📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Fungsi Kabel Grounding Yang Perlu Diketahui

Fungsi kabel grounding

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Fungsi kabel grounding sangat dibutuhkan agar aliran arus listrik pada kendaraan bermotor lebih stabil dan sempurna. Khususnya untuk kendaraan seperti mobil, kabel grounding atau biasa orang menyebutnya dengan istilah kabel massa ini mempunyai pengaruh yang cukup besar untuk kinerja komponen di dalamnya. Komponen tersebut seperti, pengapian, hingga kinerja mesin terutama yang sudah menggunakan komponen ECU yang cukup sensitif terhadap arus listrik.

Mengenal Lebih Dalam Fungsi Kabel Grounding

Fungsi kabel grounding

Fungsi kabel grounding mungkin terasa sedikit asing di telinga orang awam, seiring berkembangnya zaman dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, istilah kabel grounding sendiri sedikit demi sedikit semakin sirna. Tapi, fungsi kabel grounding malahan sangat akrab di telinga orang yang sudah lama terjun ke dalam dunia otomotif atau mereka yang sudah memiliki mobil tua. Pasalnya, fungsi kabel grounding sendiri mempunyai peranan penting dalam hal kelistrikan. Hal ini memiliki tujuan agar area yang memiliki hubungan langsung dengan kabel grounding mobil memiliki kualitas listrik negative yang sempurna. Sehingga, peralatan elektronik yang ada pada mobil dapat tersambung dan bekerja secara maksimal.

Fungi Kabel Grounding Di Era Kemajuan Teknologi Produksi Mobil

Pada dasarnya, dengan kemajuan teknologi produksi mobil yang ada, pabrikan sudah membekali mobil yang mereka keluarkan dengan memasang kabel grounding di beberapa titik mesin ataupun body mobil. Tapi, bagi para pecinta otomotif kabel grounding yang sudah terpasang dinilai masih kurang cukup. Belum lagi bagi mereka yang memiliki mobil tua, fungsi kabel grounding terasa kurang maksimal. Karena, kabel yang sudah mulai berumur dan tidak bisa mengantarkan arus listrik dengan baik.

Dengan kemajuan teknologi yang ada, kabel otomotif mobil ini sudah mulai banyak yang menjualnya di pasaran. Salah satunya bengkel Dokter Mobil yang memiliki produk kabel grounding. Sebelum melakukan pembelian alangkah lebih baiknya Anda memilih kabel dengan kualitas tembaga terbaik sehingga fungsi kabel grounding akan berfungsi secara maksimal.

Lantas apa saja ciri-ciri kabel grounding dengan kualitas tembaganya yang cukup baik. Di bawah ini penulis akan memberikan informasi mengenai ciri-ciri kabel grounding tersebut agar fungsi kabel grounding berjalan maksimal.

Fungsi Kabel Grounding Bekerja Maksimal Dengan Kualitas Tembaga Terbaik

Setelah penulis menjelaskan beberapa informasi mengenai fungsi kabel grounding di atas. Penulis juga, akan mencoba memberikan bagaimana ciri-ciri kabel ground yang memiliki kualitas tembaga yang cukup baik agar fungsi kabel grounding dapat bekerja secara maksimal.

Ciri-ciri kabel grounding yang kualitasnya cukup baik dan dapat memaksimalkan fungsi kabel grounding yakni, kabel tersebut tidak terasa kaku dan dapat bertahan dengan suhu yang cukup tinggi mengingat suhu yang ada di sekitar mesin mobil yakni 80-90°C. selain itu, kabel ground yang tersedia di pasaran secara umum adalah jenis kabel NYAF 10 mm2. Kabel ground juga tersedia dan dijual per set dengan 5 dan 7 titik grounding masing-masing yang sudah dilengkapi dengan bushbar tembaga yang dipasang di kutub negative dari accu, ataupun satuan meteran. Kabel ground dapat Anda temukan di bengkel Dokter Mobil yang menyediakan produk kabel ground terbaik.

Fungsi Kabel Grounding Dapat Menjaga Kestabilan Arus Listrik

Fungsi kabel grounding yang paling utamanya adalah untuk selalu menjaga kestabilan alur listrik berjalan stabil dan sempurna.    Selain menjaga agar alur listrik tetap stabil, terdapat juga sistem kerja kabel grounding negative aki. Komponen ini memiliki fungsi yang cukup krusial, pasalnya, penting bagi Anda untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala untuk melihat kondisi aki.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Sistem kelistrikan kendaraan memang terbilang sangat kompleks. Sehingga, apabila kita membahas mobil yang sudah tua, tentu dari segi kondisinya sudah kurang maksimal. Oleh sebab itu, fungsi kabel grounding sendiri sangat dibutuhkan pada mobil tersebut. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan keluaran mobil terbaru di era sekarang, yang sudah mendapatkan teknologi terbaru dan canggih. Soal kelistrikan sudah bukan hal yang dapat menyebabkan masalah dengan syarat, menjaganya dengan baik dan rutin dalam melakukan pengecekan.

Dengan fungsi kabel grounding yang dapat menjaga kestabilan alur listriknya, jadi mobil tua yang menggunakan kabel grounding ini dapat membantu untuk membuat alur listriknya  menjadi lebih stabil. Sehingga, masalah yang sering dijumpai oleh kalangan pecinta otomotif ataupun orang-orang yang memiliki koleksi mobil tua dan sebagainya dalam sistem kelistrikan akan hilang. Selain itu, performa mobil juga akan sangat terasa berbeda, dengan kinerja sistem kelistrikan yang maksimal dan dapat memberikan kenyamanan saat berkendara.

Dibaca Juga: Beberapa Fakta dan Informasi Seputar Perawatan Kelistrikan Mobil

Fungsi Kabel Grounding Dapat Diperiksa Dengan Mudah

Selanjutnya, fungsi kabel grounding adalah membantu proses pengecekan menjadi lebih mudah. Seperti kita ketahui, terdapat negative battery pada sistem kerja dari kabel grounding tersebut. Sehingga, untuk melihat keadaan battery perlu dilakukan pengecekan secara rutin. Dalam proses ini menggunakan alat tes aki yang cukup khusus. Kemudian, untuk lokasinya sendiri berada di dekat rumah aki mobil dengan posisi kepala negative yang ditempatkan condong ke belakang dan memiliki sudut yang sempit. Dengan begitu, pengecekan yang dilakukan dapat dengan cukup mudah berkat adanya kabel grounding.

Meskipun dalam proses pengecekan dapat terbilang mudah, tapi penting bagi Anda juga untuk selalu berhati-hati dalam melakukan pengecekan sistem kelistrikan. Sehingga, tidak akan terjadinya korsleting yang membuatnya jadi buruk.

Dengan menggunakan kabel grounding ini, maka untuk segi keamanannya dapat mengalami peningkatan. Hal ini terjadi disebabkan untuk posisi kepala positif yang dimiliki aki dan juga kabel grounding yang ditempatkan di area terbuka dan tidak ada komponen lainnya yang menghalangi.

Setelah mengetahui fungsi kabel grounding yang dapat membuat sistem kelistrikan jadi lebih stabil dan sempurna, khususnya untuk mobil yang sudah berumur. Dengan adanya komponen ini tentunya akan membuat sistem kelistrikan lebih terjaga, dan komponen  yang berhubungan dengan sistem kelistrikan juga akan bekerja secara maksimal.

Kabel dengan kualitas yang jelek atau murahan, dapat merusak fungsi kabel grounding. Selain Kulit kabel yang cepat rusak akibat panasnya mesin, ternyata hal ini juga dapat berpengaruh ke beberapa komponen lainnya seperti, susah distater, beban lampu, Lampu Spedometer Terang, Resistensi Naik, dan Storing.

Manfaat Dari Fungsi Kabel Grounding

Fungsi kabel grounding memiliki manfaat karena mampu membuat mobil jauh lebih aman. hal ini dibuktikan dengan salah satunya fungsinya yaitu, menjaga kestabilan listrik. Jika fungsi kabel grounding sudah sempurna, maka dapat dipastikan arus listrik pada mobil akan semakin sempurna dan stabil. Manfaat yang dihasilkan pun sangat besar. Pasalnya, hal ini dapat menjaga keawetan komponen mobil, terutama yang berhubungan dengan kelistrikan seperti ECU, alternator, lampu-lampu hingga sistem pengapian.

Demikian informasi mengenai fungsi kabel grounding yang dapat penulis sampaikan. Semoga apa yang telah penulis sampaikan dapat membantu Anda memberikan informasi lebih mengenai apa itu kabel grounding dan pentingnya menjaga dan melakukan pengecekan secara berkala. Sehingga, fungsi kabel grounding akan selalu bekerja secara stabil dan sempurna, Serta selalu berhati-hati dalam memilih saat hendak membeli kabel Grounding yang ada di pasaran. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5233

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *