📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Lampu Indikator Temperatur Menyala di Mobil Bekas, Apakah Bahaya?

Lampu Indikator Temperatur Menyala di Mobil Bekas
Lampu Indikator Temperatur Menyala di Mobil Bekas

Dalam mengendarai mobil bekas, seringkali kita dihadapkan pada situasi di mana lampu indikator temperatur menyala di dashboard. Lampu tersebut menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan sistem pendingin mobil. Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan detail penyebab umum lampu indikator temperatur menyala di mobil bekas, suhu yang normal untuk mobil bekas, serta beberapa cara efektif dalam mengatasinya. Mari kita simak penjelasannya!

Penyebab Lampu Indikator Temperatur Menyala di Mobil Bekas

Lampu indikator temperatur menyala di mobil bekas bisa terjadi karena beberapa faktor, tak hanya semata-mata karena mobilnya sudah bekas saja. Agar tak salah penanganan, berikut adalah beberapa penyebab lampu indikator temperatur menyala di mobil bekas:

  1. Kekurangan Cairan Pendingin

Salah satu penyebab paling umum dari lampu indikator temperatur yang menyala adalah kekurangan cairan pendingin. Cairan pendingin memegang peranan penting dalam menjaga suhu mesin agar tetap dalam kisaran yang aman. Jika level cairan pendingin terlalu rendah, mesin dapat mengalami overheating dan menyebabkan lampu indikator temperatur menyala. Oleh karena itu, sangat penting untuk secara rutin memeriksa level cairan pendingin dan mengisi ulangnya bila diperlukan.

  1. Kebocoran pada Sistem Pendingin

Kebocoran pada sistem pendingin juga dapat menjadi penyebab umum lampu indikator temperatur menyala. Kebocoran tersebut dapat terjadi pada selang-selang, radiator, atau komponen lainnya yang terhubung dengan sistem pendingin. Jika terjadi kebocoran, cairan pendingin akan berkurang dan suhu mesin akan meningkat secara drastis. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada sistem pendingin dan segera memperbaiki kebocoran yang terdeteksi.

  1. Kerusakan pada Thermostat

Thermostat adalah salah satu komponen yang berperan dalam mengatur aliran cairan pendingin menuju mesin. Jika thermostat mengalami kerusakan, dapat terjadi gangguan dalam regulasi suhu mesin. Akibatnya, suhu mesin dapat naik secara berlebihan, dan lampu indikator temperatur akan menyala. Untuk mengatasi masalah ini, periksalah kondisi thermostat secara berkala dan gantilah jika ditemukan tanda-tanda kerusakan.

  1. Kipas Radiator Bermasalah

Kipas radiator memiliki fungsi penting dalam menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Jika kipas radiator mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik, suhu mesin dapat naik secara signifikan. Hal ini akan mengakibatkan lampu indikator temperatur menyala. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kipas radiator secara rutin dan lakukan perbaikan atau penggantian jika diperlukan.

  1. Masalah pada Sensor Temperatur

Sensor temperatur adalah komponen yang berfungsi mendeteksi suhu mesin dan memberikan informasi kepada sistem pendingin untuk mengatur aliran cairan dengan tepat. Jika sensor temperatur mengalami masalah atau kerusakan, dapat terjadi kesalahan pembacaan suhu dan menyebabkan lampu indikator temperatur menyala. Agar masalah ini dapat teratasi, periksa kondisi sensor temperatur secara berkala dan gantilah jika ditemukan kerusakan.

Temperatur Normal untuk Mobil Bekas

Temperatur normal untuk mobil bekas bervariasi tergantung pada jenis mesin dan kondisi lingkungan. Secara umum, suhu operasional yang normal untuk mesin mobil berada dalam kisaran 90°C hingga 100°C. Namun, setiap produsen mobil mungkin memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda. Untuk mengetahui suhu normal yang tepat untuk mobil Anda, periksa buku manual atau berkonsultasilah dengan bengkel resmi yang berkaitan.

Baca Juga: Mengapa Suhu Mesin Mobil Saya Bekerja Naik Turun?

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Cara Mengatasi Lampu Indikator Temperatur Menyala di Mobil Bekas

Setelah paham apa saja yang dapat menyebabkan lampu indikator temperatur menyala di mobil bekas. Kini saatnya kita mulai cari tahu apa saja solusi dan cara mengatasi masalah lampu indikator temperatur menyala di mobil bekas, diantaranya sebagai berikut:

  1. Periksa dan Isi Ulang Cairan Pendingin

Jika lampu indikator temperatur menyala karena kekurangan cairan pendingin, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa level cairan pendingin. Pastikan bahwa level cairan berada dalam batas yang direkomendasikan dan lakukan pengisian ulang jika diperlukan. Selain itu, perhatikan juga adanya kemungkinan terjadi kebocoran yang dapat menyebabkan penurunan level cairan pendingin.

  1. Periksa dan Perbaiki Kebocoran Sistem Pendingin

Apabila terdapat kebocoran pada sistem pendingin, lakukan pemeriksaan terhadap sumber kebocoran dan segera perbaiki masalah tersebut. Anda mungkin perlu mengganti selang yang rusak atau memperbaiki kerusakan pada radiator. Pastikan bahwa tidak ada kebocoran yang berpotensi merusak sistem pendingin mobil Anda.

  1. Ganti Thermostat yang Rusak

Jika termostat mengalami kerusakan, segera gantilah dengan yang baru. Termostat yang berfungsi dengan baik akan memastikan regulasi suhu mesin berjalan dengan lancar dan mencegah terjadinya kenaikan suhu yang berlebihan.

  1. Perbaiki atau Ganti Kipas Radiator

Apabila kipas radiator tidak berfungsi dengan baik, lakukan perbaikan atau gantilah dengan yang baru. Pastikan bahwa kipas radiator beroperasi secara optimal untuk membantu menjaga suhu mesin tetap stabil.

  1. Periksa dan Ganti Sensor Temperatur yang Rusak

Jika sensor temperatur memberikan pembacaan yang tidak akurat atau mengalami kerusakan, segera gantilah dengan yang baru. Sensor temperatur yang berfungsi dengan baik akan memberikan informasi yang akurat kepada sistem pendingin untuk mengatur aliran cairan dengan tepat.

Kesimpulan

Lampu indikator temperatur menyala di mobil bekas merupakan tanda adanya masalah pada sistem pendingin.

Penyebabnya dapat bervariasi, mulai dari kekurangan cairan pendingin hingga kerusakan pada komponen-komponen sistem pendingin.

Suhu normal untuk mobil bekas umumnya berada dalam kisaran 90°C hingga 100°C, namun pastikan untuk mengacu pada buku manual atau berkonsultasi dengan bengkel resmi.

Untuk mengatasi lampu indikator temperatur yang menyala, periksa dan isi ulang cairan pendingin, perbaiki kebocoran sistem pendingin, ganti termostat yang rusak, perbaiki atau ganti kipas radiator, serta periksa dan ganti sensor temperatur yang rusak.

Dengan menjaga sistem pendingin mobil bekas Anda dalam kondisi yang baik, suhu mesin dapat tetap optimal dan kerusakan yang lebih serius dapat dicegah.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/