🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Ciri-Ciri Alternator Mobil Rusak Dan Cara Mengatasinya

ciri-ciri alternator mobil rusak

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya mengetahui ciri-ciri alternator mobil rusak. Alternator mobil sendiri nama lainnya adalah dinamo.

Alternator ini pada umumnya berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk pembangkit listrik untuk semua komponen-komponen yang ada di dalam mobil.

Lebih tepatnya yaitu komponen yang membutuhkan tenaga listrik sebagai bahan penggeraknya contoh komponen yang menggunakan listrik seperti AC mobil lampu mobil dan juga wiper mobil. Jadi alternator ini adalah komponen yang membantu agar mobil dapat difungsikan.

Ciri-Ciri Alternator Mobil Rusak Harus Anda Pahami

ciri-ciri alternator mobil rusak

Ada banyak sekali ciri-ciri alternator mobil rusak. Alternator mobil sendiri merupakan salah satu dari tiga komponen mobil yang sangat penting. Jadi disamping memperhatikan aki, kita sebagai pemilik kendaraan juga harus memperhatikan bagian alternator mobil.

Karena biar bagaimanapun semua komponen dalam mobil ini saling berkaitan. Jadi jika bagian alternator bermasalah maka yang lain juga akan mengalami gangguan fungsi.

Langsung saja berikut ciri-ciri alternator mobil rusak yang perlu kalian ketahui :

  1. Tercium bau terbakar

Ciri-ciri alternator mobil rusak yang pertama adalah adanya bau terbakar. Karena alternator sendiri merupakan salah satu komponen dari pembangkit listrik untuk mesin mobil.

Alternator memiliki kaitan yang sangat erat dengan proses berjalannya atau bekerjanya aki mobil. Jadi saat aki mobil tidak bekerja dengan baik, kita sebaiknya mengecek bagian dinamo.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Jadi secara garis besar, alternator mobil ini fungsinya seperti pengisi setrum aki saat komponen mesin mobil sedang bekerja. Alternator ini adalah bagian yang sangat penting agar mobil dapat berjalan dengan baik dan pengendara dapat menikmati perjalanan yang nyaman.

Jadi jika saat berkendara mencium bau terbakar yang asalnya dari bagian mesin mobil, hal ini perlu diwaspadai sebagai ciri-ciri alternator mobil rusak.

Hal ini biasanya dapat terjadi karena mesin mobil bekerja dengan sangat berat. atau juga bisa karena aki mobil tidak mau melakukan beban kerja sesuai dengan yang diperintahkan oleh tuas kemudi.

  1. Timbul suara decitan

ciri-ciri alternator mobil rusak yang selanjutnya adalah timbulnya suara decitan. Sebagai pengendara mobil, biasanya akan langsung merasakan bahwa bila ada ketidaknyamanan maka ada masalah pada mesin mobil.

Apalagi jika sampai muncul suara decitan yang asalnya dari bagian mesin mobil. Karena pada mesin-mesin kendaraan biasanya suara decitan ini adalah akibat oleh tergesernya atau tergelincirnya suatu komponen dalam mesin mobil.

  1. Lampu sorot mobil meredup

Redupnya lampu sorot mobil juga menjadi salah satu ciri-ciri alternator mobil rusak. Namun sebenarnya, lampu sorot ini hanyalah sebagai suatu peringatan kecil. Jadi pengendara masih harus memastikannya dengan mengecek komponen-komponen lain.

Baca Juga : Gas Mobil Tidak Stabil Memicu Hal Fatal

Redupnya lampu sorot pada mobil memang terkadang tampak sepele, namun sebaiknya tidak diabaikan. Karena hal ini juga berkaitan erat dengan suatu keselamatan saat sedang berkendara.

Jika hal ini diabaikan, bisa saja akan menimbulkan kerusakan yang lebih besar pada kerusakan mesin mobil. Tentunya hal ini akan mengakibatkan dampak yang tidak baik pada kendaraan dan juga keamanan perjalanan.

  1. Lampu indikator mobil menyala

Lampu indikator mobil yang menyala juga menjadi salah satu dari ciri-ciri alternator mobil rusak. Jadi menyalanya indikator ini akan langsung menjadi tanda pada kondisi yang terjadi pada alternator. Jika memang tidak bisa segera memperbaikinya, sebaiknya kita segera membawa mobil ke bengkel.

  1. Aki tidak berfungsi dengan baik

Tidak berfungsinya aki biasanya adalah karena cairan dalam aki yang sudah mulai habis dan perlu diganti. Namun dalam beberapa kasus, jika aki tidak berfungsi juga bisa menjadi ciri-ciri alternator mobil rusak.

Karena seperti yang telah dijelaskan pada penjabaran di atas, bahwa alternator mobil menjadi bagian penting dari pembangkit listrik yang langsung berhubungan dengan aki mobil.

Jadi kalau aki tidak bekerja dengan baik, itu tidak selalu menjadi tanda bahwa aki mengalami kerusakan. Jadi sebaiknya tidak buru-buru mengganti aki sebelum mengecek lebih dalam ke dalam alternator atau dinamo mobil.

  1. Adanya pasokan listrik berlebih

Pasokan listrik yang berlebih juga menjadi ciri-ciri alternator mobil rusak. Karena tegangan yang harus diterima pada umumnya tidak boleh lebih dari 15 volt.

Jadi ketika tegangannya melebihi 15 volt, maka hal ini bisa menjadi tanda bahwa alternator atau dinamo mobil mengalami kerusakan.

  1. Terjadi masalah pada baterai

Jika alternator mobil mengalami masalah, maka Kondisi baterai juga akan langsung terkena dampaknya. Biasanya kerusakan baterai ini bisa karena berbagai alasan utamanya ada karena alasan kegagalan sistem.

Jadi untuk mengeceknya kita bisa menyalakan mesin kendaraan dan memperhatikan pada kondisi jumper baterai. Langkah selanjutnya adalah kita harus mengecek pada kabel yang terhubung dengan jumper.

Jika saat dilepas mesin kendaraan masih menyala, maka masalahnya adalah terletak pada baterai. Namun ketika kabel ini dilepas mesin mobilnya mati, maka yang rusak adalah bagian alternator mobil.

Cara Mengatasi Dan Merawat Alternator Mobil

Setelah mengetahui poin-poin terkait ciri-ciri alternator mobil rusak, kalian juga harus tahu bagaimana cara merawat alternator mobil. Karena jika dirawat dengan baik, kerusakan alternator mobil dapat diminimalisir. Jadi ada cara apa saja untuk merawatnya ? Berikut daftarnya :

  1. Rutin mengecek kondisi kabel

Bagian kabel pada mesin mobil adalah komponen yang sangat penting. Karena jika komponen kabel ini terganggu, kerja alternator juga akan terkena dampaknya.

Jadi kita harus selalu memastikan agar bagian kabel tidak terkelupas dan tidak bersentuhan dengan peranti lainnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek pada ada mesin mobil.

  1. Merawat komponen listrik pada mobil

Cara sederhana untuk merawat komponen kelistrikan pada mobil adalah mematikan semua perangkat yang memiliki hubungan dengan listrik setelah menggunakan mobil. Karena jika tidak dimatikan, listrik mobil akan tersedot oleh perangkat-perangkat yang memiliki sambungan dengan listrik.

  1. Memperhitungkan kapasitas listrik mobil

Berikutnya adalah memperhitungkan kapasitas listrik yang dimiliki mobil karena jika mobil sudah berusia tua biasanya konsumsi listrik juga harus lebih diperhatikan.

Memperbaiki Kerusakan Alternator Mobil

Kerusakan pada alternator mobil ini biasanya mempunyai tingkatan yang berbeda-beda. Jadi cara memperbaikinya juga beragam tergantung berapa kerusakannya. Jika kerusakan ringan, kita bisa memperbaikinya dengan cara berikut.

Namun hal ini sebaiknya hanya dilakukan jika kita benar-benar memahami terkait komponen mobil. Karena jika tidak memahami, bukannya memperbaiki nanti justru akan menimbulkan kerusakan yang lebih besar.

Untuk amannya lebih baik kita membawa mobil ke bengkel. Salah satu bengkel yang dapat digunakan untuk memperbaiki Segala kerusakan pada alternator mobil adalah Dokter mobil.

Sebagai bengkel dengan kelas pelayanan profesional, Dokter mobil dapat mengatasi segala permasalahan yang timbul sekitar alternator mobil.

Selain untuk menangani kerusakan alternator, Dokter mobil juga menjadi jawaban jika kalian membutuhkan bengkel dengan kualitas servis yang dapat diandalkan. Jadi untuk segala keluhan kerusakan pada mobil , percayakan pada Dokter mobil.

Disini Kalian juga dapat melakukan servis tune up, penggantian oli sampai dengan pelapisan anti karat mobil. Keunggulan lain dokter mobil adalah di sini tersedia free general check up mobil.

Baca Juga : Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda

Demikian pembahasan tentang alternator mobil rusak beserta cara merawat dan juga Bagaimana solusi untuk memperbaiki kerusakan alternator mobil.

Membawa ke bengkel adalah solusi aman jika kita tidak terlalu paham terkait mesin-mesin mobil dan dokter mobil adalah salah satu bengkel yang dapat kalian andalkan untuk mengatasi Segala kerusakan pada Mobil kesayangan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.