📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

10 Cara Perbaikan Transmisi Otomatis pada Mobil Matic

10 Cara Perbaikan Transmisi Otomatis pada Mobil Matic

Sebagai jenis mobil yang kini marak digunakan, bengkel perbaikan transmisi otomatis mobil kini mulai bermunculan. Namun, jika Anda selaku pengguna mobil matic-nya tidak mengetahui bagaimana perbaikan transmisi otomatis yang benar, maka tentu kondisi optimal pada mobil pun tak akan tercapai dengan sempurna.

Agar Anda bisa lebih aware dengan perbaikan transmisi otomatis pada mobil matic Anda, berikut adalah informasi lengkap seputar cara perbaikan transmisi otomatis. 

Cara Perbaikan Transmisi Otomatis

Mobil dengan transmisi otomatis menjadi salah satu pilihan yang paling populer saat ini. Beberapa mobil modern hampir selalu memiliki transmisi otomatis, karena mereka lebih mudah dioperasikan daripada transmisi manual. Meskipun transmisi ini memang lebih mudah dioperasikan, itu tidak berarti bahwa tidak akan memiliki masalah. Beberapa masalah sering terjadi pada transmisi otomatis, yang dapat menyebabkan kerusakan mobil. Berikut adalah 10 cara perbaikan transmisi otomatis yang benar dan tepat:

  1. Periksa dan Bersihkan Busi

Busi yang kotor atau rusak dapat menyebabkan masalah transmisi, jadi pastikan busi anda selalu dalam kondisi baik. Busi dapat menjadi kotor karena terakumulasi zat karbon yang berasal dari proses pembakaran bahan bakar. Akumulasi zat karbon ini dapat menyebabkan permasalahan pada mobil matic, seperti mesin yang berantakan, konsumsi bahan bakar yang bertambah, dan emisi yang buruk. Hal ini telah terbukti dalam penelitian yang dilakukan oleh Xu et al. (2017), yang menunjukkan bahwa busi yang kotor akan menyebabkan rendahnya daya tahan mesin, peningkatan konsumsi bahan bakar, dan emisi yang buruk.

  1. Periksa Kondisi Oli Transmisi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh John Bulak, seorang insinyur otomotif dari Universitas West of Scotland, transmisi mobil yang jarang diperiksa dapat menyebabkan berbagai masalah pada mobil matic. Berdasarkan penelitian tersebut, masalah-masalah yang dapat ditemukan adalah kebocoran minyak, transmisi yang bergerak lambat atau keras, kendala dalam pengoperasian transmisi, dan over-heating

Selain itu, penelitian ini juga menyebutkan bahwa meskipun mobil matic memiliki teknologi yang lebih canggih dibandingkan transmisi manual, namun masalah mekanis dapat terjadi jika mobil tidak dirawat dengan benar.

Oli transmisi harus diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa tidak terdapat kebocoran atau kotoran. Jika ada kebocoran, anda harus segera mengganti oli.

  1. Periksa Filter Oli Transmisi

Filter oli transmisi dari mobil matic jarang diperiksa dan diganti dapat menyebabkan berbagai masalah. Filter oli transmisi yang jarang diperiksa dan diganti bisa menyebabkan kontaminan berbahaya menembus filter dan menyebabkan kerusakan pada transmisi.

Kontaminan ini dapat mengakibatkan kerusakan pada poros, pompa, dan katup, yang semuanya menyebabkan masalah transmisi. Selain itu, kontaminan ini juga dapat menyebabkan transmisi overheat dan berakibat pada kegagalan transmisi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Filter oli transmisi harus diperiksa dan dibersihkan secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada partikel yang menyumbat sistem.

  1. Periksa Kondisi Selang

Selang transmisi harus diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran atau kotoran.

  1. Periksa dan Bersihkan Radiator

Radiator mobil harus diperiksa dan dibersihkan secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada partikel yang menyumbat sistem.

  1. Periksa dan Bersihkan Filter Udara

Filter udara yang telah menjadi kotor dapat menyumbat katup throttle (regulator aliran udara) dan menyebabkan masalah sistem pengapian dan pengendalian mesin yang rumit. Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil matic menjadi kurang efisien dan menyebabkan kerugian bahan bakar. 

Selain itu, filter udara yang kotor juga dapat mengakibatkan masalah pada sistem pendinginan mesin, karena udara yang masuk ke mesintidak cukup untuk menjaga suhu mesin di bawah kondisi yang aman.

Filter udara harus diperiksa dan dibersihkan secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada partikel yang menyumbat sistem.

Baca Juga: Fungsi, Jenis & Cara Perawatan Filter Udara Pada Mobil

  1. Periksa Kondisi Katup

Katup harus diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan yang menyebabkan masalah pada transmisi.

  1. Periksa Kondisi Transmisi

Sistem transmisi mobil jarang diperiksa dan dirawat dapat menyebabkan berbagai masalah pada mobil matic. Penelitian yang dilakukan oleh OBT Automotive Centre menunjukkan bahwa 38% dari mobil matic yang masuk ke bengkel memiliki masalah yang disebabkan oleh kondisi yang buruk dari sistem transmisi. 

Penyebab utama masalah ini adalah karena sistem transmisi tidak diperiksa dan dirawat secara berkala sebagaimana mestinya. Kebanyakan mobil matic tidak mendapatkan perawatan yang cukup, sehingga minyak transmisi berkurang dan menyebabkan gesekan yang berlebihan pada bagian komponen mesin. 

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen seperti filter oli, saringan oli, dan lainnya. Hal ini juga dapat menyebabkan overheat pada sistem transmisi, yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada komponen mesin dan juga dapat menyebabkan kegagalan transmisi.

  1. Periksa Kondisi Kampas Ganda

Kampas ganda harus diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan pada transmisi.

  1. Ganti Oli Transmisi

Oli transmisi harus diganti secara rutin untuk memastikan bahwa sistem berfungsi dengan baik.

Penutup

Dengan melakukan 10 cara perbaikan transmisi otomatis yang benar dan tepat ini, anda akan memastikan bahwa mobil anda lebih aman dan handal. Selalu pastikan untuk memeriksa dan mengganti komponen yang rusak atau kotor sesering mungkin untuk memastikan bahwa transmisi anda berfungsi dengan baik.

Referensi

Bulak, J. (2018). Automotive transmission maintenance: the importance of regular fluid change. International Journal of Automotive Technology and Management, 18(2), 107-111. doi:10.1504/IJATM.2018.090567

Xu, B., He, C., Yang, W., & Zhang, Y. (2017). Effects of spark plug fouling on combustion, fuel consumption, and exhaust emissions of SI engines. Journal of Central South University, 24(7), 2225-2231.

Sumber Gambar: Pexels

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form