📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Inilah Besaran Estimasi Biaya Servis Besar Mobil yang Perlu Dipersiapkan

Inilah Besaran Estimasi Biaya Servis Besar Mobil yang Perlu Dipersiapkan

Servis mobil berkala dan servis besar merupakan dua jenis perawatan penting untuk menjaga performa dan keamanan mobil Anda. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Servis berkala biasanya dilakukan setiap beberapa ribu kilometer, sedangkan servis besar dilakukan pada interval yang lebih panjang, biasanya setiap 40.000-60.000 kilometer. Dalam artikel ini, kami akan membahas perbedaan antara servis berkala dan servis besar pada mobil, komponen yang diperiksa pada servis besar, estimasi biaya servis besar mobil, risiko menunda servis besar mobil, dan cara memilih bengkel yang tepat untuk servis besar mobil.

Perbedaan antara Servis Berkala dan Servis Besar pada Mobil

Perbedaan antara servis berkala dan servis besar pada mobil adalah hal yang penting untuk dipahami oleh pemilik mobil. Servis berkala biasanya dilakukan setiap beberapa ribu kilometer, sedangkan servis besar dilakukan pada interval yang lebih panjang, biasanya setiap 40.000-60.000 kilometer. Servis berkala dilakukan untuk menjaga mobil tetap berfungsi dengan baik dan mencegah masalah yang lebih serius. Pada servis berkala, mekanik akan memeriksa kondisi umum mobil, termasuk oli, filter udara, filter bahan bakar, filter oli, busi, dan sistem rem. Mereka juga akan memeriksa tali kipas, sabuk fan belt, dan kondisi ban.

Sementara itu, servis besar dilakukan untuk memperbaiki dan mengganti komponen yang sudah rusak atau aus. Pada servis besar, mekanik akan memeriksa dan mengganti sejumlah komponen penting pada mobil, termasuk sistem rem, kopling, timing belt, dan komponen mesin lainnya. Selain itu, servis besar juga meliputi pemeriksaan sistem suspensi dan sistem kelistrikan mobil. Servis besar biasanya dilakukan setiap 40.000-60.000 kilometer.

Perbedaan antara servis berkala dan servis besar pada mobil dapat mempengaruhi biaya perawatan mobil dan waktu yang diperlukan untuk melakukan servis. Biaya servis berkala biasanya lebih murah daripada servis besar karena hanya mencakup pemeriksaan umum dan penggantian filter. Namun, servis berkala yang teratur dapat membantu menghindari masalah yang lebih serius pada mobil dan mencegah biaya perbaikan yang mahal di kemudian hari.

Sementara itu, servis besar biasanya memerlukan waktu dan biaya yang lebih besar karena melibatkan penggantian sejumlah komponen penting pada mobil. Namun, melakukan servis besar secara teratur dapat membantu memperpanjang umur mobil dan mencegah kerusakan yang lebih serius. Dalam memilih bengkel untuk melakukan servis mobil, pastikan untuk memilih bengkel yang dapat memberikan servis berkala dan servis besar yang berkualitas dan profesional untuk menjaga performa dan keamanan mobil Anda.

Komponen yang Diperiksa pada Servis Besar Mobil

Komponen yang diperiksa pada servis besar mobil sangat penting untuk menjaga performa dan keamanan mobil Anda. Berikut adalah beberapa komponen yang biasanya diperiksa pada servis besar mobil:

  • Sistem Rem: Sistem rem adalah komponen penting pada mobil yang harus diperiksa secara teratur. Mekanik akan memeriksa kondisi piringan rem, kampas rem, kaliper, dan sistem hidrolik pada mobil. Jika diperlukan, komponen ini akan diganti.
  • Timing Belt: Timing belt adalah komponen penting pada mesin mobil. Mekanik akan memeriksa kondisi timing belt dan menggantinya jika diperlukan. Jika timing belt rusak, mesin mobil dapat rusak dan memerlukan biaya perbaikan yang mahal.
  • Kopling: Kopling adalah komponen yang terus-menerus digunakan pada mobil. Mekanik akan memeriksa kondisi kopling dan menggantinya jika diperlukan. Kopling yang aus dapat menyebabkan masalah pada transmisi mobil dan memerlukan biaya perbaikan yang mahal.
  • Sistem Suspensi: Sistem suspensi adalah komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk menjaga kenyamanan dan stabilitas mobil. Mekanik akan memeriksa kondisi shock absorber, per, dan sistem suspensi lainnya. Jika diperlukan, komponen ini akan diganti.
  • Kelistrikan: Sistem kelistrikan mobil sangat penting untuk menjaga performa dan keamanan mobil. Mekanik akan memeriksa sistem kelistrikan mobil, termasuk alternator, aki, dan kabel busi. Jika diperlukan, komponen ini akan diganti atau diperbaiki.
  • Sistem Pendingin: Sistem pendingin mobil berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah kerusakan pada mesin mobil. Mekanik akan memeriksa kondisi radiator, termostat, dan sistem pendingin lainnya. Jika diperlukan, komponen ini akan diganti.
  • Filter: Filter adalah komponen yang harus diganti secara teratur untuk menjaga performa dan keamanan mobil. Mekanik akan memeriksa dan mengganti filter udara, filter bahan bakar, dan filter oli jika diperlukan.

Estimasi Biaya Servis Besar Mobil

Biaya servis besar mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil, usia mobil, dan jenis bengkel yang Anda pilih. Namun, secara umum, biaya servis besar mobil dapat mencapai puluhan juta rupiah. Biaya servis besar mobil terdiri dari biaya suku cadang dan biaya jasa mekanik.

Biaya suku cadang tergantung pada jenis mobil dan komponen yang perlu diganti. Beberapa komponen seperti filter dan busi relatif murah, sementara komponen yang lebih besar seperti kopling dan sistem rem dapat lebih mahal. Biaya jasa mekanik biasanya dihitung berdasarkan jam kerja. Harga per jam kerja bervariasi tergantung pada bengkel yang Anda pilih.

Risiko Menunda Servis Besar Mobil

Menunda servis besar mobil dapat meningkatkan risiko kerusakan pada mobil dan meningkatkan biaya perbaikan di kemudian hari. Berikut adalah beberapa risiko yang dapat terjadi jika Anda menunda servis besar mobil:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  • Kerusakan pada Sistem Rem: Sistem rem yang aus atau rusak dapat menyebabkan mobil tidak dapat berhenti dengan baik. Jika sistem rem mobil tidak berfungsi dengan baik, dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Jika sistem rem rusak, biaya perbaikan dapat mencapai jutaan rupiah.
  • Kerusakan pada Mesin: Komponen penting pada mesin mobil seperti timing belt dan kopling harus diganti secara teratur. Jika timing belt atau kopling rusak, dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil dan memerlukan biaya perbaikan yang mahal.
  • Kebocoran Radiator: Radiator yang bocor dapat menyebabkan mesin mobil overheat dan menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Biaya perbaikan radiator dapat mencapai jutaan rupiah.
  • Kerusakan pada Sistem Suspensi: Sistem suspensi mobil yang rusak dapat menyebabkan mobil tidak stabil dan menyebabkan kecelakaan. Jika sistem suspensi rusak, biaya perbaikan dapat mencapai jutaan rupiah.
  • Kerusakan pada Sistem Kelistrikan: Sistem kelistrikan mobil yang rusak dapat menyebabkan mobil tidak dapat dihidupkan atau mengalami kerusakan lainnya. Jika sistem kelistrikan rusak, biaya perbaikan dapat mencapai jutaan rupiah.

Menunda servis besar mobil dapat menyebabkan risiko kerusakan pada mobil dan meningkatkan biaya perbaikan di kemudian hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan servis besar mobil sesuai dengan interval yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Jika Anda mencurigai adanya masalah pada mobil, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa.

Penutup

Dalam menjaga performa dan keamanan mobil, melakukan servis besar mobil secara teratur sangat penting.

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa hal penting yang perlu diketahui mengenai servis besar mobil, termasuk perbedaan antara servis berkala dan servis besar pada mobil, komponen yang diperiksa pada servis besar mobil.

Estimasi biaya servis besar mobil, risiko menunda servis besar mobil, dan cara memilih bengkel yang tepat untuk servis besar mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

7 Ciri Blower AC Mobil Mati, Yuk Kenali !

7 Ciri Blower AC Mobil Mati, Yuk Kenali !

Jangan biarkan blower AC mobil mati mengganggu kenyamanan perjalanan Anda. Mengetahui ciri-ciri yang menunjukkan masalah pada blower AC dapat membantu Anda mengatasi masalah dengan cepat

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!