📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Para Pemilik Kendaraan Wajib Tahu! Inilah Cara Mengecek Kebocoran Arus Listrik Mobil

Kebocoran Arus Listrik Mobil

Meskipun kebocoran arus listrik mobil merupakan masalah yang umum dijumpai, namun sampai saat ini jumlah pemilik kendaraan yang paham cara mengecek kebocoran arus listrik mobil masih sangat sedikit. Sebelum kita membahas cara dan langkah-langkah pengecekannya, yuk kita simak bersama pembahasan lengkap mengenai masalah kebocoran arus listrik mobil di bawah ini!

Mengenal Masalah Kebocoran Arus Listrik Mobil

Kebocoran Arus Listrik Mobil

Kebocoran arus listrik mobil adalah masalah yang sering ditemukan ada kendaraan. Apabila sudah parah, maka kebocoran arus listrik mobil terkadang dapat menyebabkan kebakaran mobil. Oleh karena itu pengetahuan mengenai cara mengecek kebocoran pada arus listrik mobil menjadi sangat penting untuk diketahui oleh setiap pemilik kendaraan. Cara mengecek kebocoran arus listrik mobil umumnya dilakukan untuk mencegah timbulnya masalah yang lebih serius.

Terdapat dua jenis kebocoran arus listrik, yakni kebocoran yang berguna dan berbahaya. Jenis kebocoran pertama (kebocoran arus listrik yang berguna) mengacu pada konsumsi energi listrik untuk melakukan pekerjaan yang diinginkan. Misalnya, untuk melindungi mobil atau merekam apa yang terjadi di sekitar. Sementara itu, kebocoran yang berbahaya adalah pemborosan energi.

Pada umumnya, jika energi listrik kendaraan dihabiskan untuk melakukan pekerjaan yang bermanfaat, maka menyebutnya sebagai kebocoran tidak sepenuhnya benar. Tetapi dalam kasus mobil, bagaimanapun, banyak orang yang terbiasa untuk menganggap konsumsi arus apa pun selama pemberhentian lama sebagai kebocoran. Oleh karena itu penting untuk menentukan cara mengecek kebocoran arus listrik mobil  yang tepat.

Cara Mengecek Kebocoran Arus Listrik Mobil dengan Multimeter

Multimeter adalah alat yang digunakan dalam cara mengecek kebocoran arus listrik mobil  sebagai instrumen untuk mengukur kebocoran arus. Sekarang, pertimbangkanlah hal yang paling penting, yakni bagaimana mengukur kebocoran arus di dalam mobil. Alat yang Anda butuhkan hanyalah multimeter apa pun juga. Saat mengukur dan menjalankan cara mengecek kebocoran arus listrik mobil , sangat penting untuk mematuhi aturan keselamatan. Jika tidak, Anda dapat membakar multimeter, melukai diri sendiri, dan merusak elektronik mobil.

Dibaca Juga: Kumpulan Penyebab Korsleting Pada Mobil

Langkah-Langkah Cara Mengecek Kebocoran Arus Listrik Mobil

  1. Langkah pertama dari cara mengecek kebocoran arus listrik mobil adalah membuka kap mesin dan kunci tombol yang memberi sinyal sistem keamanan untuk membukanya.
  2. Langkah kedua dari cara mengecek kebocoran arus listrik mobil adalah meletakkan mobil dalam mode parkir dan matikan semua komponennya kecuali yang biasanya tetap dalam mode siaga. Misalnya, alarm, rekaman DVR dan sebagainya.
  3. Langkah ketiga dari cara mengecek kebocoran arus listrik mobil adalah melepaskan terminal negatif dari baterai. Berlawanan dengan kepercayaan populer, Anda bisa menembak plus. Namun, mematikan “massa” lebih tepat dan 100% aman.
  4. Langkah keempat dari cara mengecek kebocoran arus listrik mobil adalah mengalihkan multimeter ke mode pengukuran saat ini dalam kisaran hingga 10 A. Atur posisi probe positif pada perangkat sesuai dengan itu. Jangan pernah mencoba mengukur arus bocor pada kendaraan menggunakan jarak pendek pada multimeter (hingga 200 mA). Pada saat terminal terhubung, akan ada lonjakan arus yang mungkin tidak dapat ditahan oleh sekering pada alat pengukur.
  5. Langkah kelima dari cara mengecek kebocoran arus listrik mobil adalah dengan memasang satu probe multimeter ke klem negatif yang dilepas, dan yang kedua ke terminal baterai tempat klem ini dilepas. Saat Anda melepas terminal, Anda memutus sirkuit, dan sekarang Anda telah menghubungkan multimeter ke celah.
  6. Jika alarm pencuri disetel ulang sebagai akibat pemutusan baterai dari jaringan terpasang, maka hidupkan kembali.
  7. Tunggu sebentar. Dalam beberapa kasus, Anda tidak perlu menunggu karena arus bocor dapat segera dideteksi. Dalam mesin yang diisi dengan elektronik, perlu untuk memberikan waktu bagi semua sistem untuk masuk ke mode siaga. Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda harus menunggu hingga 5 menit. Jika Anda tidak memperhatikan hal ini, maka Anda bisa panik tanpa alasan.
  8. Saat pembacaan multimeter turun, rekamlah. Ini adalah arus bocor di mobil Anda.

Perlu diingat untuk jangan menyalakan apa pun selama pengukuran, karena bahkan jika beban ringan menyala dengan lonjakan arus, maka ini dapat menyebabkan sekering putus di multimeter. Selain itu, jangan mencoba menghidupkan mesin saat multimeter dalam rangkaian terbuka. Ini dirancang hanya untuk 10 ampere, dan selama pengoperasian starter, arus 100 – 200 A akan mengalir melalui sirkuit.

Maka tinggal membandingkan indikator yang diperoleh dengan norma yang dijelaskan di atas. Secara umum, jika multimeter diukur kurang dari 0,12 A (120 mA), maka tidak ada alasan untuk khawatir. Jika kebocoran arus lebih besar dari angka ini, maka Anda harus mulai mencari penyebabnya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Metode untuk Menemukan Penyebab Peningkatan Kebocoran Arus

Dalam kebanyakan kasus, menemukan kebocoran arus di dalam mobil dilakukan dengan melepas sekering. Untuk melakukan ini, Anda perlu tahu di mana komponen ini berada, dan apa saja kegunaannya. Sebagai aturan dasar, informasi yang relevan diterapkan langsung pada penutup kotak sekering. Anda juga dapat mencoba menavigasi diagram pengkabelan listrik. Ini adalah metode yang lebih rumit, tetapi memiliki keuntungan. Faktanya adalah bahwa tidak selalu semua sekering yang dipasang di dalam mobil berada di satu tempat.

Metodenya sangat sederhana. Setelah mengukur arus bocor, multimeter dibiarkan dalam rangkaian terbuka. Selanjutnya, Anda harus secara bergantian menarik satu sekering dari blok, dan melihat perangkat. Jika pembacaan tidak berubah, maka sekering yang dilepas kembali ke tempatnya, setelah itu yang berikutnya ditarik keluar. Jika arus bocor berkurang, maka Anda perlu mencari tahu apa yang bertanggung jawab atas sekering yang dilepas.

Apa yang harus dilakukan jika arus bocor di atas normal, dan metode mencabut sekering tidak membantu menemukan penyebabnya? Dalam kasus seperti itu, ada baiknya memulai dengan memeriksa perangkat lepas. Misalnya, Anda dapat mencoba melepas panel depan dari radio, atau mematikannya sepenuhnya. Namun jika ini tidak membantu mengidentifikasi penyebab peningkatan kebocoran arus, maka sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis di bengkel terpercaya.

Mendapatkan Layanan Pengecekan dan Servis Komponen Kelistrikan Mobil di Bengkel Terpercaya

Jika dilihat berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada beberapa cara mengecek kebocoran arus listrik mobil yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun terkadang pemilik kendaraan akan menemukan masalah terutama karena keterbatasan alat dan pengetahuan akan metode pengecekan yang tepat. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis komponen kelistrikan mobil di bengkel profesional.

Untuk melakukan pengecekan atau servis komponen listrik kendaraan, Anda bisa membawa kendaraan Anda ke bengkel terpercaya seperti DOMO ELECTRIC dati Dokter Mobil. Bengkel DOMO ELECTRIC bukanlah bengkel biasa, karena di bengkel ini Anda bisa mendapatkan pelayanan servis berkualitas tinggi yang semuanya dikerjakan oleh mekanik berpengalaman dengan peralatan sesuai standar, sehingga berbagai permasalahan kendaraan Anda dapat diatasi dengan cepat dan mudah.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai masalah kebocoran arus listrik mobil dan cara pengecekannya. Secara garis besar, cara mengecek kebocoran arus listrik mobil tidaklah sulit. Namun, Anda tetap memerlukan peralatan yang lengkap untuk hasil terbaik. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk memeriksakan kendaraan Anda ke bengkel ternama seperti DOMO ELECTRIC sehingga proses pengecekan dan servisnya menjadi jauh lebih maksimal. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️