📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Transmisi Mobil Matic?

Kapan Ganti Oli Transmisi Mobil Matic yang Tepat

Pelajari kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi mobil matic dengan panduan lengkap kami. Temukan tanda-tanda kerusakan dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk menjaga kinerja optimal kendaraan Anda.

Mengganti oli transmisi mobil matic adalah bagian penting dari perawatan rutin kendaraan Anda. Dalam panduan ini, kami akan membahas kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli transmisi mobil matic serta pentingnya tindakan ini untuk menjaga kinerja optimal kendaraan Anda.

Kapan Harus Mengganti Oli Transmisi Mobil Matic?

Penggantian oli transmisi mobil matic sebaiknya dilakukan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Umumnya, interval penggantian oli transmisi berkisar antara 30.000 hingga 60.000 kilometer, tergantung pada merek dan model mobil Anda.

Tanda-tanda Oli Transmisi Perlu Diganti

Beberapa tanda-tanda bahwa oli transmisi mobil matic perlu diganti termasuk perubahan warna oli menjadi gelap, bau yang tidak sedap, atau terdengar suara berisik saat transmisi beroperasi. Jika Anda mengalami salah satu tanda-tanda ini, segeralah lakukan penggantian oli transmisi.

Langkah-langkah untuk Mengganti Oli Transmisi Mobil Matic

  1. Persiapan: Pastikan mobil berada di permukaan yang datar dan mesin sudah hangat.
  2. Pembuangan Oli Lama: Lepaskan baut penutup transmisi dan biarkan oli lama mengalir keluar.
  3. Pemasangan Filter Baru: Ganti filter oli transmisi lama dengan yang baru.
  4. Pengisian Oli Baru: Isi transmisi dengan oli transmisi baru sesuai dengan spesifikasi pabrikan.
  5. Pengujian: Jalankan mesin dan periksa apakah ada kebocoran atau masalah lainnya.

Dengan mengikuti panduan ini dan melakukan penggantian oli transmisi secara teratur, Anda dapat memastikan kinerja yang optimal dan umur panjang untuk transmisi mobil matic Anda.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik profesional jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran.

Ketika berbicara tentang perawatan mobil, salah satu bagian yang paling penting adalah menjaga oli transmisi tetap baik.

Jika Anda mengabaikan hal ini, maka Anda meningkatkan risiko kerusakan pada komponen dan menurunkan efisiensi mobil.

Namun, jika Anda terlalu sering mengganti oli transmisi, maka Anda dapat menghabiskan uang secara tidak perlu.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi mobil Anda. 

Inilah Waktu yang Tepat untuk Kapan Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Inilah Waktu yang Tepat untuk Kapan Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Meski oli transmisi mobil didesain sedemikian rupa agar kondisinya bisa tangguh dan tak mudah rusak, sejatinya seluruh bagian oli pada mobil memang wajib dilakukan pergantian secara berkala, termasuk oli transmisi mobil.

Hal ini karena oli transmisi mobil yang kualitasnya sudah buruk tidak mampu melumasi komponen transmisi mobil dengan baik, sehingga kinerja transmisi mobil akan terganggu dan performa mobil pun tak akan berjalan dengan maksimal. 

Untuk waktu kapan ganti oli transmisi mobil matic pun bisa berbeda-beda, hal ini bergantung pada jenis mobil hingga riwayat perjalanan mobilnya.

Agar tak salah langkah, berikut ini adalah waktu yang tepat untuk kapan ganti oli transmisi mobil matic. 

  1. Saat Mobil Sudah Menempuh Jarak 15.000 hingga 20.000 km

Waktu ideal untuk ganti oli transmisi mobil matic adalah sekitar setiap 15.000 hingga 20.000 kilometer atau setiap 12 bulan.

Namun, sesuai dengan manual pemilik mobil, Anda harus mengikuti interval penggantian oli yang ditentukan.

Jika Anda menggunakan mobil Anda setiap hari, maka pastikan Anda memeriksa tingkat oli secara rutin dan memiliki oli diisi hingga tingkat yang ditentukan.

  1. Tinggal di Area Tropis? Ini Waktu untuk Kapan Ganti Oli Transmisi Mobil Matic yang Tepat

Ganti oli transmisi mobil tidak harus dilakukan lebih sering jika tinggal di daerah tropis. Kebutuhan ganti oli transmisi mobil ditentukan oleh jumlah penggunaan, keadaan jalan, dan kondisi mesin.

Jika Anda mengikuti panduan pemeliharaan standar dari pabrikan, ganti oli transmisi mobil tidak perlu lebih sering dilakukan.

Sehingga waktu untuk kapan ganti oli transmisi mobil matic yang tepat adalah mengikuti arahan standar, yakni saat mobil matic sudah mencapai jarak tempuh 15.000 hingga 20.000 km. 

  1. Untuk Mobil yang Dijalankan secara Stop & Go, Ganti Oli Transmisi Mobil Setiap 5.000 – 10.000 km

Jika mobil matic Anda dijalankan dengan cara stop & go, Anda harus memeriksa dan mengganti oli transmisi mobil lebih sering, sekitar setiap 5.000-10.000 km.

Hal ini untuk memastikan bahwa oli transmisi mobil Anda tetap dalam kondisi yang baik dan bisa melakukan fungsi yang dibutuhkan.

Anda juga harus memeriksa kondisi oli transmisi mobil secara rutin dan melakukan pergantian jika diperlukan.

Waktu ganti oli transmisi mobil matic di jarak tempuh ini karena kinerja transmisi mobil memiliki beban yang sangat besar saat mobil dijalankan dengan cara stop & go – seperti saat macet.

Untuk itu pastikan ganti oli transmisi mobil secara berkala jika mobil Anda sering digunakan di lalu lintas yang padat. 

Baca Juga: Posisi Transmisi Matic saat Macet, Idealnya Di Mana?

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Waktu Kapan Ganti Oli Transmisi Mobil yang Tepat

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda menggunakan oli transmisi yang tepat untuk mobil Anda.

Mungkin ada beberapa oli transmisi yang dapat Anda gunakan pada mobil Anda, tetapi Anda harus tetap memastikan bahwa Anda menggunakan yang tepat.

Hal ini penting karena jenis oli transmisi yang berbeda dapat berdampak pada kinerja dan umur pakai transmisi Anda. 

Selain itu, jika Anda menggunakan mobil untuk tujuan lain seperti menarik trailer, mengangkut beban berat, atau mengemudi jarak jauh, maka Anda mungkin juga perlu mengganti oli transmisi lebih sering.

Hal ini karena oli transmisi dapat terusik oleh kondisi berat lalu lintas, dan Anda harus mengganti oli secara teratur untuk memastikan kinerja yang optimal. 

Ketika memutuskan untuk mengganti oli transmisi, Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki peralatan yang tepat.

Ini termasuk penyedot oli, filter oli, bahan pelumas, dan alat lain yang diperlukan untuk mengganti oli.

Teknik mengganti oli transmisi juga dapat berbeda dari satu jenis mobil ke jenis lain, jadi Anda harus membaca manual pemilik Anda untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat. 

Pada akhirnya, waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi mobil Anda adalah ketika Anda sudah memasuki jumlah mil yang direkomendasikan oleh produsen atau lebih sering jika Anda menggunakan mobil untuk tujuan khusus.

Jika Anda mengikuti petunjuk ini, Anda dapat menjamin bahwa oli transmisi Anda akan berfungsi dengan baik dan akan mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh oli kotor.

  Jadi, periksalah dan pastikan Anda mengganti oli transmisi Anda secara teratur.

Akhir Kata

Dengan mengikuti petunjuk kapan ganti oli transmisi mobil matic ini, Anda akan memastikan bahwa mobil Anda berkinerja baik dan tidak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh jarang ganti oli transmisi.

Jadi, pastikan Anda mengganti oli transmisi mobil Anda sesuai dengan petunjuk produsen dan menggunakan oli transmisi yang tepat.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya