📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Ciri Mobil Boros Bensin yang Perlu Anda Waspadai

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Berbagai ciri mobil boros bensin yang perlu Anda ketahui agar terhindar dari masalah-masalah yang dapat timbul dari keborosan bensin tersebut. Bensin merupakan komponen penting agar kendaraan dapat bergerak dan melaju. Bagi sebagian pengendara mobil baik mobil keluaran lama atau keluaran baru sudah menggunakan teknologi injeksi mesin. Namun, sebagian besar pengguna mobil mengeluhkan adanya masalah bensin yang boros pada kendaraannya. Alasan mengapa kendaraan anda terlalu banyak menggunakan bensin kemungkinan dapat terjadi karena beberapa faktor baik karena mesin atau perilaku berkendara. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab untuk mengetahui apakah mobil yang Anda kendarai boros bahan bakar maka sebaiknya ketahui tanda-tandanya terlebih dahulu. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka dapat diketahui cara untuk mengatasinya.

Biasanya ciri mobil boros bensin akan terlihat setelah dinyalakan atau sedang dijalankan, misalnya tarikan gas yang terasa berat dan suara mesin yang bising. Tidak hanya itu ciri mobil boros bensin juga terdapat pada komponen mobil lainya. Berikut ini informasi ciri mobil boros bensin yang sudah dirangkum untuk Anda.

6 Ciri Mobil Boros Bensin

ciri mobil boros bensin

  • Frekuensi pengisian bensin terlalu sering

Ciri mobil boros bensin yang utama adalah frekuensi mengisi bensin yang terlalu sering. Jika Anda sudah merasakan sering mengisi bahan bakar di SPBU seperti mengisi bensin di malam hari dan pagi hari sudah harus mengisi kembali, maka dapat dipastikan jika mobil anda mengalami masalah mesin sehingga bensin terasa boros.

  • Asap knalpot menghitam

Ciri mobil boros bensin selanjutnya adalah asap kendaraan yang menghitam, penyebab dari knalpot yang menghitam kemungkinan besar terjadi karena terdapat masalah pada karburator mobil.

Baca Juga: Ciri Mobil Karburator Susah Hidup dan Cara Mengatasinya

Perlu diketahui, penyebab masalah pada karburator kemungkinan disebabkan karena adanya penyumbatan saluran-saluran kecil yang mengakibatkan aliran bensin terganggu. Tentu saja hal ini tidak dapat dibiarkan karena akan menyebabkan konsumsi bensin tidak efektif dan dapat menyebar ke komponen lainnya.

  • Suara mesin terdengar kasar

Suara mesin juga dapat menjadi ciri mobil boros bensin dan pertanda mobil anda mengalami masalah. Masalah ini juga dapat menyebabkan konsumsi bensin menjadi boros, tidak hanya itu selain konsumsi bahan bakar yang boros hal ini juga menyebabkan kinerja kendaraan mesin menurun. Hal ini juga bisa disebabkan karena kondisi klep yang terlalu rapat atau terlalu longgar.

  • Sulit menginjak pedal gas

Anda seringkali merasa jika kesulitan untuk menginjak pedal gas? Kesulitan dalam menarik gas dapat menjadi ciri mobil boros bensin. Pedal gas yang terasa berat dan sering diinjak perlahan membuat bahan bakar habis dengan cepat. Mengapa hal ini dapat terjadi? Karena filter udara yang terdapat pada mesin akan tersumbat oleh debu dan kotoran sehingga perlu dibersihkan agar performa mobil menjadi lebih bertenaga.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Bau bensin yang menyengat

Ciri mobil boros bensin selanjutnya adalah bau bensin yang amat menyengat. Jika Anda mencium bau bensin yang sangat menyengat dapat dipastikan jika tangki bahan bakar mengalami kebocoran dan menyebabkan penurunan bahan bakar secara drastis. Tidak hanya itu saja, aroma bensin yang tercium sangat kuat harus diwaspadai agar tidak terjadi kebocoran yang berlanjut dan mencegah tersambar api.

  • Penggunaan velg yang tidak sesuai

Penggunaan velg pada mobil juga akan menyebabkan mobil menjadi boros bensin. Hal ini dapat terjadi karena velg mobil yang terlalu besar akan membuat komponen lain bekerja lebih keras dari seharusnya. Artinya, penggunaan velg yang salah juga dapat menjadi penyebab bensin mobil boros dengan cepat.

Ketahui Ciri Mobil Boros Bensin dari Penyebabnya

Jika sudah mengetahui ciri mobil boros bensin, hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menemukan penyebab masalah mobil menjadi sangat boros bahan bakar. Berikut ini penyebab mobil mengalami boros bahan bakar.

  • Berkendara dengan kecepatan tinggi

Tingginya kecepatan mobil dapat membuat konsumsi bensin pada mobil menjadi lebih tinggi sekitar 25%. Akibatnya, dengan berkendara berkecepatan tinggi menyebabkan bensin boros karena dapat meningkatkan hambatan udara pada sistem pembakaran.

  • Penggunaan bahan bakar kurang tepat

Secara umum, bahan bakar yang direkomendasikan untuk mobil diutamakan menggunakan RON (research octane number) dengan tinggi, yaitu minimal 90 atau 92 seperti jenis bensin Pertamax. Namun, sebagian pengendara mobil menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan RON rendah sehingga menyebabkan pemborosan bahan bakar.

  • Filter udara dan bensin kotor

Filter udara yang kotor dapat membuat piston bekerja dengan berat sehingga usaha untuk menginjak pedal gas lebih kuat dan menyebabkan pemborosan. Sama halnya dengan saringan bensin yang kotor, kotoran yang terdapat pada ruang mesin pembakaran akan menimbulkan kerusakan dan pemborosan.

  • Ban mobil bermasalah

Penyebab mobil menjadi boros bensin lainnya adalah kondisi ban yang kempes atau bocor. Kedua hal ini dapat mengakibatkan gesekan dengan aspal menjadi tinggi sehingga menyebabkan pemborosan.

  • Usia mobil

Usia mobil yang terlalu tua atau mobil sudah tergolong ke pemakaian cukup lama juga menyebabkan mobil menjadi boros bensin. Hal ini disebabkan karena mobil keluaran lawas belum dilengkapi dengan sistem injeksi canggih dan fitur penghemat bahan bakar lainnya.

  • Lupa mengganti oli

Melewati batas waktu mengganti oli juga termasuk penyebab mobil menjadi boros bensin. Secara umum, oli dapat diganti jika mobil sudah melalui jarak 5.000 km, alhasil jika sudah melewati batas tersebut dan tidak mengganti oli kemungkinan dapat mengakibatkan penurunan kualitas mobil seperti kinerja mesin yang berkurang. Tentunya, tidak mengganti oli juga menyebabkan mobil menjadi boros bensin.

  • Menggunakan AC terlalu dingin

AC yang disetel terlalu dingin maka bahan bakar yang digunakan juga akan semakin banyak. Pasalnya, dengan menggunakan AC yang terlalu dingin menyebabkan mesin dan kompresor AC akan bekerja terlalu keras.

  • Knalpot mobil bermasalah

Knalpot yang bermasalah adalah atau bocor juga menyebabkan penggunaan bensin semakin boros, kebocoran pada pembuangan gas melalui knalpot membuat konsumsi bensin menjadi lebih besar.

  • Rem Macet

Adanya kerusakan pada rem membuat piston di area rem tidak dapat bekerja dengan baik. Tentu saja hal ini menyebabkan rem akan sulit untuk kembali ke posisi sebelumnya setelah diinjak. Hal inilah yang menjadi potensi pemborosan bahan bakar.

  • Mobil jarang dipanaskan

Mobil yang jarang dipakai dan dipanaskan juga dapat menyebabkan bahan bakar menjadi boros. Hal ini dapat terjadi karena mesin mobil berada dalam kondisi dingin yang terlalu lama sehingga saat menyalakan mobil setelah lama dingin membutuhkan bahan bakar ekstra saat dinyalakan.

Baca Juga: Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Dipanaskan? Ini Dia Penyebabnya

Mengatasi Ciri Mobil Boros Bensin Kendaraan Anda

Setelah mengetahui penyebab mobil boros, maka hal ini dapat diatasi dengan beberapa langkah yang dapat dilakukan di rumah.

  • Berkendara dengan kecepatan yang stabil

Untuk membuat bensin agar tidak boros, cobalah untuk berkendara dengan kecepatan yang konstan atau tidak berubah-ubah secara drastis. Mengapa demikian? Sebab dengan mengemudi melalui kecepatan stabil akan membantu untuk menghemat bahan bakar dan akan membantu untuk lebih aman berkendara.

  • Ganti bahan bakar dengan tepat

Cara lainnya untuk membuat BBM agar tetap hemat adalah dengan mengikuti rekomendasi bensin dari produsen mobil yang memiliki RON minimal 90 atau 92. Beberapa mobil bahkan direkomendasikan untuk menggunakan bensin dengan minimum RON 95.

  • Bersihkan filter bensin dan komponen ruang pembakaran

Sebaiknya, bersihkan filter bensin dan udara secara rutin. Filter bensin dan udara harus dibersihkan secara rutin sebab dapat mempengaruhi performa mesin mobil. Filter bensin harus dibersihkan dan harus diganti setelah menjangkau jarak tertentu. Pembersihan dilakukan bukan tanpa alasan mengingat hal ini dapat membuat saluran bensin ke ruang pembakaran senantiasa bersih.

Komponen ruang pembakaran juga perlu untuk dibersihkan secara berkala. Karena biasanya di bagian ini seringkali menumpuk kerak-kerak karbon yang menghambat proses pembakaran. Proses pembakaran yang tak optimal akan berujung pada konsumsi bensin yang boros dan tak efisien. Jet Clean di Dokter Mobil patut Anda pertimbangkan untuk membersihkan bagian-bagian ruang pembakaran yang terhambat oleh kerak karbon yang menumpuk. Menggunakan teknologi-teknologi mutakhir, seperti injector cleaner, kerak karbon yang menumpuk akan disedot dan dibersihkan hingga tuntas. Selain itu mobil pun akan diperiksa hingga di 32 titik secara GRATIS, sehingga Anda bisa tahu permasalahan apa yang terjadi pada mobil kesayangan Anda.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

  • Periksa kondisi ban

Sebelum berkendara, pastikan untuk melihat tekanan angin pada ban. Jika tekanan terasa rendah atau ban terasa kempes sebaiknya isi dengan angin. Namun, jika ban dirasa bocor sebaiknya ban segera diganti dengan yang baru.

  • Menyalakan AC pada suhu yang tepat

AC yang terlalu dingin menyebabkan bensin menjadi boros meskipun telah menggunakan sistem injeksi. Oleh karena itu, nyalakan AC pada suhu yang tepat agar penggunaan bensin jauh lebih hemat.

  • Mengganti oli tepat waktu

Ganti oli pada mobil jika dirasa sudah menempuh jarak sekitar 10.000 km atau jika tarikan mobil terasa lebih berat. Karena tarikan mobil yang terasa berat juga bisa menjadi penanda ciri mobil boros bensin akibat pergantian oli yang tak tepat waktu.

  • Pastikan rem bekerja dengan baik

Komponen penting dari mobil yang juga perlu dicek secara rutin adalah rem. Jika rem sudah terasa berat dan sulit dioperasikan, ini bisa menjadi pertanda ciri mobil boros bensin. Maka sebaiknya lakukan servis untuk perbaikan sistem pengereman.

  • Panaskan mobil meskipun tidak digunakan

Sebaiknya panaskan mobil secara rutin jika memang tidak digunakan sebagai kendaraan sehari-hari mengingat waktu yang diperlukan untuk memanaskan mobil kurang lebih 30 detik untuk dipanaskan setiap pagi.

Penutup

Itulah beberapa ciri mobil boros bensin yang perlu Anda ketahui, ada baiknya lakukan pengecekan mobil secara rutin untuk menghindari kerusakan yang berlebih pada mobil anda. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan layanan Jet Clean pada mobil Anda. Dengan melakukan pembersihan pada ruang pembakaran dari kerak-kerak karbon yang menumpuk, aktivitas pembakaran pada mobil pun jadi lebih optimal sehingga konsumsi bensin pun jadi lebih irit dan efisien. Tertarik untuk coba layanan Jet Clean agar tarikan mesin jadi lebih halus serta konsumsi bensin pun jadi lebih irit? Lakukan reservasi Jet Clean Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk informasi lebih lanjut. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6547

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *