πŸ“’ SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   πŸ“’ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Posisi Transmisi Matic saat Macet, Idealnya Di Mana?

Posisi Transmisi Matic saat Macet, Idealnya Di Mana

Di masa akhir tahun seperti saat ini, tentu banyak orang yang berkendara ke beberapa destinasi wisata untuk menghabiskan liburan akhir tahunnya. Hal ini ditandai dengan seringnya arus lalu lintas mengalami macet. Bagi Anda yang berkendara mobil matic, posisi transmisi matic saat macet tentu perlu diperhatikan dengan baik karena kenyamanan dan keselamatan berkendara sangat tergantung dengan hal ini di situasi padatnya arus lalu lintas saat liburan akhir tahun.Β 

Agar Anda tak salah dalam memposisikan tuas transmisi saat mengendarai mobil matic di tengah padatnya arus lalu lintas, berikut ini adalah posisi transmisi matic saat macet yang tepat agar kenyamanan dan keselamatan saat berkendara tetap terjaga.Β 

Idealnya Posisi Transmisi Matic saat Macet Melanda

Idealnya Posisi Transmisi Matic saat Macet Melanda

Mengemudikan mobil adalah hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun, banyak pengemudi yang tidak tahu cara menggunakan mobil matic saat macet. Posisi transmisi matic saat macet adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pengemudi.

Transmisi matic adalah jenis transmisi otomatis, yang mengubah gigi secara otomatis ketika Anda menekan pedal gas. Kebanyakan mobil matic memiliki pilihan untuk memilih transmisi manual, yang memungkinkan Anda untuk mengubah gigi secara manual. Namun, meskipun Anda dapat menggunakan transmisi manual, Anda mungkin ingin memilih untuk tetap menggunakan transmisi matic saat macet.

  1. Posisi Transmisi Matic saat Macet Total Paling Ideal Berada di β€˜P’

Pertama, Anda bisa menempatkan mobil Anda di posisi β€˜Park’ (P) saat macet. Ini akan memastikan bahwa mobil Anda tidak bergerak ketika Anda berhenti. Setelah itu, Anda harus memastikan bahwa Anda menempatkan transmisi Anda di posisi β€˜N’ (Netral) ketika akan mengemudi. Jika Anda mengemudi dengan transmisi di posisi β€˜D’ (Drive), maka mobil Anda akan bergerak saat Anda menekan pedal gas. Ini akan menyebabkan mobil Anda bergerak secara tidak diinginkan dan mungkin menyebabkan kecelakaan.

  1. Posisi Transmisi Matic saat Macetnya Masih Bisa Melaju, Paling Ideal Diposisikan di β€˜N’

Posisi transmisi matic saat macet yang tak begitu parah paling ideal ditempat di β€˜N’. Karena Anda masih bisa bebas melepaskan kaki dari pedal rem tanpa takut mobil melaju. Perpindahan transmisi dari β€˜N’ ke β€˜D’ pun jauh lebih dekat sehingga Anda bisa langsung berpindah tuas transmisi saat lalu lintas sudah kembali lancar.Β 

  1. Siaga dalam Injak Pedal Rem

Selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan rem untuk menghentikan mobil Anda. Tidak ada cara untuk membantu mobil Anda berhenti dengan cepat jika Anda tidak menggunakan rem. Jika Anda tidak menggunakan rem, Anda mungkin akan menyebabkan kerusakan pada mobil Anda.

  1. Patuhi Arus Lalu Lintas dengan Baik

Ketika Anda berada di jalan yang macet, Anda harus selalu mengikuti aliran lalu lintas. Anda harus melambat ketika mobil di depan Anda melambat. Jika Anda tidak melakukannya, maka Anda dapat menyebabkan kecelakaan. Juga, Anda harus mengikuti jarak aman dari mobil di depan Anda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda dapat berhenti dengan cepat jika mobil di depan Anda berhenti secara tiba-tiba.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

  1. Injak Pedal Gas dengan Hati-hati

Selain itu, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan pedal gas dengan hati-hati saat macet. Jika Anda menekan pedal gas terlalu keras, maka Anda dapat menyebabkan mobil Anda bergerak secara tidak diinginkan atau menyebabkan kecelakaan. Juga, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan pedal gas dengan hati-hati ketika menambah kecepatan, sehingga Anda tidak menyebabkan mobil Anda bergerak terlalu cepat.

Posisi transmisi matic saat macet sangat penting untuk memastikan bahwa mobil Anda berjalan dengan aman. Jadi, pastikan untuk selalu menempatkan mobil Anda di posisi β€˜Park’ (P) saat macet total, dan pastikan untuk menempatkan transmisi di posisi β€˜N’ (Netral) ketika macetnya masih memungkinkan bagi mobil untuk sedikit melaju. Juga, pastikan untuk selalu menggunakan rem dan pedal gas dengan hati-hati agar Anda dapat mengendalikan mobil Anda dengan aman di jalan yang macet.

Pengemudi yang mengerti cara menggunakan transmisi matic saat macet akan dapat mengoperasikan mobil dengan lebih aman dan efisien. Dengan mematuhi aturan ini, Anda akan mampu mengendalikan mobil Anda dengan aman dan tanpa masalah di jalan yang macet.

Baca Juga: Masih Mau Mobil Overheat Saat Macet? Ini Cara Mengatasinya

Sering Digunakan Stop & Go saat Macet, Lakukan Perawatan Transmisi Mobil Anda secara Rutin di DOMO Transmisi

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya