New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
stir avanza terasa oblak

Stir Avanza Terasa Oblak? Komponen Ini Penyebabnya

Apakah Kamu pernah merasa stir Avanza terasa oblak saat dikendarai? Jika iya, Kamu pasti tahu bahwa kendala tersebut sangat mengganggu. Selain tak nyaman, masalah ini beresiko membuat mobil tidak stabil dan mengancam keselamatan.

Ada berbagai faktor yang dapat memicu terjadinya oblak pada stir Avanza. Hal ini harus segera ditangani agar Kamu terhindar dari kemungkinan-kemungkinan terburuk. Lalu apa saja penyebab setir terasa oblak? Simak ulasan berikut ini.

Beberapa Faktor Penyebab Stir Avanza Terasa Oblak

stir avanza terasa oblak

Sistem pengereman bermasalah

Sistem pengereman bermasalah merupakan salah satu penyebab setir mobil oblak yang cukup sering ditemui. Sumbernya bisa Kamu lihat dari beberapa komponen utama pada rem seperti cakram, kanvas, dan sepatu rem.

Masalah pada komponen tersebut biasanya ditandai dengan munculnya getaran dan bunyi aneh pada stir. Komponen sistem pengereman yang bermasalah, rusak atau sudah aus umumnya menjadi akar permasalahan. Oleh sebab itu, segera atasi kendala ini dengan cara mengganti komponen yang sudah tidak layak pakai. Jangan lupa gunakanlah produk berkualitas standar atau orisinil.

Roda mobil bermasalah

Selain sistem pengereman, roda mobil yang bermasalah atau tidak stabil dapat menyebabkan setir mobil menjadi oblak. Penyebabnya cukup beragam mulai dari melintasi jalanan berlubang atau rusak, mobil sering dipakai dengan jarak sangat jauh, dan lain sebagainya. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, stir mobil akan terasa oblak hingga akhirnya mobil pun kurang stabil saat dikendarai.

Solusi terbaik untuk mengatasi kendala ini adalah membawa mobil kesayanganmu ke bengkel terdekat. Agar roda kembali seimbang, biasanya teknisi akan merekomendasikan proses spooring balancing atau pelurusan roda pada mobil.

Laher atau bearing aus

Jika laher atau bearing yang ada pada mobil sudah aus, maka penyangga beban mobil tidak akan bekerja secara maksimal. Hal inilah yang menyebabkan setir mobil bergetar dan terasa oblak ketika dikendarai. Selain itu, laher atau bearing aus dapat mengganggu kinerja komponen lain terutama pada bagian bawah, sebut saja tie rod, ball joint, bushing arm, dan sebagainya.

Bagi yang belum tahu, gesekan antar logam dan keringnya laher akan mempercepat keausan. Kamu dapat mengganti komponen yang sudah aus untuk mengatasi kendala tersebut. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin seperti melumasi komponen terkait dengan grease.

Bengkoknya velg mobil

Velg mobil yang sudah bengkok ternyata dapat menyebabkan setir mobil terasa oblak. Bengkoknya velg dapat terjadi dikarenakan berbagai faktor, salah satunya yaitu terlalu sering memaksa mobil menggunakan kecepatan tinggi pada kondisi jalan yang rusak. Hal ini jelas mengakibatkan velg serta ban pada mobil mengalami masalah jika dilakukan secara terus menerus.

Solusi terbaik untuk mengatasi kendala stir avanza terasa oblak adalah mengganti velg mobil dengan yang baru. Kamu tentu tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli velg bukan? Oleh sebab itu, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk saat berkendara yang dapat merusak komponen pada mobil.

stir avanza terasa oblak

Baca Juga : Penyebab Mobil Avanza Mati Mendadak

Nah, itulah beberapa penyebab stir Avanza terasa oblak serta solusi terbaiknya. Ketahui terlebih dahulu akar permasalahannya agar tidak salah mengambil tindakan. Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat dan informasi, khususnya bagi Kamu yang sedang mengalami kendala serupa pada stir avanza terasa oblak. Sampai jumpa lagi!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1964

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? IniĀ  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu