💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Toyota Raize: Jenis Servis hingga Estimasi Biaya Servis di Bengkel Terpercaya

Bagi pemilik Toyota Raize sebenarnya mobil jenis baru ini sama sekali tidak mahal dari segi perwatannya. Sehingga tidak ada alasan bagi pemilik untuk melakukan perawatan langsung di bengkel terpercaya. Mobil yang baru di luncurkan pada bulan April 2021 di Indonesia ini semakin menujukkan pasaran bagus dari banyaknya peminat yang langsung menyerbunya.

Selayaknya pula bagaimana mobil perlu dilakukan perawatan, Toyota Raize juga memerlukan perawatan berupa service berkala, service tune up, hingga service transmisi mobil Raize. Untuk itu, berikut ini ada pembahasan lengkap seputar service berkala dan tune up hingga service transmisi mobil Raize yang bisa dilakukan di bengkel transmisi mobil terpercaya – DOMO Transmisi – yang bisa dihubungi di 0821-6866-5566.

Pentingnya Servis dan Tune Up pada Mobil Toyota Raize

Pentingnya Servis dan Tune Up pada Mobil Toyota Raize

Sebelum membahas estimasi biaya perawatan Toyota Raize, lebih dulu kita akan membedakan antara servis dan tune up mobil. Servis bisa dikatakan sebagai perawatan berkala yang dilakukan sesuai dengan buku panduan servise. Biasanya jadwal servis memang menyesuaikan apa mobil sering digunakan atau tidak. Jadi urusan servise para pemilik mobil memang harus bisa memahami kondisinya lebih dulu.

Baca Juga : Rekomendasi Bengkel Tune Up Mobil Terdekat di Kota Bandung

Servis memang digunakan sebagai pengecekan kondisi mobil.  Jika sering memakainya untuk perjalanan jauh semisal sering ke luar kota, servis memang harus rutin dilakukan setiap bulan. Setidaknya oli mobil harus diganti supaya kondisi mesin tetap stabil dan kinerjanya tetap dalam kondisi prima. Itulah kenapa servis memang penting untuk mobil Anda.

Sedangkan tune up adalah melakukan penyetelan ulang semua komponen mobil. Hal ini dilakukan untuk jenis mobil lama yang sudah dalam kondisi kurang maksimal kinerjanya. Dengan melakukan tune up akan didapatkan kembali kondisi mobil seperti sedia kalanya. Untuk membedakannya berikut ini penjelasannya.

  • Waktu

Bagi pemilik Toyota Raize, karena mobil ini masih tergolong jenis mobil baru maka servis harus dilakukan sesuai dengan buku panduan servis dari pihak dealer. Pertama kali mobil harus masuk tahapan servis biasanya jika sudah mencapa 1.000 km (biasanya masih gratis).

Jika sudah mencapai jarak 30.000, 50.000, dan 70.000 km maka pihak bengkel akan melakukan pengecek kondisi oli, mesin dan ban. Hal serupa jika mobil sudah mencapai jarak 20.000, 60.000 serta 120.000 km maka akan dilakukan pengecekan suspense dan sistem bahan bakar.

Patokan terakhir dalam sistem servis mobil ada di jarak tempuh 120.000 km, dimana setelah jarak tempuh ini biasanya pihak bengkel akan menyarankan untuk melakukan Tune Up karena jangka pemakaian mobil sudah setahun lebih.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Pemberlakuan tune up mobil memang didasari dari nyaman tidaknya mobil saat dikendarai. Karena jika tidak dilakukan tune up bisa jadi performa mobil sudah sangat menurun dan beresiko mogok saat digunakan dalam perjalanan jauh.

  • Jenis Pengecekan

Perbedaan berikutnya ada pada segi pengecekannya. Saat melakukan servis Toyota Raize, biasanya ada pengecekan di sejumlah komponen mobil. Beberapa komponen yang diperiksa antara lain: pengecekan sistem aki mobil, sistem kemudi, idle mesin, baut semua roda, filter udara, tekanan angin roda, dan rembesan oli jika ada.

Sedangkan dalam proses tune up, beberapa jenis fluida didalam mesin juga akan dicek ulang. Karena pada masa tune up beberapa jenis oli seperti oli power steering, oli mesin, oli transmisi, oli gardan, minyak rem memang harus diganti total.

Proses tune up biasanya akan membutuhkan biaya lebih besar dibandingkan dengan proses servis. Apalagi jika ada beberapa komponen mobil yang sudah aus. Secara tidak langsung pihak bengkel akan menyarankan untuk melakukan pergantian yang baru untuk mengembalikan ke kondisi sempurnanya.

Estimasi Biaya Servis Berkala Toyota Raize

Jika penjelasan diatas sudah memberikan pemahaman kepada Anda, lalu berapakah biaya servis dan tune up Toyota Raize di bengkel resmi. Hal ini memang harus Anda ketahui, apalagi selagai pemilik mobil tentu saja harus siap dengan berapapun biaya yang dikeluarkan dalam perawatannya. Nah jika penasaran berikut ini beberapa kisaran biaya servis dan tune up yang bisa Anda anggarkan.

Servis Rutin 10.000 km

Karena masih masuk dalam jadwal buk servis dari dealer, mobil tidak akan dikenakan biaya servis pertama. Biasanya mobil baru memang harus kembali ke dealer jika sudah mencapai jarak 1.000 km. Dalam servis ini akan dilakukan pengecekan mulai dari rem, sistem kelistrikan, kondisi AC, kopling, komponen mesin dan bagian kaki-kaki mobil.

Meski dalam tahapan ini masih gratis, jika Anda sudah merasakan ada beberapa komponen mobil yang mulai tidak nyaman atau rusak, bisa dilakukan penggantian yang baru. Dan tentunya biaya yang dikeluarkan sesuai harga sparepart yang diganti.

Servis Setelah 20.000 km – 30.000 km

Servis Toyota Raize berikutnya jika mobil sudah menempuh jarak 20.000-30.000 km lebih atau mobil sudah digunakan selama 6 bulan. Meski masih gratis sesuai dengan buku servis yang diberikan dealer, namun Anda harus bersiap karena biasanya harus ada penggantian suku cadang. Biaya yang dipersiapkan antara 400.000 sampai 500.000 ribu rupiah.

Servis setelah 40.000 km – 60.000 km

Kisaran biaya servis jika sudah mencapai 40.000 km – 60.000 km memang harus Anda persiapkan. Mengingat dalam periode ini biasanya sudah membutuhkan penggantian suku cadang yang sudah mulai aus. Anda juga harus membayar ongkos servis ke dealer. Pemilik mobil harus mempersiapkan dana sekitar 1 juta rupiah untuk servis di tahapan ini.

Service Transmisi Mobil Raize yang Penting Dilakukan

Meski merupakan bagian dari sistem pada mobil, transmisi kerap kali terlupakan untuk dirawat. Padahal sistem transmisi yang jarang dirawat dapat mengakibatkan kerusakan yang cukup fatal, karena bersinggungan dengan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Bagian paling sederhana dan seringkali terlupakan adalah penggantian oli transmisi. Menurut Thayne Lika atau Ko Lung-Lung – CEO Dokter Mobil Indonesia – pergantian oli transmisi ini perlu diganti secara berkala setiap mobil sudah menempuh jarak 20.000 hingga 30.000 km. Hal ini berguna agar oli transmisi tidak mengalami hangus dan menghindari adanya kontaminasi gram-gram besi akibat kikisan di sistem transmisi.

Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan sistem transmisi secara berkala di bengkel spesialis transmisi terpercaya, seperti di DOMO Transmisi. Telah teruji riset dan pengembangan yang ketat, menggunakan peralatan canggih berteknologi tinggi, serta ditangani oleh teknisi yang ahli, membuat kualitas dari layanan DOMO Transmisi begitu terjamin.

Ingin melakukan service transmisi mobil Raize sebagai perawatan berkala? Reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp (klik di sini). Reservasi bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun, Anda akan langsung diarahkan ke bengkel yang dituju tanpa harus mengantre setelah melakukan reservasi.

Anda juga bisa langsung berkunjung ke cabang Dokter Mobil terdekat untuk konsultasi secara langsung seputar permasalahan mobil Toyota Raize Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Penutup

Demikian informasi lengkap seputar service Toyota Raize mulai dari service berkala dan estimasi biayanya, tune up, hingga service transmisi mobil Raize di bengkel spesialis transmisi terpercaya – DOMO Transmisi. Pastikan untuk melakukam perawatan secara berkala pada Toyota Raize Anda agar kondisinya senantiasa paripurna.

 

Referensi:

6 Jenis Oli Mobil dan Perawatannya – Dokter Mobil Indonesia. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=0AC_kkw2HAw&t=147s (Diakses: 24 November 2022)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1512

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya