📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Berbahaya.. Inilah Penyebab Mobil Avanza Meledak

cara membersihkan injektor mobil avanza

Membayangkan mobil yang meledak tentu sangat mengerikan dan menakutkan. Meski jarang terjadi, namun mobil bisa meledak karena berbagai macam hal.

Hal ini juga bisa menimpa mobil Avanza. Penyebab Avanza meledak kadang membuat banyak pengemudi penasaran dan bertanya-tanya.

Bagaimana mobil yang terlihat prima bisa sampai terbakar kemudian meledak? Sebuah mobil yang digunakan setiap hari pastilah membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang dilakukan secara berkala.

Penyebab Terjadinya Mobil Sampai Meledak:

1. Kebocoran Pada Tangki Atau Selang Bahan Bakar

Kebocoran bisa dibilang menjadi salah satu pemicu utama ledakan pada mobil. Perlu diketahui bahwa di dalam mobil ada banyak cairan yang mudah terbakar.

Cairan ini antara lain bensin, oli mesin, oli power steering, transmisi, hingga cairan pendingin mesin pun bisa dengan mudah terbakar.

Semua bahan tersebut bisa terbakar apabila tangki atau selangnya mengalami kebakaran. Dengan sedikit percikan api saja, bahan yang bocor tersebut dapat dengan mudah terbakar dan bisa menimbulkan ledakan.

2. Gangguan atau Kerusakan Pada Listrik

Penyebab Avanza meledak selanjutnya adalah karena gangguan atau kerusakan pada listrik. Perlu diketahui bahwa hampir di seluruh body mobil terdapat jaringan listrik.

Terkait kelistrikan ini sangat erat kaitannya dengan aki. Apabila aki mengalami masalah, hal ini bisa mengakibatkan munculnyan gas hydrogen di ruang mesin.

Selanjutnya apabila kabel rusak, maka gas hydrogen bisa bocor dan dengan mudah dapat meledak bila terkena percikan api.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

3. Mesin Mengalami Overheat

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah mesin yang terlalu panas atau overheat. Mesin yang mengalami overheat memungkinkan suhu oli menjadi sangat panas dan dapat menetes ke bagian yang bisa menciptakan api.

Mesin yang panas atau overheat ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti radiator ataupun katup mesin yang tidak sempurna.

4. Kecelakaan Pada Mobil

Kecelakaan adalah suatu hal yang tidak diinginkan oleh siapapun, namun jika bicara mengenai penyebab Avanza Meledak, ini juga bisa terjadi karena kecelakaan. Kecelakaan yang keras dan berat dapat membuat tangki bahan bakar pecah atau bocor.

Dalam keadaan demikian, cairan yang mudah terbakar tersebut bisa saja menetas pada beberapa bagian yang muncul percikan api. Pada kasus kecelakaan, percikan api bisa berasal dari gesekan antar benda yang cukup keras.

Meski musibah bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja, namun alangkah lebih baik apabila kita juga berhati-hati dalam menggunakan mobil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak semestinya terjadi.

Langkah Pencegahan Antisipasinya:

1. Rawat Sistem Sirkulasi Bahan Bakar

Bahan bakar yang bocor menjadi penyebab yang serius terhadap ledakan pada mobil. Untuk itu, perawatan terhadap system sirkulasi bahan bakar perlu dilakukan agar mesin tetap awet.

Selain merawat system sirkulasi bahan bakar, hal lain yang juga tidak kalah penting adalah merawat tangki dan selang bahan bakar, oli dan cairan-cairan yang mudah terbakar lainnya.

Di saat anda mencium bau bensin atau bahan bakar di dalam mobil, segera cari tahu sumbernya dan dilakukan perbaikan.

2. Periksa Kondisi Aki

Kondisi aki yang kurang baik atau rusak bisa memunculkan gas hydrogen. Jika gas ini bocor dan terkena percikan api, maka bisa menumbulkan ledakan.

Untuk itu selalu rawat aki dan lakukan pergantian aki apabila terjadi masalah pada aki. Aki yang erat kaitannya dengan kelistrikan, bisa menimbulkan ledakan tidak hanya di salah satu sisi mobil namun juga hamper di seluruh bagian mobil. Ini karena listrik ada di hamper seluruh part atau bagian mobil.

3. Selalu Periksa Bagian Radiator dan Katup Mesin

Ruadiator dan Katup mesin yang rusak bisa menyebabkan mesin menjadi panas. Mesin yang terlampau panas ini juga bisa menyebabkan ledakan pada mobil.

Selalu rawat dan periksa secara rutin bagian radiator dan katup mesin. Kerusakan pada dua komponen tersebut bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna hingga memicu terjadinya ledakan.

4. Wasapada Saat Terjadi Kecelakaan

Saat mobil mengalami kecelakaan dengan benturan yang keras, hal ini sangat rawan dengan terjadinya ledakan.

Meski saat ini mobil telah disempurnakan dengan bahan yang lebih kuat dank eras, namun tidak menutup kemungkinan masih bisa menimbulkan gesekan hingga menyebabkan kebocoran pada bagian bahan bakar.

Jika kecelakaan terjadi, lebih baik pengemudi langsung menjauh dari mobil untuk mengantisipasi akan adanya ledakan pada mobil.

Demikianlah beberapa informasi yang bisa membantu anda mencegah munculnya penyebab mobil avanza meledak seperti beberapa kejadian belakangan ini. Terimakasih sudah membaca dan senang rasanya bisa membantu.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!