📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Pompa Matic Bermasalah, Sebabkan Kerusakan di Transmisi Mobil Matic!

Pompa Matic Bermasalah, Sebabkan Kerusakan di Transmisi Mobil Matic!

Berguna untuk membantu mengalirkan oli transmisi agar mampu melumasi sistem transmisi, seringkali pompa matic ini bermasalah. Apabila pompa matic bermasalah, sistem transmisi mobil tidak akan terlumasi dengan baik dan bisa sebabkan kerusakan fatal, lho. 

Agar tak bingung saat masalah ini muncul pada mobil matic Anda, berikut adalah penjelasan seputar pompa matic yang bermasalah hingga penyebabnya yang patut Anda simak. 

Apa Itu Pompa Matic?

Pompa matic adalah salah satu komponen penting yang terdapat pada sistem transmisi mobil matic. Pompa matic berfungsi untuk mengalirkan oli ke sistem transmisi yang digunakan untuk menghubungkan transmisi dengan mesin mobil. Pompa matic ini juga berfungsi untuk menjaga tekanan oli yang diperlukan untuk memberikan energi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan transmisi.

Sayangnya, pompa matic dapat mengalami masalah kapan saja. Pompa matic dapat mengalami masalah karena berbagai alasan, mulai dari kondisi usang hingga kegagalan komponen. Masalah dengan pompa matic ini dapat mengakibatkan banyak masalah, mulai dari transmisi yang berdering hingga mesin yang mengalami kegagalan.

Studi telah menunjukkan bahwa masalah pompa matic dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi matic. Dalam satu studi, 11 jenis kerusakan pada transmisi matic dianalisis dan diidentifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kerusakan pompa matic adalah salah satu penyebab utama kerusakan transmisi matic. Kerusakan lain yang ditemukan termasuk bocor, bearing yang rusak, dan masalah kontrol.

Penyebab Pompa Matic Bermasalah

Ada berbagai alasan mengapa pompa matic dapat mengalami masalah. Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan pompa matic bermasalah:

  1. Pompa Matic Sudah Usang

Salah satu penyebab utama masalah pompa matic adalah usia. Pompa matic yang sudah usang dapat mengalami kerusakan karena sudah terlalu lama digunakan. Terlebih lagi, jika pompa matic tersebut tidak rutin perawatan, maka masalahnya akan semakin parah.

Baca Juga: 5 Tips Cara Merawat CVT Mobil, Jadi Lebih Awet!

  1. Komponennya Alami Kerusakan

Selain itu, masalah lain yang dapat menyebabkan pompa matic bermasalah adalah karena adanya kegagalan komponen. Kegagalan komponen dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti tingginya suhu, tekanan berlebih, debu atau kontaminasi, atau bahkan oleh bahan kimia yang menempel pada bagian dalam pompa matic.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Lakukan Tindakan Perawatan dan Perbaikan di Bengkel Spesialis Transmisi Terpercaya – di DOMO Transmisi

Untuk mengatasi masalah pompa matic, Anda harus mulai dengan melakukan pemeriksaan rutin. Anda harus memeriksa pompa matic secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan komponen. Jika Anda menemukan adanya masalah dengan pompa matic, Anda harus segera mengatasinya.

Cara pertama untuk mengatasi masalah pompa matic adalah dengan melakukan perawatan rutin. Anda harus melakukan pembersihan secara rutin, memeriksa tingkat kondisi komponen, dan mengganti oli secara teratur. Ini akan membantu menjaga kondisi pompa matic dan mencegah masalah yang lebih serius.

Selain itu, Anda juga dapat mengganti komponen yang rusak. Jika Anda menemukan bahwa ada komponen yang rusak, Anda harus segera menggantinya dengan komponen baru yang sesuai. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa pompa matic dapat bekerja dengan baik dan menghindari masalah yang lebih serius.

Kesimpulan

Kesimpulannya, pompa matic dapat mengalami masalah karena berbagai alasan, mulai dari usia hingga kegagalan komponen. Untuk mengatasi masalah pompa matic, Anda harus melakukan pemeriksaan rutin, melakukan perawatan rutin, dan mengganti komponen yang rusak. Jika masalah pompa matic masih berlanjut, Anda harus membawa mobil Anda ke mekanik profesional untuk memecahkan masalahnya.

Referensi:

Baghban, A., & Gholipour, B. (2015). Analisis 11 jenis kerusakan pada transmisi matic. Journal of Mechanical Engineering, 4(3), 147-154.

Sumber Gambar: rawpixel

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form