New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
mobil tiba-tiba mati saat dipanaskan

Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Dipanaskan? Ini Dia Penyebabnya

Pernahkah Anda mengalami mobil tiba-tiba mati saat dipanaskan? Hal tersebut menandakan bahwa mobil mengalami kerusakan komponen kendaraan. Untuk itu, segera lakukan langkah perbaikan agar mobil Anda kembali normal dan dapat dikendarai kembali.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk segera ke bengkel terdekat untuk langkah pengecekan serta perbaikan komponen yang mengalami kerusakan. Memang, mobil yang tiba-tiba mati ketika dipanaskan ini menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang cukup parah.

Sebab, mobil yang mengalami kendala harus segera ditangani. Jika tidak, mobil Anda dapat mengalami kerusakan permanen seperti overheating hingga turun mesin mobil. Untuk itu, segera cari bengkel terdekat dan terpercaya agar mobil yang mati tiba-tiba dapat kembali normal.

Ini Dia Daftar Penyebab Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Dipanaskan

mobil tiba-tiba mati saat dipanaskanAda beberapa penyebab yang membuat mobil Anda tiba-tiba mati ketika dipanaskan. Hal tersebut jangan pernah Anda anggap remeh. Sebab, dari kerusakan-kerusakan kecil yang tidak ditangani segera dapat menyebab komponen mesin mobil mengalami kerusakan parah.

Akibatnya, mobil tidak dapat distarter dan mati total. Ada beberapa penyebab yang membuat mobil sering mati secara tiba-tiba saat dipanaskan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Putusnya Komponen Timing Belt

Timing belt merupakan salah satu komponen mesin mobil yang berguna untuk menyelaraskan katup mobil dengan putaran kruk as mobil agar kedua komponen tersebut tidak berbenturan antar satu sama lain.

Apabila komponen timing belt ini putus, maka akan ada benturan antar komponen. Akibat benturan tersebut, kedua komponen mengalami kerusakan parah. Sehingga, mobil selalu mati ketika distarter untuk dipanaskan.

  1. Water Hammer

Water hammer adalah suatu kondisi terhisapnya air dan masuk ke ruang  bahan bakar mobil. Hal ini tentu saja menjadi salah satu jenis kerusakan yang cukup fatal. Sebab, piston dan stang seher mobil bisa saja pecah karena masuknya air ke dalam komponen tersebut. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidak melewati jalanan banjir agar mobil tetap aman dari kerusakan parah.

  1. Overheating

Overheating atau kenaikan suhu mesin kendaraan roda empat juga menjadi salah satu penyebab mobil tiba-tiba mati saat dipanaskan. Overheating ini bisa saja disebabkan karena beberapa faktor, mulai dari kehabisan oli mesin hingga rusaknya komponen pendingin mesin atau radiator.

Apabila hal ini tidak segera diperbaiki, maka mesin mobil bisa saja mengalami kerusakan permanen hingga mengalami turun mesin. Maka dari itu, Anda disarankan untuk segera melakukan tindakan service yang dibutuhkan agar mobil dapat kembali normal.

Cara Mengatasi Kendala Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Dipanaskan

Memang, cukup berbahaya apabila mobil yang tengah dipanaskan ini tiba-tiba mati. Apabila tidak segera diperbaiki, mobil milik Anda dapat mengalami turun mesin. Dan tahukah Anda bahwa turun mesin mobil ini menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Bahkan, beberapa konsumen mengatakan bahwa biaya turun mesin mobil ini mencapai jutaan rupiah. Dan penyakit turun mesin mobil ini tidak dapat kembali normal 100%. Untuk menghindari hal tersebut, maka segera lakukan langkah perbaikan pada mobil mengalami kerusakan komponen kendaraan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi mobil yang sering mati tiba-tiba ketika dipanaskan. Cara pertama, lakukan pengecekan komponen terlebih dahulu. Apabila Anda mengerti tentang mesin mobil, maka cek bagian timing belt dan komponen AC mobil. Sebab, kedua komponen yang mengalami kerusakan tersebut menyebabkan mobil kerap mati ketika dipanaskan.

Baca Juga : Perkiraan Biaya Service AC Mobil Avanza di Bengkel Terbaik

Cara kedua, segera bawa mobil yang bermasalah ke bengkel mobil terdekat. Sebab, masalah kendaraan yang kerap mati ketika dipanaskan ini menjadi salah satu ciri dari turun mesin mobil.

Guna memastikannya lebih lanjut, maka Anda disarankan melakukan tune up kendaraan. Dari hasil tune up, nantinya montir dan teknisi bengkel akan memberitahukan kepada Anda bahwa ada beberapa kerusakan komponen yang harus segera ditangani.

Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi bengkel spesialis kerusakan kendaraan, maka Dokter Mobil adalah jawabannya. Dokter Mobil ini menjadi spesialis segala kerusakan kendaraan. Ketika mobil mengalami kerusakan komponen kendaraan, maka segera bawa mobil Anda ke Dokter Mobil. Disini, mobil Anda akan diperbaiki oleh montir dan teknisi berpengalaman. Sehingga, masalah mobil tiba-tiba mati saat dipanaskan dapat segera diatasi dan kendaraan Anda pun dapat kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda