New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Avanza Overheat

Waspadai! 2 Tanda Avanza Overheat yang Harus Ditangani

Biasanya avanza overheat ketika mengalami perjalanan jauh sehingga menyebabkan suhu mobil terlalu panas dan mengalami mogok di jalan. Namun tahukah Domolovers, ciri-ciri mobil overheating itu seperti apa dan bagaimana mengatasinya. Oleh sebab itu, saya sebagai penulis yang baik ingin membagikan ilmu gratis kepada Anda sekalian, mengenai tanda mobil avanza Anda overheat. Dan tentu saja tindakan atau langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah dan jika sudah terjadi.

Ini Dia Tanda Tanda Avanza Overheat

biaya ganti packing mesin mobil - Avanza Overheat

Overheat adalah sebuah kondisi dimana mesin mencapai suhu tinggi secara ekstrem sehingga menyebabkan masalah seperti mesin mati mendadak atau tiba-tiba di depan mengeluarkan kabut dari kap mobil. Sebagian dari kita akan menganggap hal ini biasa saja, namun tahukah Domolovers bahwasanya mobil yang keseringan terkena overheat akan membawa dampak negatif jangka panjang bagi performa dan kesehatan dompet Anda sendiri.

Maka dari itu, berikut ini adalah tanda-tandanya Avanza Overheat :

  • adanya kejadian ngelitik, terutama saat perjalanan jauh. Misalnya dari kantor pusat ke Karawang timur
  • Mesin mobil jadi tidak bertenaga dan sering ngempos atau kosong, jadi terasa tidak ada tarikannya di RPM tertentu
  • Suhu temperatur diatas batas wajar, jika biasanya batas itu ditengah sekarang saat macet meterannya akan naik menuju ke atas namun akan turun lagi saat mobil berjalan
  • Saat overheating terjadi, AC tiba-tiba mengeluarkan hawa panas
  • Jika overheat sering terjadi dan bukan satu kali atau dua kali, ada penurunan performa mesin. Mesin jadi gampang ngos-ngosan

Penyebab Mesin Avanza Panas Berlebihan

Avanza Overheat

Terdapat bermacam-macam masalah yang bisa memicu Mesin Mobil Avanza menjadi overheat seperti masalah berikut yang akan saya jelaskan beserta solusinya :

  • Radiator

Ya, penyebab Avanza Overheat yang pertama memang radiator. Radiator sendiri memiliki peran sebagai sistem pendinginan mesin mobil dimana sistem pendingin ini sebagai penstabil suhu mesin mobil agar saat melakukan pembakaran tidak terjadi overheat. Caranya dengan menyerap suhu panas dari mesin yang kemudian dialirkan lewat cairan coolant atau air pendingin.

Jika suatu hari, Avanza Anda mengalami overheat ada baiknya melakukan langkah berikut ini ya:

  • Jika tiba-tiba mesin mobil mati, segera pasang lampu hazard dan tanda hazard dengan jarak dari belakang mobil 2 meter.
  • setelah itu, buka kap mobil, hati-hati saat membuka tuas kap mobil, kalau bisa gunakan lap basah karena tuas kap bisa jadi panas sekali akibat posisinya dekat radiator
  • Jangan buka tutup radiator. Jika hal ini Anda lakukan maka dapat menyebabkan semburan hebat keluar dari radiator, akibatnya Anda akan mengalami cedera luka bakar serius
  • Periksa reservoir radiator, jika terlihat hampir habis tambahkan coolant jika tidak ada bisa Anda beri air sebagai langkah darurat.
  • Panggil bantuan, jangan memutuskan untuk jalan kembali. Karena biasanya sepengalaman penulis jika Anda memutuskan untuk jalan kembali, setelah sampai bengkel kerusakan akan lebih parah. Bisa jadi Anda harus merogoh kocek dalam untuk turun mesin.
  • Selang Radiator Bocor

Selang radiator bisa bocor karena memang sudah waktunya ganti atau karena sebab lain seperti karena klem selang radiator longgar dan sudah aus. Sehingga klem tersebut mudah lepas dan longgar walaupun sudah dikencangkan sedemikian rupa. Ciri dari klem longgar adalah adanya air radiator yang menetes dari sambungan selang ke radiator. Solusi untuk masalah ini, jika masih bisa dikencangkan, kencangkan. Namun jika sudah dol saatnya diganti dengan yang baru. Domolovers dapat membeli sparepart ini di bengkel mobil terpercaya atau ecommerce.

Baca Juga : Bersihkan Mesin Mobil

Penyebab avanza overheat karena selang radiator bocor adalah keroposnya sambungan selang radiator ke mesin. Akibatnya selang radiator tidak bisa menutup dengan sempurna meskipun klem sudah dikencangkan berulang kali. Solusi untuk masalah avanza overheat kedua ini adalah dengan mengganti rumah thermostat atau water inlet. Atau jika memang dalam kondisi darurat, Domolovers bisa melapisi dengan silikon red atau threebond secukupnya pada rumah thermo atau saluran air menuju radiator serta saluran air dari selang radiator ke mesin.

Penyebab lain selang radiator bocor bisa terjadi karena meledak atau bahkan pecah. Jika hal ini terjadi lebih baik selang diganti dengan yang baru.

  • Kipas Radiator Rusak

Penyebab Avanza overheat bisa jadi kipas radiator rusak. Kipas radiator sendiri ini fungsinya untuk mendinginkan area radiator dimana membutuhkan sirkulasi udara keluar masuk. Jika kipas radiator ini mati atau rusak maka otomatis tidak ada aliran udara yang mendinginkan coolant pada radiator.

Penyebab kipas radiator rusak atau mati bisa karena putusnya kabel konektor ke kipas. Kabel yang terputus karena sudah usang akan membuat arus listrik menjadi naik turun dan berhenti. Tentu saja akan menghambat kipas untuk berputar. Selain itu, penyebab lainnya adalah sekring kipas yang putus. Sekring sendiri berfungsi sebagai pengaman untuk mencegah arus listrik berlebih masuk ke dalam rangkaian. Jika benar, sekring putus maka ada baiknya untuk memeriksa seluruh rangkaian kipas, tentu saja agar terhindar dari konslet arus listrik.

Avanza overheat dapat terjadi karena berbagai sebab oleh karena itu kepekaan terhadap mesin dan komponennya sangat dibutuhkan. Namun bagaimana jika anda orang awam dan tidak mengerti mesin mobil sama sekali? Jangan khawatir dan bingung, sebab Dokter Mobil menawarkan solusinya. Di Dokter Mobil, Avanza overheat anda akan kami rawat, perbaiki. Bahkan ketika anda tidak ada waktu untuk ke bengkel kami. Tenang! Hubungi kami dan biarkan teknisi kami datang ke rumah anda, tentunya dengan protokol kesehatan sesuai standar kesehatan yang berlaku.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 47851

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya