📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Kapan Waktu yang Tepat untuk Servis AC Mobil?

waktu yang tepat untuk servis ac mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Waktu yang tepat untuk servis AC mobil – AC mobil adalah sebuah komponen mobil yang cukup penting untuk kenyamanan pengguna. AC mobil yang memiliki fungsi utama sebagai pendingin mobil ini sangat dibutuhkan terutama saat musim kemarau dengan cuaca yang sangat panas. Karena fungsi dari komponen mobil ini maka sangat penting untuk memastikan bahwa komponen ini bisa bekerja secara maksimal. Cara yang dilakukan untuk menjaga kualitas dari AC adalah dengan melakukan servis secara rutin.

Lalu, kira-kira kapan waktu yang tepat untuk servis AC mobil? Ada beberapa tanda yang bisa Anda jadikan patokan untuk melakukan servis AC. Jika beberapa gejala yang akan saya jelaskan ini terjadi pada mobil Anda. Sebaiknya segera lakukan servis AC di bengkel yang terpercaya.

Waktu yang Tepat untuk Servis AC Mobil Jika AC Mobil Anda Mulai Tidak Dingin

waktu yang tepat untuk servis ac mobil

Untuk melakukan servis AC tentunya Anda akan mencari waktu yang tepat untuk bisa membawanya ke bengkel. Untuk mencari Waktu yang tepat, maka sebaiknya Anda memperhatikan hal ini. Jika AC mobil Anda sudah dirasa tidak lagi dingin, maka sebaiknya Anda perlu melakukan servis terhadap AC mobil Anda. Tanda ini juga merupakan hal yang paling mudah untuk dirasakan dan dideteksi oleh pengguna dan bisa menjadi tanda waktu yang tepat untuk servis AC mobil.

Hal ini biasanya terjadi pada saat Anda menyalakan AC dengan suhu yang paling dingin. Tetapi, yang Anda rasakan masih tetap kurang, maka ini jelas terjadi masalah pada AC mobil Anda. AC mobil yang tidak dingin ini biasanya disebabkan karena adanya kebocoran pada freon mobil ataupun freon mobil yang lama tidak diganti. Biasanya freon mobil yang sudah lama tidak diganti akan membuat kemampuan yang dimiliki menurun.

Sehingga, karena hal itu suhu dingin yang ada pada Evaporator menjadi tidak bisa maksimal. Untuk solusinya, Anda bisa melakukan pengisian ulang terhadap freon mobil ini atau memberikan oli kompresor. Dan hal ini bisa menjadi salah satu tanda untuk waktu yang tepat untuk servis AC mobil. Karena sebelum kerusakan menjadi lebih parah, akan jauh lebih baik jika Anda segera membawanya ke bengkel agar segera ditangani.

Waktu yang Tepat untuk Servis AC Mobil pada saat Mobil Mengeluarkan Bau Apek

Tanda selanjutnya yang menunjukkan bahwa mobil perlu diservis adalah pada saat mobil mulai mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau apek atau bau yang tidak sedap yang sering di cium oleh para pengendara mobil, terutama pada saat berada di dekat kabin. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya kerusakan yang terjadi pada AC mobil. Hal yang menyebabkan bau apek pada AC mobil ini biasanya adalah dikarenakan filter kabin yang kotor.

Kotoran yang terlalu banyak dan menumpuk di ruang blower AC dan tidak pernah dibersihkan akan membuat udara yang dikeluarkan dari AC bercampur dengan bau tidak enak. Selain itu, karena banyaknya kotoran yang menempel pada AC, maka bakteri juga akan menjadi lebih mudah untuk berkembang biak. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab AC mobil berbau apek. Jika sudah menemukan tanda seperti tersebut, artinya itu adalah waktu yang tepat untuk servis AC mobil ke bengkel terdekat yang terpercaya.

Selain itu untuk mengatasi permasalah ini, hal yang diperlukan adalah mengecek kondisi dari filter kabin dan kemudian membersihkan bagian ruang blower yang kotor. Biasanya cara untuk membersihkannya adalah dengan mencuci bagian tersebut sampai bersih.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Waktu yang Tepat untuk Servis AC Mobil Adalah saat Angin Blower dari AC Mulai Kecil

Tanda selanjutnya sebagai waktu yang tepat untuk servis AC mobil adalah pada saat blower mulai mengalami masalah. Jika pada mobil Anda, angin dari blower AC terasa memiliki hembusan yang kecil dan tidak seperti biasanya. Kemungkinan besar, terdapat masalah pada bagian AC mobil Anda. Hembusan angin dari blower AC mobil yang kecil ini sebenarnya disebabkan karena evaporator yang kotor.

Evaporator yang sangat kotor, akan membuat blower mobil menjadi tidak bisa menghembuskan angin dengan besar. Selain dengan hal itu, kipas dari AC blower yang di tumpuki oleh kotoran juga bisa menjadi salah satu penyebab blower mobil mengembuskan angin yang kecil. Untuk mengatasi permasalah ini, caranya adalah dengan mencuci bagian evaporator mobil yang kotor. Bukan hanya bagian evaporator saja, tetapi juga kipas AC yang juga di tumpuki oleh kotoran.

Biasanya dalam hal ini jika evaporator mobil dibongkar, maka freon pada AC mobil juga akan secara otomatis diganti dengan freon yang baru. Jika sudah mengalami hal ini maka tentunya, ini sudah Waktu yang tepat untuk servis AC mobil.

Baca Juga: Masalah pada Blower AC Mobil dan Cara Penanganannya

Tanda AC Mobil Perlu Dibawa ke Bengkel Servis Jika Terdapat Air yang Menetes pada Kabin

Untuk waktu yang tepat untuk servis AC mobil. Secara normal, pembuangan air dari AC mobil akan dikeluarkan atau menetes keluar melalui kolong mobil. Tetapi pada beberapa kasus, ada air pembuangan dari AC yang masih terlihat tersisa pada kabin. Jika air pembuangan dari AC mobil sudah menetes pada bagian kabin mobil, artinya saluran pembuangan dari AC mobil sudah mampat, dan ini jelas menjadi waktu yang tepat untuk servis AC mobil.

Penyebab dari saluran pembuangan air AC mobil yang mampet ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu hal yang menjadi penyebabnya adalah karena kotoran dan juga debu yang sudah menumpuk. Kotoran dan juga debu yang menumpuk pada saluran pembuangan ini membuat air yang seharusnya bisa dibuang keluar, menjadi mampet dan merembes ke kabin mobil. Sebagai solusinya, untuk mengatasi hal ini yang perlu dilakukan adalah dengan membongkar ruang blower yang kotor kemudian membersihkan kotoran yang ada.

Munculnya Suara Kasar Kompresor Bisa Jadi Tanda untuk Segera Melakukan Service AC Mobil

Sebagai tanda waktu yang tepat untuk servis AC mobil yang selanjutnya adalah jika mobil Anda sudah mengeluarkan sebuah suara yang cukup kasar. Suara kasar ini biasanya berasal dari ruang kompresor AC mobil. Sering sekali oada bagian kompresor AC mobil ini mereka mengeluarkan sebuah suara yabg cukup kasar dan mengganggu. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya sebuah kerusakan.

Kompres AC mobil dapat mengalami kerusakan jika kurangnya perawatan seperti oli dari kompresor yang tidak pernah diganti. Di karenakan oli kompresor yang kotor dan tidak pernah diganti, akan bisa menyebabkan piston dari kompresor menjadi baret. Terlebih jika kualitas dari oli kompresor mobil mengalami penurunan, bukan hal yang tidak mungkin jika kompresor akan mengalami kerusakan. Jika kerusakan yang terjadi pada kompresor sangat parah, maka mau tidak mau kompresor memang harus diganti dengan yang baru.

Service AC Mobil di Dokter Mobil

Merawat AC mobil jelas menjadi hal penting, untuk itu Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk servis ac mobil. Jika mobil Anda sudah memiliki tanda seperti yang disebutkan, segera bawa mobil Anda ke bengkel Dokter Mobil. Dikenal sebagai spesialis AC mobil, penanganan servis AC di Dokter Mobil dibekali dengan peralatan berteknologi canggih serta teknisi yang mumpuni, sehingga proses pengerjaannya minim akan kerusakan dan ampuh tuntaskan hingga ke sumber permasalahan.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Untuk nikmati berbagai layanan servis AC mobil kesayangan Anda, lakukan reservasi di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar layanan-layanan yang ada di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1378

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *