💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Honda Jazz: Permasalahan Umum dan Cara Mengatasinya

Honda Jazz - Permasalahan Umum dan Cara Mengatasinya

Meski sudah discontinued, nyatanya Honda Jazz masih memiliki tempat tersendiri di hati para penggunanya. Hal ini bisa dijumpai mobil Honda Jazz yang sering berlalu lalang di jalanan Indonesia. Selain itu, tersedianya sparepart yang melimpah juga menyebabkan beberapa pengguna Honda Jazz masih betah mengendarai mobil hatchback ini.

Meskipun laris diminati, tetapi mobil yang satu ini sering memiliki permasalahan umum. Mulai dari bagian komponen rangka bodi hingga bagian mesin. Salah satu komponen yang juga kerap kali mengalami permasalahan ada sistem transmisi, sehingga membutuhkan service transmidi di bengkel spesialis transmisi terpercaya – seperti di DOMO Transmisi (yang bisa dihubungi di 0821-6866-5566).

Untuk itu, berikut ini adalah paparan informasi seputar permasalahan apa saja yang kerap terjadi pada Honda Jazz serta rekomendasi bengkel terpercaya untuk mengatasinya, seperti di DOMO Transmisi. Mari disimak!

Permasalahan Umum yang Sering Terjadi pada Mobil Honda Jazz

Honda Jazz-Doter Mobil

Menurut beberapa review pengguna Honda Jazz, jenis mobil hatchback terlaris di masanya ini seringkali mengalami permasalahan di bagian suspensi, transmisi CVT, valve body, dan lain sebagainya. Anda yang hendak membeli mobilnya perlu membaca ulasan sampai selesai. Penjelasan lebih rinci tentang masalah umum yang kerap terjadi pada Honda Jazz ini dapat disimak berikut ini.

  1. Suspensi

Banyak para pemilik mobil hatchback dari Honda ini yang melaporkan suspensi depan dan belakang terasa tidak seimbang. Bagian suspensi depan yang lembut tetapi bagian belakangnya justru sangat keras. Perbedaan sifat suspensi ini sering membuat penumpang dan pengemudi menjadi tidak nyaman terutama yang menggunakan untuk berpergian jarak jauh.

Terjadi perbedaan suspensi disebabkan oleh per yang satu dengan yang lain berjarak cukup jauh. Anda bisa mengatasinya di bengkel untuk dilakukan modifikasi sehingga antara suspensi depan dan belakang sama-sama lembutnya. Nanti Anda bisa merasakan sendiri perbedaan setelah dilakukan perbaikan dalam hal suspensi.

  1. Transmisi CVT

Masalah yang juga sering terjadi pada mobil mewah satu ini berada di komponen transmisi CVT. Transmisinya dianggap memiliki getaran yang berlebihan terutama ketika mulai melaju. Salah satu penyebab dari getaran ini adalah oli transmisi yang jarang dilakukan pergantian hingga kotornya oli transmisi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Menurut Thayne Lika atau Ko Lung-Lung – CEO Dokter Mobil Indonesia, pergantian oli transmisi seharusnya dilakukan setiap mobil sudah mencapai jarak tempuh 20.000 km. Saat pergantian oli transmisi ini rutin dilakukan, maka risiko oli transmisi mengalami hangus akan minim terjadi serta partikel-partikel gram dari kikisan komponen transmisi juga lebih minim. Sebab hal inilah yang memicu permasalahan adanya getaran saat mobil sedang melaju.

  1. Valve Body

Bagian valve body disetiap mobil mudah mengalami kotor. Tentunya hal ini juga berlaku pada Honda Jazz sehingga perlu dibersihkan secara rutin. Setelah bepergian jauh biasanya akan banyak debu dan kotoran di bagian komponen tersebut. Jika dibiarkan begitu saja maka kotoran tersebut akan mengendap dan sudah pasti akan mempengaruhi performa mesin.

  1. Mesin Terlalu Bergetar

Mesin di mobil yang baru biasanya memiliki getaran yang wajar. Anda yang menemukan getaran pada mesin menjadi tidak wajar maka harus segera mengecek apa yang sebenarnya salah. Sebagian besar Honda jazz juga akan mengalami masalah di bagian mesin terlalu bergetar. Tak jarang bagian mesin tersebut juga menjadi tersendat di rpm 1500 hingga 3.000.

Masalah mobil yang bergetar terlalu tidak wajar harus segera dibawa ke bengkel. Jangan di utak-atik sendiri karena bisa berbahaya dan memang memerlukan pengetahuan dan keahlian yang tinggi. Sebaiknya menyerahkan seluruh masalah tersebut kepada bengkel yang berkualitas.

Baca Juga: 20+ Daftar Bengkel Mobil Honda Terdekat di Kota Anda

  1. Konsumsi Bahan Bakar Boros

Masalah yang juga sering terjadi di mobil Honda Jazz adalah konsumsi bahan bakar yang boros. Tidak heran kalau para pengguna akan jarang sekali melakukan perjalanan antar provinsi dengan mobil tersebut. Pemilik disarankan untuk menggunakan berkendara di dalam kota saja.

Menurut Otosia, mesinnya akan menghabiskan bahan bakar 1 liter untuk setiap jarak 9 km. Tentu saja konsumsi bahan demikian termasuk sangat boros.

  1. Tersumbatnya Evaporator

Sebenarnya kasus evaporator tersumbat bisa saja terjadi pada mobil jenis lain. Tetapi rata-rata dari pemilik mobil melaporkan kalau mobil Honda Jazz kerap mengalami evaporator terseumbat. Tanda-tanda dari penyumbatan adalah terdengar suara mirip air mengalir di bagian depan kabin.

Cara Mengatasi Permasalahan yang Sering Terjadi di Honda Jazz

Cara Mengatasi Permasalahan yang Sering Terjadi di Honda Jazz

Anda sudah mengetahui beberapa permasalahan yang sering terjadi di mobil tersebut. Penting juga untuk mengetahui cara perbaikannya sehingga bisa membuat mobil Honda Jazz kembali nyaman digunakan.

  1. Perbaikan Suspensi

Sebelumnya kita mengetahui bahwa Honda jazz memiliki masalah ketidakseimbangan di bagian suspensi depan dan belakang. Permasalahan tersebut bisa Anda atasi dengan cara membawa ke bengkel. Para mekanik akan membuat jarak antara per disuspensi menjadi semakin rapat. Hal tersebut akan membuat suspensi depan dan belakang menjadi sama-sama tidak keras.

  1. Perbaikan Transmisi CVT

Transmisi CVT yang bermasalah dapat diperbaiki di bengkel supaya nantinya tidak terasa terlalu bergetar. Namun kedepannya Anda juga disarankan untuk rutin melakukan pergantian oli transmisi saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 20.000 km. Karena jika oli transmisi jarak diganti, komponen transmisi lainnya pun akan mengalami kerusakan sebab kurangnya pelumasan.

Pastikan pula untuk memilih bengkel spesialis transmisi terpercaya agar proses perawatan hingga perbaikan transmisi CVT lebih aman, dengan service transmisi mobil Jazz di DOMO Transmisi. Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini melalui proses riset dan pengembangan yang teruji, menggunakan peralatan berteknologi tinggi, serta ditangani oleh teknisi yang ahli. Sehingga kualitas dari layanannya sudah sangat terjamin.

Untuk perbaiki sistem transmisi CVT Honda Jazz Anda, reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp (klik di sini). Setelah proses reservasi, CS DOMO Transmisi akan mengarahkan ke bengkel yang dituju, sehingga Anda hanya perlu bawa mobil Anda ke bengkel dan langsung dapatkan layanannya tanpa harus mengantre.

  1. Pembersihan di Bagian Valve Body

Setiap kali selesai melakukan perjalanan jarak jauh maka bagian valve body seringkali menjadi kotor. Para pemilik mobil diharapkan untuk segera membersihkan. Sebaiknya proses pembersihan dilakukan oleh ahlinya supaya tidak menimbulkan masalah di mesin mobil. Valve body yang bersih akan memberikan performa mobil kembali seperti semula.

  1. Perbaikan di Bagian Mesin yang Bergetar

Mesin mobil yang bergetar terlalu tidak wajar perlu proses perbaikan oleh ahlinya. Langkah yang sering diambil oleh para mekanik adalah membersihkan di bagian throttle body plus dan juga sensor. Kemudian dilanjutkan dengan reset ulang bagian ECU. Setelah perbaikan dengan menggunakan kedua langkah tersebut umumnya mesin mobil tidak bergetar parah lagi.

  1. Pembersihan dan Perbaikan di Bagian Evaporator

Pemilik mobil yang mengeluh evaporatornya tersumbat maka para mekanik akan segera bertindak membersihkannya. Sumbatan-sumbatan yang bisa berasal dari debu akan dibersihkan. Jika ada bagian belt evaporator terlepas maka akan dipasang kembali. Pastinya mekanik akan memeriksa secara teliti untuk bisa tahu apa penyebab sebenarnya.

  1. Berkendara dengan Baik

Masalah mesin sama sekali tidak bisa diperbaiki bila memang sudah bawaannya boros bahan bakar. Hal yang bisa Anda lakukan adalah berkendara dengan baik alias tidak ugal-ugalan. Berkendara ugal-ugalan dapat mempercepat pemborosan bahan bakar.

Akhir Kata

Inilah informasi lengkap seputar permasalahan apa saja yang kerap kali menimpa Honda Jazz hingga kiat-kiat perawatan hingga perbaikan agar permasalahan tersebut tak terjadi lagi. Mengingat produksi dari mobil hatchback ini sudah resmi diberhentikan, sehingga sangat disayangkan jika mobil Honda Jazz yang Anda gunakan serta memiliki banyak kenangan ini harus mengalami kerusakan.

Untuk itu pastikan untuk melakukan perawatan rutin pada Honda Jazz Anda, seperti service transmisi mobil Jazz secara berkala di DOMO Transmisi. Memiliki peralatan canggih dan teknisi yang ahli, Anda juga bisa datang langsung ke cabang Dokter Mobil terdekat untuk melakukan konsultasi, perawatan, hingga perbaikan pada komponen lain pada mobil Jazz Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

 

Referensi:

6 Jenis Oli Mobil dan Perawatannya – Dokter Mobil Indonesia. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=0AC_kkw2HAw (Diakses: 25 November 2022).

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3467

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

relay ac mobil

Apa Itu Relay AC Mobil?

Ketika berbicara tentang sistem pendingin atau AC mobil, tidak lengkap rasanya apabila tidak membahas tentang komponen relay ac mobil. Tak banyak disadari, sebenarnya komponen relay

Read More »