New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
mobil karburator susah hidup

Ciri Mobil Karburator Susah Hidup dan Cara Mengatasinya

Mobil karburator susah hidup biasanya terjadi pada pagi hari, namun pada mobil karburator sudah disediakan cuk untuk memanaskan mesin. Lalu kira-kira apa saja ya ciri-ciri mobil karburator susah hidup. Yuk simak infonya.

Karburator adalah komponen yang berfungsi melakukan percampuran bensin dengan udara secara homogen agar bisa masuk ke ruang bakar. Supaya molekul bensin dapat tersebar secara menyeluruh pada udara di dalam intake manifold. Karburator bekerja dengan prinsip perbedaan tekanan. Analoginya sama seperti anda menekan obat semprot nyamuk, semakin besar tekanannya maka semakin banyak cairan yang terkabutkan.

Ada Beberapa Ciri Mobil Karburator Susah Hidup Dan Solusinya

mobil karburator susah hidup
mobil karburator susah hidup
  1. Tegangan Baterai Pada Mobil Sudah Berkurang dan Melemah

Ini adalah ciri mobil karburator susah hidup yang pertama. Jika tegangan baterai kurang maka baterai tidak memiliki cukup daya untuk menyalakan dinamo starter sehingga mesin enggan untuk hidup. Anda bisa menggunakan multimeter atau voltmeter untuk mengecek tegangan baterai. Caranya buka kap mesin dan temukan posisi aki atau baterai. Jika sudah ketemu, cari terminal positif pada aki, lepaskan pelindung terminal positif. Memasangkan kabel warna merah atau kabel positif ke terminal positif di aki, dan begitu juga sebaliknya terhadap kabel negative. Jika aki mobil berfungsi tegangan normalnya adalah 12,5 volt sampai 12,8 volt. Jika terbaca kurang dari 12,5 volt maka aki perlu di cas ulang.

Untuk mengecas ulang aki anda bisa datang ke pabrik atau anda bisa melakukan sendiri. Caranya dengan memperhatikan nilai ampere hour yang tertera pada badan aki. Gunakan alat cas aki mobil yang memiliki nilai amper minimal 10% dari nilai ampere aki mobil. Perhatikan juga nilai tegangan yang digunakan, biasanya menggunakan tegangan 12 volt. Gunakan alat cas aki yang direkomendasikan pada buku petunjuk. Lalu kabel pada cas aki jangan sampai terbalik ya, yang warna merah untuk positif sedangkan yang hitam untuk kutub negative.

Lalu untuk mengecas aki, persiapkan alat cas aki dan keluarkan aki dari mobil. Lepaskan semua tutup air aki, jika air aki kurang tambahkan sampai menyentuh batas atas maksimal pengisian. Pastikan switch alat cas dalam kondisi OFF. Sambungkan stop kontak alat ke jaringan PLN. Lalu sambungkan kabel cas ke masing-masing terminal aki, jika sudah nyalakan switch ke posisi ON. Untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan yaitu dengan cara slow charge.

Pengisian lambat atau slow charge biasanya menggunakan besaran arus normal sebesar 10% dari jumlah kapasitaas aki. Misalnya kapasitas aki 70 AH maka besaran yang dibutuhkan adalah 7 Ampere (70 x (10/100)). Lalu untuk menghitung lama waktu pengisian aki dengan rumus :

Lama pengisian (jam) = Besar kapasitas aki (AH) / Besar arus charge (AH) + 20% hasil pembagian kapasitas / arus charge

Contoh : sebuah aki memiliki kapasitas aki 70 AH maka arus yang dibutuhkan adalah 7A. Lama waktu yang dibutuhkan adalah :

(70 AH / 7 AH ) + (20/100 x 10) = 10 + 2 = 12 jam

Maka untuk melakukan pengisian aki dengan kapasitas 70 AH berarus 7A dibutuhkan waktu 12 jam.

  1. Pompa Bensin Sudah Tidak Baik atau Melemah

Ciri mobil karburator susah hidup yang kedua adalah pompa bensin lemah. Lemahnya pompa bensin dapat diketahui dengan beberapa hal seperti, mesin brebet penyebabnya karena fuel pump tersumbat endapan kotoran yang berasal dari tangki bahan bakar. Biasanya terjadi karena tidak menggunakan bahan bakar dengan oktan yang direkomendasikan.

  1. Cek Karburator dan Bersihkan Menggunakan Karburator Cleaner

Ciri lainnya mesin susah hidup, dengan mengecek karburator. Anda hanya perlu membuka karburator lalu semprot dengan karburator cleaner. Fuel pump atau pompa bensin yang lemah atau bermasalah bisa dideteksi dari mesin yang hidup sementara setelah disemprot karburator cleaner. Sementara karena tak lama mesin akan mati, mesin bisa nyala karena karburator cleaner mengandung bensin. Dilain sisi mesin akan mati dalam waktu singkat dikarenakan aliran bahan bakar menjadi mampet.

Nah, untuk memastikannya anda bisa mengulangi cara ini sampai tiga kali. Jika kondisinya masih sama bisa dipastikan memang fuel pump bermasalah. Lalu bagaimana solusinya, anda bisa mengganti dengan fuel pump baru setelah itu untuk mencegahnya datang kembali anda harus sering-sering kuras tangki bahan bakar.

  1. Dinamo starter Tidak Berfungsi Dengan Baik atau Harus Diganti

Dinamo starter memiliki cara kerja dasar yaitu menggunakan aki mobil menjadi sumber listriknya. Namun, Dinamo Starter bisa lemah seiring berjalannya waktu. Tetapi ada juga beberapa penyebab mengapa dinamo starter bisa lemah selain karena umur yaitu memaksa dinamo bekerja.

Baca Juga : Cara Membersihkan AC Mobil Xenia

mobil karburator susah hidup

Biasanya ini terjadi pada mobil mogok. Memaksa dinamo kerja terus menerus saat mesin tidak bisa bekerja. Jadi jika mobil anda mogok jangan sering-sering untuk memaksa dinamo bekerja ya, beri waktu 1-2 menit sebelum melaakukan kontak berikutnya. Sebab lain adalah carbon brush sudah habis. Tanda carbon brush habis pada dinamo starter adalah muncul suara aneh saat distarter.

Memang pada mobil dengan umur pakai lebih dari 10 tahun banyak komponen yang sudah aus dan rusak. Oleh karena itu disarankan untuk segera mengganti komponen-komponen itu. Apalagi komponen tersebut merupakan komponen penting dan sering terlupakan saat anda ke bengkel. Jadi jangan sampai lupa ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7968

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!