New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab mobil mogok

Harus Tahu! 3 Penyebab Mobil Mogok dan Tidak Bisa Distarter

Penyebab Mobil Mogok dan Tidak Bisa Distarter

  1. Ada Masalah pada Aki

Sering sekali aki menjadi faktor utama penyebab mobil mogok. Aki memang menjadi komponen penting penyuplai listrik terbesar dalam mobil anda. Saat mobil anda mogok anda harus memastikan apakah benar akinya memang rusak atau tekor. Jika iya anda harus membeli aki baru. Namun sebelum sampai kesana saya akan member solusi sementara agar mobil anda bisa jalan lagi. Sebelumnya pastikan mobil anda yang pakai bertransmisi manual ya, karena jika transmisi matic tentu tidak bisa dilakukan dengan cara ini.

    • Jumper Aki Mobil 

Cara ini bisa dilakukan untuk mobil bertransmisi matic maupun manual. Untuk mobil matic pastikan tuas transmisi pada posisi P. Untuk mobil bertransmisi manual pastikan tuas transmisi pada posisi netral. Jangan lupa aktifkan rem tangan  atau rem parkir ya. Kemudian saat akan jumper pastikan untuk mematikan seluruh perangkat elektronik, posisi mobil juga harus mati dan kunci kontak dicabut.

Pastikan juga untuk mencabut apapun yang terpasang di lighter hal ini dikarenakan alat-alat seperti charger bisa rusak karena proses jumper karena daya tegangan tidak stabil. Kemudian buka kap mobil, cari posisi kutub positif dan negatif. Biasanya kutub-kutub tersebut ditandai dengan lambing + dan -. Jika kutub terminal kotor anda bisa membersihkannya agar listrik yang ditransfer tidak tersendat.

Mari kita ke proses jumper nya. Pertama jepit ujung kabel klem merah pada kutub positif pada kedua mobil, baik pada mobil mogok dan mobil helper, lalu jepit ujung kabel klem hitam pada kutub negative mobil helper dan ujung negative lainnya pada bodi, sasis atau bagian metal dari mobil mogok. Pastikan kedua penjepit kencang dan tidak mudah terlepas. Untuk diingat, jangan pernah menghubungkan klem kabel negative ke aki mobil mogok. Karena aki soak dapat mengeluarkan gas yang mudah terbakar saat terkena percikan api. Lalu, nyalakan mobil helper dan tunggu beberapa menit untuk mengisi tenaga pada aki mobil mogok. Biarkan kabel terpasang di kedua mobil saat mobil helper masih menyala.

Setelah mesin mobil mogok sudah bisa dihidupkan anda dapat melepaskan kabel jumper dengan urutan ujung klem hitam negative dari bodi mobil mogok, kemudian melepas ujung klem hitam negative dari mobil helper, lalu klem merah positif dari mobil helper kemudian melepas ujung klem merah positif dari mobil mogok.

    • Mobil Mogok Didorong

Jika cara pertama gagal, maka ada cara kedua. Seperti yang saya katakana di awal jika mobil yang bisa didorong adalah mobil bertransmisi manual. Hal yang harus dilakukan pertama adalah cari bala bantuan 2-3 orang, jika mobil nya semakin besar maka akan membutuhkan lebih dari 3 orang. Kemudian, siapkan jarak yang cukup jauh di depan mobil yang mogok. Masukkan kunci mobil dan putar pada posisi hidup. Kemudian masukkan persneling ke tuas nomer 1 atau 2. Tuas nomor 1 akan cukup jika yang mogok adalah mobil sedan. Lalu tekan pedal kopling agar mobil yang mogok bisa didorong, tahan pedal kopling dan minta orang dibelakang mulai mendorong mobil. Setelah dirasa kencang lepas pedal kopling dan tekan pedal gas secukupnya. Jika masih belum hidup ulangi dengan menekan pedal kopling dan minta orang dibelakang dorong sampai mobil menyala.

  1. Ada Masalah pada Alternator

Penyebab mobil mogok yang kedua adalah alternator yang rusak. Alternator atau dinamo amper adalah komponen yang menghasilkan arus listrik AC dan diubah menjadi arus DC. Penyebab alternator rusak bisa karena beberapa sebab diantaranya, gulungan kawat tembaga putus, diode putus, kabel korosi dan brush atau arang yang habis.

Untuk mengetahui gulungan kawat tembaga putus atau tidak, perlu dinyalakan semua komponen kendaraan yang menggunakan sistem kelistrikan jika suara audio atau cahaya kurang terang bisa dikatakan alternator rusak. Jika mobil mogok dan sulit di starter bisa saja gulungan ini putus dalam jumlah banyak. Jadi bukan melulu karena aki tekor ya.

  1. Ada Masalah pada Dinamo Starter

Penyebab mobil mogok berikutnya adalah masalah pada dinamo starter. Dinamo starter merupakan komponen yang bertugas menggerakkan mesin sehingga mobil dapat menyala. Dinamo starter yang rusak dapat ditandai dengan ciri lampu control pada dashboard berkedip. Jika hal ini terjadi anda harus melakukan pengecekan soket otomatis pada dinamo starter.

Baca Juga : Mesin Mobil Brebet di RPM Rendah

Caranya dengan memeriksa kondisi kabel kecil yang terhubung ke dinamo starter. Periksa apakah kondisi kabel lepas atau putus. Setelah itu periksa bagian sikring dan relay. Jika pada saat menstarter relay ada bunyi “klek” maka kemungkinan besar kerusakan bukan dari relay atau sekring. Jika masalahnya sudah terlalu parah sebaiknya anda bawa ke bengkel namun jika mobil anda mogok pada keadaan darurat mobil masih bisa didorong (transmisi harus manual bukan matic).

Itulah beberapa penyebab mobil mogok sampai tidak bisa distarter. Jika anda menemukan hal ini terjadi pada mobil anda, panggilah montir terpercaya atau bawa ke bengkel terdekat dan resmi ya. Jangan asal Derek illegal ya, karena bisa fatal nanti. Bisa-bisa anda harus mengeluarkan kocek besar namun mobil tak kunjung beres.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!