📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Sistem Kerja AC Mobil dan Fungsi Komponen di Dalamnya

Sistem Kerja AC Mobil

Kenyamanan dalam berkendara menjadi sebuah prioritas yang tak boleh dilewatkan. Salah satu aspek penunjang kenyamanan berkendara adalah AC mobil. Memiliki kegunaan sebagai pengendali suhu dalam kabin mobil agar suhunya stabil dan sejuk, sistem kerja AC mobil tentu cukup kompleks.

Untuk mengenali lebih dalam, berikut ini informasi lengkap mulai dari pentingnya AC mobil hingga bagaimana sistem kerja AC mobil dalam menunjang kenyamanan berkendara di dalam mobil.

Pentingnya AC Mobil

Terik matahari juga sudah semakin panas, fungsi kaca film sudah tidak lagi maksimal. Mengingat bahwa kaca film yang diberi dari pabrik mempunyai standar yang sangat rendah dalam menolak panas. Akibatnya mobil Anda jadi terasa layaknya ‘sauna berjalan’.

AC mobil di jaman sekarang menjadi satu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa hal ini maka mood kerja akan menjadi turun dan anda akan lebih sering ganti baju.

AC mobil pertama kali di ciptakan pada tahun 1939, dan pada tahun 1940 pertama kalinya uji coba pemasangan ac mobil. Perusahaan yang pertama kali menawarkan AC mobil tidak memiliki thermostat.

Kemudian pada tahun 1969 sebagian mobil yang dijual di pasaran sudah menggunakan AC, tetapi belum bisa di pasang AC mobil after-market. Hal ini membuat ketergantungan pada pabrik yang membuat AC mobil, karena jika ada hal yang rusak maka biaya perbaikan nya akan mahal sekali.

Akhirnya ditetapkan bahwa freon yang pertama kali digunakan di dunia adalah freon dengan jenis R-12 / cfc-12 ( kemudian baru diketahui bahwa freon jenis itu tidak aman bagi lingkungan. Dimana dapat membuat lapisan ozon menjadi rusak.

Setelah itu muncul alternatif freon yang dipakai yaitu Freon R-134a / HFC-134a yang diproduksi pertama kali di Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 1996, untuk pertama kali nya Freon jenis R134a di instalasi di kendaraan sampai dengan tahun 2016 ini.

Freon R134a ini telah diriset lebih aman digunakan bagi manusia dan lingkungan sehingga semua jenis mobil yang ada menggunakan freon jenis ini.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa AC berfungsi untuk mendinginkan udara. Terdapat 3 bagian utama dari sistem AC mobil, yaitu Kompressor, Kondensor dan Evaporator.

Cukup Kompleks, Seperti Ini Sistem Kerja AC Mobil

Cukup Kompleks, Seperti Ini Sistem Kerja AC Mobil

Guna menunjang aspek kenyamanan dalam berkendara, AC mobil memiliki berbagai komponen yang fungsinya saling menyokong satu sama lain. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini komponen yang ada dalam sistem kerja AC mobil.

  1. Kompressor

Kompressor adalah pompa yang di gerakkan oleh Crankshaft mesin, ketika Freon yang di tarik ke compressor itu dalam bentuk gas bertekanan rendah. Kemudia gas di pompa keluar dari compressor. Compressor tidak memadatkan cairan hanya memadatkan gas.

  1. Kondensor

Kondensor pada dasarnya fungsi nya sama seperti radiator, untuk membuang panas keluar dari sistem ac mobil. Ketika freon memasuki kondensor dari compressor. Kemudian freon bergerak ke kondensor dan menciptakan panas, tetapi udara yang ada di sekitar tabung dari kondensor membuat freon-nya menjadi dingin sampai berbentuk cairan, proses dari ini yang membuat cairan yang berfungsi mendinginkan mobil. Ketika pindah dari kondensor cairan melewati dryer. Fungsi dari dryer ini adalah untuk menghisap air yang memasuki sistem AC mobil.

Setelah itu akan melewati Thermal Expansion Valver yang mengubah tekanan tinggi ke tekanan terendah, jika Anda bisa menyentuh nya maka bisa merasakan tekanan dari panas ke dingin.

Tekanan tinggi yang mengantarkan cairan pendingin melalui katub ekspansi di mana hall ini dapat mengurangi tekanan pada freon, sehingga dapat pindah ke evaporator.

Katub tekanan ini mengatur aliran freon yang membuat sistem AC dapat bekerja secara maksimal (harus di perhatikan bahwa katub katub sistem AC yang aus atau lemah harus memerlukan penggantian), tetapi katub tidak akan lemah jika oli kompressor AC mobil nya dig anti setiap 20.000 km.

Yang perlu diingat oleh para pengguna mobil adalah penggantian oli kompressor AC dengan cara manual atau dibongkar dapat membuat sistem kerja AC mobil rusak. Salah satu bengkel yang dapat dipercaya untuk mengatasi hal ini adalah Dokter Mobil. Dokter Mobil melayani pergantian oli kompressor AC tanpa proses pembongkaran, sehingga sistem kerja AC mobil dapat terus terjaga.

Selain itu, seluruh layanan di Dokter Mobil menggunakan peralatan canggih berteknologi ahli serta ditangani teknisi berpengalaman dan ahli, sehingga kualitas dari layanan perbaikan sistem kerja AC mobil bisa tuntas hingga akar permasalahan.

Untuk coba langsung layanan service AC di Dokter Mobil, Anda bisa langsung reservasi sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada hingga diskon menarik yang ditawarkan.

  1. Evaporator

Sebelum cairan masuk ke evaporator, katub expansi mengalirkan freon secara konstan, hal ini yang dapat membuat evaporator menjadi bocor. Evaporator menjadi bocor akibat dari jarang dilakukannya pembersihan, sehingga banyak kotoran yang menumpuk dan menyumbat bagian komponen sistem kerja AC mobil ini.

Oleh karena itu, penting untuk selalu membersihkan bagian evaporator AC mobil secara berkala. Pembersihan ini dapat dilakukan saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 20.000 hingga 30.000 km atau setiap 2 tahun sekali. Apabila evaporator sudah mengalami kebocoran, alangkah baiknya untuk segera diganti dengan yang baru guna mencegah kerusakan yang lebih parah lagi.

Baca Juga: Bengkel Mobil yang Bagus

Umumnya di Indonesia proses maintenance AC mobil dilakukan secara manual, tetapi dengan sumber daya manusia yang sangat terbatas dan kelalaian dalam pemasangan. Hal ini mengakibatkan sistem kerja AC mobil yang terpasang tidak dapat berjalan dengan sempurna seperti bawaan pada mobil baru.

Namun, kini ada bengkel spesialis AC mobil yang bisa Anda percayakan untuk permasalahan seputar sistem kerja AC mobil, yakni di Dokter Mobil. Reputasi Dokter Mobil sebagai bengkel spesialis AC mobil dengan fitur-fitur keunggulannya menjadi faktor kuat mengapa bengkel ini bisa menjadi rujukan utama untuk mengatasi masalah di sistem kerja AC mobil.

Hadir di berbagai daerah di Indonesia, Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk buktikan langsung kualitas dari layanan yang ada di Dokter Mobil untuk atasi permasalahan pada AC mobil.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Demikian informasi lengkap seputar sistem kerja AC mobil, komponen yang ada pada sistem kerja AC mobil, pentingnya AC mobil, hingga rekomendasi bengkel yang tepat untuk mengatasi permasalahan di sistem kerja AC mobil. Pastikan untuk selalu memperhatikan AC mobil kesayangan Anda dengan rutin melakukan service di bengkel AC mobil terpercaya, seperti Dokter Mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

mobil tercepat di dunia

Mobil Tercepat di Dunia Berserta Harganya

Dalam dunia otomotif, kecepatan adalah salah satu aspek yang selalu menarik perhatian. Bagi para pencinta kendaraan bertenaga, merasakan adrenalin meluncur dengan kecepatan tinggi adalah pengalaman

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!