, terdapat beberapa penyebab umum mengapa kompresor AC mobil tidak berfungsi dengan baik. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa penyebab umum yang perlu Anda ketahui.

1. Kekurangan Refrigeran

Salah satu penyebab kompresor AC mobil tidak berfungsi adalah kekurangan refrigeran. Refrigeran adalah zat yang bertanggung jawab untuk mendinginkan udara dalam sistem AC.

Jika refrigeran tidak mencukupi, kompresor akan kesulitan untuk menghasilkan udara dingin. Kekurangan refrigeran dapat disebabkan oleh kebocoran pada sistem AC atau penggunaan yang berlebihan.

2. Kondensor Kotor

Kedua penyebab kompresor AC mobil tidak berfungsi, yaitu akibat kondensor yang kotor. Kondensor adalah komponen yang bertugas untuk mendinginkan refrigeran yang telah dipanaskan oleh kompresor.

Jika kondensor terlalu kotor, udara luar tidak dapat mengalir dengan baik, sehingga menghambat proses pendinginan.

Kondensor yang kotor dapat mengakibatkan kompresor bekerja lebih keras dan pada akhirnya menyebabkan kegagalan fungsi.

3. Katup Ekspansi Tersumbat

Katup ekspansi adalah komponen yang mengatur jumlah refrigeran yang masuk ke evaporator. Jika katup ekspansi tersumbat atau rusak, aliran refrigeran menjadi terhambat.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hal ini dapat menyebabkan tekanan yang tidak seimbang dalam sistem AC dan membuat kompresor tidak berfungsi dengan baik.

4. Kopling Magnetik Rusak

Kopling magnetik adalah mekanisme yang menghubungkan kompresor dengan mesin penggerak. Jika kopling magnetik rusak, kompresor tidak akan menerima daya yang diperlukan untuk beroperasi.

Biasanya, kopling magnetik yang rusak akan menyebabkan kompresor AC mobil tidak berfungsi sama sekali.

5. Sabotase pada Sistem Listrik

Kadang-kadang, masalah dengan kompresor AC mobil bukan disebabkan oleh kerusakan fisik, tetapi karena masalah pada sistem listrik.

Kabel yang putus, saklar yang rusak, atau fusible link yang terbakar dapat menghentikan aliran listrik ke kompresor. Memeriksa komponen listrik adalah hal penting dalam mendiagnosis masalah kompresor AC mobil.

6. Kompresor yang Aus

Setelah pemakaian yang lama, kompresor AC mobil dapat mengalami keausan. Komponen internal kompresor yang aus dapat menyebabkan penurunan efisiensi dan kinerja yang buruk.

Pada akhirnya, kompresor yang aus harus diganti untuk memastikan sistem AC berfungsi secara optimal.

FAQs

1. Apakah saya bisa mengisi refrigeran sendiri jika AC mobil saya tidak dingin?

Ya, Anda bisa mengisi refrigeran sendiri jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup. Namun, disarankan untuk mengunjungi bengkel yang terpercaya untuk memeriksa dan mengisi refrigeran pada sistem AC mobil Anda.

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk mengganti kompresor AC mobil?

Biaya penggantian kompresor AC mobil dapat bervariasi tergantung pada merek dan model mobil Anda, serta tingkat kerusakan pada kompresor. Untuk mendapatkan perkiraan biaya yang akurat, disarankan untuk menghubungi bengkel mobil atau bisa langsung kunjungi cabang terdeket bengkel Dokter Mobil spesialis AC mobil, pasti beres!

3. Apakah kerusakan pada kopling magnetik dapat mempengaruhi komponen lain dalam sistem AC?

Ya, kerusakan pada kopling magnetik dapat mempengaruhi kinerja komponen lain dalam sistem AC. Oleh karena itu, penting untuk segera memperbaiki kerusakan pada kopling magnetik untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

4. Bagaimana cara mencegah kerusakan pada kompresor AC mobil?

Beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan pada kompresor AC mobil antara lain: menjaga tingkat refrigeran yang cukup, membersihkan kondensor secara teratur, dan melakukan perawatan rutin pada sistem AC mobil.

5. Apakah perlu melakukan perawatan rutin pada sistem AC mobil?

Ya, perawatan rutin pada sistem AC mobil sangat penting untuk menjaga kinerja dan mencegah kerusakan. Periksa dan bersihkan kondensor, periksa tingkat refrigeran, dan lakukan pemeriksaan umum pada sistem AC secara berkala.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!