New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Inilah Penyebab Evaporator Mengalami Kebocoran

Penyebab Evaporator Mengalami Kebocoran – Evaporator adalah salah satu Komponen pada AC mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan hawa Dingin ke dalam kabin mobil yang letaknya di dalam kabin. Fungsi Evaporator adalah sebagai penampung dingin dari freon yang sudah berubah wujud menjadi uap setelah melewati Expansi Valve.

Kalau evaporator bocor, maka freon akan berkurang dan membuat AC jadi kurang dingin.

Hal ini tentu akan menganggu kenyamanan berkendara Anda.

Evaporator yang bocor akan membuat sistem AC Mobil tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Ada gejala-gejala tertentu yang mengindikasikan bahwa evaporator pada AC mobil ini bocor. Gejala-gejala tersebut seperti;

-ac kurang/tidak dingin,

-tercium bau freon,

-freon cepat berkuran/habis dan lain lain.

Tetapi ini juga harus diperiksa kembali, karena mungkin gejala yang seperti ini dapat disebabkan oleh hal lain, tidak hanya karena evaporator bocor.

Kondensor AC berperan dalam penurunan suhu refrigerant gas dan berperan dalam terjadinya proses kondensasi. Bocornya kondensor AC mobil dapat mengurangi jumlah freon dalam mobil. Sehingga kerja dalam siklus pendinginan menjadi lebih berat dari biasanya.

Korosi pada evaporator bisa menyebabkan kebocoran dan bisa menyebar ke lainnya.

Berikut ulasan penyebab evaporator mengalami kebocoran. Yuk simak dibawah ini;

1. Usia pakai

Semua hal yang ada didunia ini pasti memiliki usia pakai, tidak terkecuali evaporator pada ac mobil. Jadi sudah wajar apabila evaporator ac mobil anda bocor, karena sudah berusia belasan tahun. Solusinya pasti diganti, karena tidak mungkin diperbaiki. Bilapun diperbaiki pasti ujung-ujungnya juga akan rusak lagi.

2. Tekanan refrigerant terlalu tinggi

Tekanan freon atau refrigerant yang terlalu tinggi ini bisa disebabkan oleh terlalu banyaknya jumlah refrigerant, apabila ini terjadi pada sistem ac dapat membuat evaporator bocor karena menerima tekanan yang berlebihan. Kasus yang disebabkan oleh hal ini, sangat jarang terjadi pada sistem ac mobil.

3. Kurang perawatan

Salah satu kunci agar komponen AC awet adalah dengan rutin melakukan perawatan, bila ac mobil ini perawatannya kurang salah satu akibatnya adalah ini, evaporator bocor. Dengan tidak adanya perawatan maka evaporator akan kotor dan berdebu, yang mana ini akan menyebabkan evaporator menjadi korosi dan kropos. Kalau sudah korosi sangat mudah sekali evaporator ac mobil ini bocor. Bila sudah bocor, maka sebaiknya evaporator ac mobil ini diganti dengan yang masih baru, karena pada umumnya korosi ini akan menyebar ke seluruh bagian evaporator, sehingga lubang penyebab kebocoran akan semakin banyak. Dan bila diperbaiki, misal di las, itu hanya bersifat sementara paling-paling tidak sampai satu bulan sudah bocor lagi. Jadi lakukanlah perawatan/servis rutin ke bengkel ac mobil terdekat, atau jika anda sudah ahli bisa diservis sendiri.

4. Tidak memakai filter kabin

Filter kabin ini berguna untuk menyaring berbagi jenis kotoran yang ada pada udara didalam kabin, sehingga udara yang tersedot keevaporator menjadi bersih dan evaporator pun akan lebih awet. Sudah paham kan kalau seandainya tidak ada filter kabin ini.

Baca Juga: AC Mobil Jadi Tidak Dingin, Ini Sebabnya !

Nah, itulah ulasan terkait Penyebab Evaporator Mengalami Kebocoran. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!