📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Butuh Peremajaan, Kompresor AC Tahan Berapa Lama?

Kompresor AC tahan berapa lama menjadi satu pertanyaan yang kerap kali ditanyakan oleh para pengguna mobil. Apalagi di tengah banyaknya informasi yang beredar, terutama di dunia maya, membuat jawaban dari pertanyaan ini terkesan simpang siur keberannya.

Sangat wajar sekali di saat banyak pemilik mobil yang bingung mengenai kompresor AC tahan berapa lama. Akan tetapi, mengenai pertanyaan tersebut bisa diatasi dengan bertanya kepada bengkel mobil spesialis terdekat, salah satunya di Dokter Mobil BSD.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai kompresor AC tahan berapa lama. Sedangkan, untuk Anda yang ingin tahu kapan waktu yang tepat mengenai hal tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Kompresor AC Tahan Berapa Lama, Ya?

Secara umum, sebaiknya di saat akan melakukan pergantian pada sistem kompresor AC harus dilakukan pertimbangan terlebih dahulu. Biasanya, untuk melakukan penggantian kompresor AC ini dilakukan setelah berumur 15 tahun.

Melakukan pergantian di setiap 15 tahun ini bisa memastikan komponen kompresor AC mobil ini tidak membuang energi dan bisa beroperasi secara efisien. Tentunya, dengan mengerti perihal kompresor AC tahan berapa lama bisa menghemat biaya.

Ada juga beberapa faktor lain, seperti pemeliharaan tahunan dan pabrikan juga menjadi faktor mengenai kompresor AC tahan berapa lama. Sementara yang lain akan mulai digunakan dan menjadi kurang efisien di dalam waktu 10 tahun.

Untuk masalah kompresor AC tahan berapa lama ini bergantung pada ukuran unit, pemasangan, penggunaan harian dan sistem yang berusia kurang dari 15 tahun. Selain itu, untuk sistem penggunaan berat, tidak dipasang secara benar ini menjadi satu tanda keausan dan kerusakan hanya dalam waktu 5-6 tahun.

Baca Juga: Inilah Tanda Kerusakan AC Mobil

Usia dan Efisiensi Kompresor AC

Setelah mengerti mengenai perihal kompresor AC tahan berapa lama, maka salah satu indikator terbaik adalah apakah sistem tersebut harus diganti berdasarkan usia. Ketika Anda sudah memelihara sistem secara konsisten dalam 2 tahun sekali.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Untuk unit akan beroperasi secara efisien dan setidaknya 15 tahun lebih. Ketika pemeliharaan tidak rutin dilakukan setiap tahun, bisa membuat kompresor AC mungkin segera untuk dilakukan pergantian.

Faktor yang Mempengaruhi Masa Pakai Kompresor AC Mobil  Tahan Berapa Lama

Faktor yang Mempengaruhi Masa Pakai Kompresor AC Mobil  Tahan Berapa Lama

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi masa pakai kompresor AC mobil. Agar lebih paham mengenai apa saja yang dapat menyebabkan masa pakai kompresor AC mobil, berikut ini adalah faktor penyebab masa pakai kompresor AC mobil bisa bertahan lama atau singkat.

  1. Kualitas Udara di dalam Kabin

Ada beberapa faktor lain yang menentukan kompresor AC tahan berapa lama. Memastikan sistem telah berukuran benar untuk memenuhi kebutuhan pemanasan dan pendingin rumah adalah kontributor utama efisiensi pengoperasian secara keseluruhan.

Sistem yang terlalu kecil membutuhkan unit pemanas dan pendingin untuk bekerja lebih sering dan bekerja keras untuk menjaga lingkungan tetap nyaman. Hal ini pada akhirnya bisa memberikan tekanan yang lebih pada semua sistem dan menyebabkan suku cadang lebih sering diganti.

Memastikan sistem berukuran benar dan pemasangan yang benar ini menjadi salah satu hal sangat penting. Sistem HVAC yang tidak terpasang dengan benar ini membuat cara kerja menjadi kurang efisien dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada tambahan pada seluruh infrastruktur pemandang dan pendingin.

  1. Masa Kadaluarsa Sistem HVAC

Banyak sistem kompresor AC mobil yang menggunakan refrigeran R22 dan biasanya digunakan pada unit lama. Senyawa ini tidak lagi diproduksi. Akan tetapi, sistem yang berusia lebih dari 10 tahun kemungkinan besar masih mempunyai R-22 bukanlah untuk mengganti unit.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa perbaikan diperlukan untuk biaya memperbaiki sistem tersebut membutuhkan biaya yang tidak murah atau mahal. Apalagi ketika perbaikan tersebut terkait dengan refrigerant.

Akibatnya, penggunaan refrigerant R-22 ini dilarang untuk digunakan di unit AC yang baru. Maka dari itu, ketika sistem kompresor saat ini mengandalkan refrigerant R-22 mungkin bisa melakukan pergantian untuk mengganti unit.

  1. Konsumsi Energi

Indikator bahwa waktu untuk mengganti sistem kompresor ac semakin dekat yaitu dengan melihat dengan pada tagihan energi selama 6-12 bulan terakhir. Ketika melihat biaya yang terus meningkat setiap tahun-ke tahun.

Kecuali disaat terjadi perubahan signifikan pada cuaca bisa menjadi indikasi, bahwa sistem pemanas dan pendingin tidak beroperasi secara efisien. Hal ini termasuk di dalam kategori pengembalian yang semakin menurun.

Ketika biaya untuk mengoperasikan unit yang tidak efisien, maka tidak dapat lagi dipertanggungjawabkan. Alih-alih hanya digunakan untuk pemasangan kompresor AC yang lebih baru dan efisien.

Jika Anda terus menerus menyesuaikan termostat untuk menjaga suhu yang nyaman. Dengan hal tersebut menjadi salah satu indikasi lain, bahwa sudah waktunya untuk mempertimbangkan penggantian sistem kompresor.

Ketika perlu waktu lebih lama untuk memanaskan atau mendinginkan rumah, setelah menyesuaikan termostat ini pertanda pasti ada yang tidak beres dengan unit. Itu membutuhkan perawatan, perbaikan, atau pergantian dengan skala penuh.

Baca Juga: Mengetahui Komponen AC Mobil dan Fungsinya Secara Lengkap

  1. Perbaikan dan Perawatan

Mungkin ada beberapa orang yang memperhatikan, bahwa perbaikan dan pemeliharaan kompresor AC kini semakin mahal. Pada hal ini disebabkan oleh fakta, bahwa lebih banyak pekerjaan yang diperlukan supaya sistem bisa berfungsi dengan baik dan konsisten.

Hal ini juga bisa dijadikan sebagai jawaban dari pertanyaan kompresor AC tahan berapa lama. Kebanyakan dari jasa perbaikan kompresor AC yang memberlakukan tidak bisa dikembalikan setelah proses perbaikan berlangsung.

Dokter Mobil BSD, Bengkel Terpercaya untuk Perawatan Kompresor AC Mobil

Pada era yang serba mudah seperti sekarang ini banyak sekali macam-macam bengkel spesialis mobil bermunculan. Bahkan banyaknya bengkel mobil yang bermunculan ini justru membuat kalangan masyarakat khususnya pemilik mobil awal bingung harus memilih mana.

Ada salah satu bengkel mobil yang bisa membuat kompresor AC bisa tahan lama, yaitu Dokter Mobil BSD. Bagi Anda para pengguna mobil yang berdomisili di seputaran daerah BSD tentu sudah mengetahui keberadaan bengkel mobil terpercaya yang satu ini.

Dokter Mobil BSD mempunyai banyak sekali macam-macam layanan dan bisa memberikan jawaban mengenai pertanyaan kompresor AC tahan berapa lama. Tentu saja, dengan hal tersebut nantinya para pemilik kendaraan bisa memperkirakan kapan waktu untuk melakukan penggantian kompresor AC.

Semua mekanik atau teknisi yang ada di bengkel juga sudah ahli di dalam bidangnya masing-masing. Tentu saja dengan keahlian ini membuat semua konsumen dari kalangan masyarakat yang melakukan perbaikan atau perawatan di Dokter Mobil BSD merasa nyaman.

Lokasi Dokter Mobil BSD

Lokasi: Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310
Kontak: 0813-9860-1800 atau klik di sini

Hindari pemilihan bengkel secara sembarangan di saat melakukan perawatan atau perbaikan mobil, karena bisa memberikan dampak buruk. Bisa saja, dengan hal tersebut bisa merusak komponen mobil yang lainnya.

Bagi Anda yang ingin melakukan perbaikan, perawatan, atau bahkan berkonsultasi seputar AC mobil, bisa langsung saja datang ke Dokter Mobil BSD.

Akhir Kata

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai pertanyaan kompresor AC mobil tahan berapa lama. Besar harapan dengan adanya penjelasan di atas bisa membantu Anda yang ingin menjaga tingkat keawetan dari kompresor AC dan lakukan perbaikan di bengkel AC mobil terpercaya, Dokter Mobil BSD.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3245

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

AC Mobil Bau Bensin

AC Mobil Bau Bensin

Masalah AC mobil bau bensin kerap terjadi pada mobil yang mengalami kebocoran pada selang bensin, ataupun pada tangki bensin. Untuk mengantisipasi masalah ini menjadi malapetaka,

Read More »