📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Umur Transmisi Matic Mobil, Mampu Bertahan Berapa Lama?

Umur Transmisi Matic Mobil, Mampu Bertahan Berapa Lama

Transmisi matic pada mobil adalah sebuah komponen penting yang jika diperlakukan dengan baik, dapat bertahan selama bertahun-tahun. Namun tetap memiliki batasan masa pakai, berikut ini adalah berapa lama umur transmisi matic mobil dapat bertahan.

Masa Umur Transmisi Matic Mobil Dapat Bertahan

Umur transmisi matic mobil tergantung pada berbagai faktor. Kebanyakan transmisi matic yang benar-benar dirawat dapat bertahan selama 300.000 km atau setara 5 hingga 7 tahun. Untuk itu, sangat penting bagi Anda yang menggunakan mobil matic untuk selalu merawat kondisi transmisi mobil agar senantiasa awet dan paripurna dalam penuhi kebutuhan mobilitas Anda. 

Kunci Umur Transmisi Matic Mobil Bertahan Lama

Kunci Umur Transmisi Matic Mobil Bertahan Lama

Pemeliharaan yang tepat adalah kunci untuk umur transmisi matic yang lama. Jika kendaraan Anda dipelihara dengan benar, transmisi matic dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa masalah. 

  1. Rutin Mengganti Oli Transmisi Mobil

Mengganti oli setiap 15.000 km, dan memastikan bahwa semua saringan dan komponen lainnya dijaga dengan baik. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara melakukan pemeliharaan yang tepat, jangan ragu untuk bertanya kepada mekanik atau ahli transmisi Anda.

  1. Penggunaan yang Bertanggung Jawab dan Tidak Berlebihan

Penggunaan yang tepat juga dapat membantu umur transmisi matic Anda. Banyak transmisi matic memiliki gaya berkendara yang berbeda yang harus diikuti agar komponen berfungsi dengan benar. Misalnya, pemilik kendaraan matic harus menghindari memutar roda kendaraan mereka secara tiba-tiba dengan menggunakan gas pada saat yang bersamaan. Ini dapat menyebabkan transmisi untuk bergerak terlalu cepat, yang dapat menyebabkan kerusakan.

  1. Jenis Transmisi Matic yang Digunakan

Jenis transmisi matic juga mempengaruhi umur transmisi. Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) dan transmisi automatik modern memiliki umur yang lebih panjang daripada transmisi matic yang lebih tua. Jadi, jika Anda membeli mobil baru, Anda akan mendapatkan transmisi yang lebih baru yang akan bertahan lebih lama daripada yang lebih tua.

  1. Penggunaan Oli Transmisi Matic yang Tepat

Selain pemeliharaan dan penggunaan yang tepat, beberapa faktor lain juga mempengaruhi umur transmisi matic. Salah satunya adalah jenis oli yang Anda gunakan. Beberapa jenis oli bisa menyebabkan masalah pada transmisi matic jika digunakan selama jangka waktu yang lama. Ini berarti bahwa Anda harus memastikan untuk menggunakan jenis oli yang direkomendasikan oleh pabrik mobil Anda.

Baca Juga: 2 Cara Cek Oli Transmisi Mobil Matic

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Menghindari Berkendara di Medan Lintasan yang Buruk

Anda juga harus menjaga kendaraan Anda dari kondisi jalan yang buruk. Jalan yang berlubang dan berbatu dapat membuat komponen-komponen transmisi matic menjadi lebih cepat rusak. Itu sebabnya menjaga mobil Anda dari jalan yang buruk adalah cara yang bagus untuk memastikan umur transmisi matic yang baik.

Kesimpulan

Jadi, berapa lama umur transmisi matic mobil? Ini tergantung pada berbagai faktor, termasuk pemeliharaan, penggunaan, jenis oli, dan kondisi jalan. Namun, secara umum, transmisi matic yang dipelihara dengan benar dapat bertahan selama mobil sudah mencapai jarak 300.000 km atau setara 5 hingga 7 tahun.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya