📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mengulik Cara Kerja Throttle Body Mobil

Cara Kerja Throttle Body Mobil

Ingin mengetahui bagaimana cara kerja throttle body mobil agar bisa merawat mobil lebih tepat dan menjaga performa mobil selalu optimal? Artikel ini adalah pilihan tepat untuk Anda!

Throttle body adalah komponen vital dalam sistem injeksi bahan bakar yang terdapat pada sebagian besar mobil modern.

Sebagai jembatan antara pedal gas dan mesin, throttle body memegang kendali atas seberapa banyak udara yang diperbolehkan masuk ke ruang bakar.

Meskipun sering diabaikan oleh banyak pengemudi, memahami cara kerja throttle body bukan hanya meningkatkan pengetahuan Anda tentang kinerja mesin, tetapi juga membantu dalam pemeliharaan dan pemecahan masalah.

Dalam artikel ini, kita akan menyelami mekanisme di balik throttle body dan bagaimana komponen ini berperan penting dalam mengoptimalkan kinerja mesin mobil Anda.

Komponen Throttle Body Mobil

Throttle body merupakan elemen kritikal yang terletak dalam sistem intake udara mobil, bertugas untuk mengendalikan volume udara yang mengalir menuju ruang bakar mesin.

Fungsinya esensial dalam menentukan efisiensi dan performa mesin. Di dalam throttle body, kita bisa menemukan sejumlah komponen yang memiliki peranan penting dalam cara kerja throttle body mobil, di antaranya:

  1. Throttle Valve

Dikenal juga sebagai katup gas, ini adalah elemen mekanis yang membuka dan menutup saluran udara menuju ruang bakar mesin. Kinerja throttle valve sangat bergantung pada seberapa kuat Anda menekan pedal gas.

Saat pedal gas ditekan lebih dalam, throttle valve akan membuka lebih lebar, memungkinkan volume udara yang lebih besar mengalir ke ruang bakar, yang pada akhirnya meningkatkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Proses ini sangat penting untuk memastikan mesin bekerja sesuai dengan kebutuhan tenaga yang diinginkan pengendara.

  1. Throttle Position Sensor (TPS)

TPS adalah komponen elektronik yang bertugas untuk mengukur derajat pembukaan throttle valve.

Fungsi utamanya adalah mengirimkan data mengenai seberapa besar pembukaan throttle valve ke ECU (Electronic Control Unit) mobil.

Berdasarkan informasi ini, ECU kemudian akan menyesuaikan volume bahan bakar yang akan disemprotkan oleh injektor.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa rasio antara udara dan bahan bakar tetap dalam kondisi optimal.

Ini sangat penting untuk menjaga efisiensi bahan bakar serta memastikan emisi gas buang tetap ramah lingkungan.

  1. Idle Speed Control (ISC)

ISC berfungsi sebagai regulator yang mengatur kecepatan putaran mesin saat kendaraan dalam keadaan idle atau tidak bergerak.

Saat mesin dalam keadaan idle, ISC akan memastikan ada aliran udara tambahan yang mengalir ke intake manifold.

Hal ini dilakukan untuk memastikan putaran mesin tetap stabil dan mencegah mesin dari kemungkinan untuk mati.

ISC merupakan komponen penting yang membantu dalam menjaga umur panjang mesin dan memastikan kenyamanan saat berkendara, terutama saat berhenti di lampu lalu lintas atau saat parkir.

Ambil Promo Dokter Mobil

Cara Kerja Throttle Body Mobil

Throttle body pada mobil memiliki peran penting dalam mengendalikan jumlah udara yang masuk ke dalam ruang bakar mesin.

Ini adalah elemen kunci dalam sistem pembakaran, karena jumlah udara yang masuk mempengaruhi efisiensi pembakaran bahan bakar.

Berikut adalah mekanisme detail bagaimana cara kerja throttle body:

  1. Interaksi Pedal Gas dengan Throttle Valve

Saat Anda, sebagai pengemudi, menekan pedal gas, ada kabel atau dalam beberapa sistem modern, motor listrik, yang terhubung langsung ke throttle valve.

Cara kerja throttle body mobil ini akan memicu katup untuk berputar, membuka saluran udara di dalam throttle body.

Besar pembukaan katup ini adalah variabel dinamis: semakin dalam pedal gas ditekan, semakin lebar katup ini terbuka, memungkinkan aliran udara yang lebih besar masuk ke ruang bakar mesin.

  1. Deteksi oleh Throttle Position Sensor (TPS)

TPS merupakan sensor yang terletak di throttle body, memiliki tugas spesifik untuk mendeteksi seberapa lebar pembukaan throttle valve pada cara kerja throttle body mobil.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, TPS kemudian akan mengirimkan sinyal elektronik ke ECU mobil, memberitahu tentang posisi katup saat itu.

  1. Integrasi dengan ECU

ECU, sebagai otak dari banyak sistem elektronik mobil, akan mengolah data dari TPS.

Berdasarkan informasi mengenai seberapa besar pembukaan throttle valve pada cara kerja throttle body mobil, ECU akan menghitung jumlah bahan bakar yang perlu disemprotkan oleh injektor.

Tujuannya adalah mencapai rasio udara dan bahan bakar yang optimal.

Secara umum, rasio ideal tersebut adalah sekitar 14,7:1, yang berarti untuk setiap 14,7 gram udara, mesin membutuhkan 1 gram bahan bakar untuk pembakaran yang efisien.

  1. Pelepasan Pedal Gas

Saat Anda melepaskan tekanan pada pedal gas pada cara kerja throttle body mobil, throttle valve yang semula terbuka akan mulai menutup, mengurangi aliran udara yang masuk ke mesin.

Ini akan berdampak langsung pada putaran mesin, mengakibatkan turunnya putaran dan kendaraan akan mulai melambat.

  1. Fungsi Idle Speed Control (ISC)

ISC adalah fitur tambahan di throttle body yang memiliki tugas khusus untuk menjaga kestabilan putaran mesin saat kendaraan dalam keadaan diam atau idle.

ISC dapat membuka atau menutup saluran udara tambahan yang mengalir ke intake manifold, berdasarkan instruksi dari ECU pada cara kerja throttle body mobil.

Ini memastikan bahwa mesin tetap berjalan stabil, bahkan saat tidak ada tekanan pada pedal gas.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Lampu Indikator Suhu Mobil Menyala

Lampu Indikator Suhu Mobil Menyala, Ada Apa?

Jika lampu indikator suhu mobil masih menyala setelah cairan pendingin sudah ditambahkan dan kondisi radiator serta kipas radiator dalam keadaan baik, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

Daftar Harga Isi Freon AC Mobil Jazz

Daftar Harga Isi Freon AC Mobil Jazz

Meski sudah resmi cabut dari peredaran, honda Jazz tetap banyak digemari dan dirindukan. Inilah mengapa mobil Jazz bekas masih kerap berlalu lalang di jalanan. Jika

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form