Artikel

bocornya kondensor AC mobil

Kondensor AC Mobil Bocor? Ini Dia Resiko dan Solusinya

Apabila kendaraan mengalami masalah kondensor AC mobil bocor, maka segera bawa ke bengkel terdekat. Sebab, bocornya kondensor AC mobil ini sangat beresiko. Apabila tidak segera dibawa ke bengkel spesialis AC mobil, maka komponen pendingin kendaraan bisa saja mengalami kerusakan permanen.

Maka dari itu, segera bawa mobil yang mengalami kebocoran kondensor ke bengkel spesialis. Sebab, bengkel spesialis AC mobil ini dapat mengetahui penyebab kebocoran pada komponen kondensor.

Memang, bengkel spesialis AC mobil di Indonesia ini cukup banyak. Hanya saja, Anda perlu selektif dan berhati-hati dalam memilih bengkel mobil. Sebab, banyak bengkel abal-abal yang menyediakan jasa service AC mobil dengan mematok harga dua kali lipat lebih mahal.

Ini Dia Penyebab dan Resiko Kondensor AC Mobil Bocor

penyebab blower ac mobil mati

Kondensor mobil yang mengalami kebocoran ini diakibatkan oleh beberapa sebab. Dan pemilik mobil wajib tahu bahwa bocornya kondensor AC mobil ini harus segera dilakukan langkan service lanjutan.

Tujuannya agar kebocoran pada komponen kondensor dapat diatasi segera. Maka dari itu, ini dia daftar penyebab dan resiko kebocoran pada komponen kondensor AC mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :


  1. Tidak Pernah Melakukan Tune Up AC Mobil

Penyebab pertama, pemilik kendaraan roda empat ini jarang atau bahkan tidak pernah melakukan tune up AC mobil. Padahal, tune up ini wajib dilakukan secara berkala dengan tujuan sebagai langkah antisipasi apabila ada kerusakan pada komponen pendingin.

Maka dari itu, tune up AC mobil dapat dijadikan sebagai salah satu langkah antisipatif apabila ada kerusakan pada komponen pendingin. Apabila Anda jarang atau tidak pernah tune up AC mobil, maka pemilik kendaraan tidak akan mengetahui kerusakan-kerusakan pada komponen AC mobil, termasuk kerusakan yang menyebabkan kondensor bocor.


  1. Seal Kondensor Robek

Penyebab ketiga, adanya robekan pada seal kondensor AC mobil. Sobekan pada seal kondensor AC mobil ini disebabkan karena adanya gesekan-gesekan antar komponen.

Alhasil, gas freon kondensor akan menetes ke komponen lain. Apabila gas freon menetes karena kondensor bocor dan terkena komponen lainnya, maka hal tersebut akan menyebabkan kerusakan fatal. Salah satunya adalah menyebabkan komponen mudah berkarat karena tetesan gas freon AC yang tertampung pada kondensor.

Solusi Mengatasi Bocornya Kondensor AC Mobil

Apabila Kondensor AC mobil bocor, maka Anda wajib melakukan langkah service agar kerusakan tersebut dapat segera diatasi. Untuk menghentikan tetesan gas freon pada kondensor, maka pemilik wajib mengetahui terlebih dahulu penyebab kerusakan tersebut.

Apabila seal kondensor AC mobil sobek, maka segera ke bengkel spesialis terdekat untuk mengganti seal kondensor AC mobil. Sebab, penggantian seal kondensor tidak dapat dilakukan secara mandiri. Anda butuh bantuan mekanik bengkel spesialis AC mobil berpengalaman.

Kesalahan pemasangan seal ini menyebabkan munculnya tetesan gas freon kondensor AC mobil kembali. Solusi kedua, Anda wajib melakukan pengecekan kondensor AC mobil secara berkala. Anda juga disarankan untuk melakukan tune up komponen AC mobil di bengkel spesialis. Sebab, banyak pemilik kendaraan yang tidak mengerti cara mengatasi kerusakan di bagian kondensor AC mobil.

baca juga : Rekomendasi Bengkel Mobil Injeksi Terdekat di Kota Makassar

Dokter Mobil, Bengkel Spesialis Service dan Perawatan AC Mobil Semua Merk Kendaraan

Dokter Mobil menjadi salah satu bengkel spesialis service dan perawatan AC mobil yang direkomendasikan untuk Anda. Apabila AC mobil Anda mengalami kebocoran gas freon kondensor, maka segera bawa mobil Anda ke cabang Dokter Mobil terdekat. Sebab, kebocoran di bagian kondensor AC mobil ini dapat mengakibatkan kerusakan komponen secara permanen.

Kami akan melakukan langkah-langkah service yang dibutuhkan. Kami selalu melakukan tune up terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakan komponen. Kemudian, kami akan melakukan langkah service yang dibutuhkan agar masalah bocornya kondensor AC mobil dapat segera diatasi.

Jadi, tim Dokter Mobil ini bekerja sesuai dengan SOP service yang telah ditetapkan. Maka tak heran bila segala kerusakan komponen kendaraan dapat ditangani segera. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat apabila kondensor AC mobil bocor.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :