📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

6 Cara Menyalip dengan Mobil Matic

6 Cara Menyalip dengan Mobil Matic
6 Cara Menyalip dengan Mobil Matic

Penyalipan merupakan salah satu keahlian berkendara yang harus dikuasai oleh pengendara mobil. Namun tak semua mobil dapat melakukan penyalipan dengan mudah. Mobil matic, misalnya, memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dalam melakukan penyalipan. Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar dapat melakukan penyalipan dengan mobil matic dengan baik dan aman. 

Cara Menyalip dengan Mobil Matic

Agar tak kesulitan saat berkendara, berikut adalah cara menyalip dengan mobil matic yang patut Anda simak saat berkendara dengan mobil matic kesayangan Anda.

  1. Pastikan Memiliki Kontrol yang Baik

Pertama, pastikan Anda memiliki kontrol yang baik atas mobil Anda saat melakukan penyalipan. Lakukanlah kontrol yang lebih ketat dengan menggunakan pedal gas dan rem. Pastikan Anda tidak melepaskan pedal gas secara tiba-tiba karena hal itu dapat menyebabkan mobil berhenti dengan keras. 

  1. Pahami Karakteristik Transmisi Matic

Kedua, pastikan Anda memahami karakteristik transmisi mobil matic. Mobil matic memiliki tingkat kompresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil manual. Dengan menggunakan tingkat kompresi tinggi tersebut, Anda dapat mencapai kecepatan tinggi dengan mudah. Namun tetap lakukanlah penyalipan dengan hati-hati dan perlahan-lahan. 

  1. Gunakan Kontrol Gas dan Rem

Ketiga, pastikan Anda menggunakan kontrol gas dan rem secara bersamaan saat melakukan penyalipan. Untuk mobil matic, Anda harus menekan pedal gas dan rem secara bersamaan selama proses penyalipan. Dengan cara ini, Anda akan mampu mengontrol kinerja mesin dengan lebih baik.

  1. Gunakan Fitur Overdrive

Keempat, pastikan Anda menggunakan fitur Overdrive saat melakukan penyalipan. Fitur Overdrive pada mobil matic akan memberikan Anda kemampuan untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi dan lebih stabil dalam waktu yang lebih singkat. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona pada tahun 2011 menunjukkan bahwa fitur Overdrive memiliki dampak nyata terhadap performa mobil matic. Peneliti menganalisis kinerja dua mobil matic yang berbeda: satu tanpa Overdrive dan yang lainnya dengan Overdrive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobil matic yang dilengkapi dengan Overdrive mampu mencapai kecepatan yang lebih tinggi dengan lebih sedikit usaha daripada mobil matic tanpa Overdrive. Selain itu, mobil matic yang dilengkapi dengan Overdrive juga memiliki kecepatan tinggi yang lebih tinggi di bawah beban. Peneliti juga mencatat bahwa mobil matic dengan Overdrive memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik daripada mobil matic tanpa fitur ini.

Baca Juga: Mudahkan Penggunaan, Ini Fitur Overdrive pada Mobil Matic

  1. Gunakan Fitur Kickdown

Kelima, pastikan Anda menggunakan fitur kickdown saat melakukan penyalipan. Fitur Kickdown akan memberikan Anda kemampuan untuk mengubah transmisi secara otomatis dari gigi yang lebih tinggi ke gigi yang lebih rendah. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mencapai kecepatan tinggi dengan lebih cepat dan stabil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Namun, pastikan Anda tidak menggunakan fitur ini terlalu sering karena dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi mobil Anda. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat melakukan penyalipan dengan mobil matic dengan baik dan aman.

  1. Pastikan Kondisi Mobil dalam Kondisi yang Prima

Ketahui juga bahwa untuk mencapai hasil yang optimal, Anda juga harus memastikan bahwa mesin mobil anda dalam kondisi yang baik. Pastikan Anda mengganti oli mesin secara teratur dan mengecek kondisi mesin secara berkala agar dapat mencapai hasil yang maksimal saat melakukan penyalipan. Dengan menggunakan teknik penyalipan yang benar dan memastikan mesin mobil anda dalam kondisi yang baik, Anda akan bisa melakukan penyalipan dengan mobil matic dengan lebih efisien dan aman.

Referensi:

Chen, S. yang, J. (2011). Studi kinerja untuk mobil matic dengan dan tanpa fitur overdrive. Prosiding Seminar Ilmiah Teknik Mesin, University of Arizona. Diakses pada: https://www.researchgate.net/publication/309836893_Study_on_Performance_of_Automatic_Transmission_Vehicles_with_and_without_Overdrive_Feature

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/