📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Kumpulan Penyebab Korsleting Pada Mobil

korsleting pada mobil

Seperti diketahui, setiap mobil mempunyai sistem kelistrikan yang sangat penting dan berguna untuk menghidupkan beberapa komponen pada kendaraan tersebut. Semua energi yang ada di mobil berasal dari komponen aki. Maka dari itu, aki mempunyai peran yang sangat penting untuk menjalankan kendaraan tersebut.

Banyak sampai dengan saat ini yang masih banyak mengabaikan perihal aki, sehingga untuk salah satu penyebabnya adalah membuat mobil mogok. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa penyebab korsleting pada mobil. sedangkan untuk Anda yang penasaran bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

8 Penyebab Korsleting Pada Mobil

korsleting pada mobil

Penyebab terjadinya korsleting pada mobil sangat bermacam-macam. Bahkan, untuk faktor penyebabnya juga disebabkan karena beberapa faktor. Untuk kumpulan penyebab korsleting pada mobil yang harus Anda ketahui adalah:

  1. Karburator

Karburator memang menjadi salah satu komponen yang digunakan oleh mobil. Selain itu, karburator juga menjadi salah satu penyebab terjadinya korsleting pada mobil akibat hawa panas pada bagian filter karburator yang bergesekan dengan kabel terkelupas dan menyebabkan terjadinya percikan api.

Untuk cara menghindari permasalahan yang satu ini adalah pemilik harus memberikan atau menggunakan air filter secara terbuka. Sehingga, dengan hal tersebut bisa menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan pada mobil tersebut.

Dibaca Juga: 3 Penyebab Rpm Mobil Karburator Tidak Stabil dan Cara Mengatasinya

  1. Mesin Mobil yang Tidak Original

Untuk kalangan anak muda, tentunya mempunyai hobi otomotif. Maka dari itu, supaya terlihat beda biasanya pemilik mobil melakukan modifikasi supaya tampilannya berbeda dengan biasanya.

Namun, tanpa disadari dengan melakukan modifikasi pasti merubah beberapa bagian dan membuat komponen mobil tidak sesuai dengan bawaanya. Bahkan, bisa saja dengan selang bensin yang bocor ini juga menjadi salah satu penyebab kebocoran.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Sedangkan, cara untuk mengatasi terjadinya mobil mogok akibat korsleting pada mobil yang satu ini adalah pada saat mengganti komponen mesin juga harus memenuhi standar setelah pabrik. Sehingga, dengan cara tersebut bisa meminimalisir terjadinya kebocoran pada selang mesin korsleting.

  1. Mengalami Kebocoran Oli

Banyak para pemilik mobil yang mengabaikan satu permasalahan satu ini. Masalah kebocoran mobil juga menjadi salah satu penyebab terjadinya korsleting pada mobil pada beberapa komponen mobil.

Satu hal yang harus Anda ketahui, pada saat menggunakan wrapping di bagian komponen mesin mobil bisa berfungsi untuk melindungi anti panas. Bahkan, dengan penggunaan wrapping juga bertujuan sebagai alat menghindari terjadinya tercecer oli tumpah di beberapa area vital mobil.

Oli mobil yang mempunyai suhu panas bisa saja menumpahi bagian beberapa komponen mobil dan berujung membuat aliran listrik dan paling parahnya lagi bisa menyebabkan kebakaran. Cara untuk menghindari terjadinya korsleting pada mobil yang satu ini adalah selalu mengecek bagian penampung oli supaya bisa mengerti oli tercecer atau tidak.

Paling tidak, untuk melakukan hal tersebut dilakukan setiap 1 bulan sekali. Untuk beberapa mobil yang sudah dimodifikasi biasanya sering kejadian olii. Maka dari itu, lebih baik Anda merubah pada bagian komponen oli mobil sesuai dengan standar atau bawaan .

  1. Aliran Listrik Busi Bocor

Bagian busi juga menjadi salah satu komponen yang paling penting pada kendaraan roda 4. Selain itu, untuk komponen busi yang bocor tersebut juga menjadi salah satu penyebab terjadinya korsleting pada mobil.

Untuk busi yang sudah berumur lama, biasanya pemiliknya harus mengganti dengan yang baru. Seperti yang disebutkan pada sebelumnya, untuk busi sendiri menjadi komponen yang sangat bahaya jika terjadinya korsleting.

Cara mengatasi permasalahan mobil mogok akibat korsleting listrik yang satu ini adalah para pemilik harus sering-sering mengecek pada komponen busi. Untuk busi yang sudah tua bisa sebaiknya langsung diganti dengan baru agar tidak terjadi kebocoran arus listrik.

  1. Karet Ring Injektor

Karet ring injektor juga sering disebut dengan karet O. Selain itu, untuk komponen mobil yang satu ini juga harus diperhatikan para pemiliknya. Fungsi dari karet ring atau O kali ini adalah untuk mengencangkan selang-selang yang terhubung di beberapa bagian komponen.

Artinya, untuk karet selang yang sudah tidak fleksibel lagi besar kemungkinan sedang terjadi kebocoran. Bahkan, dengan hal tersebut bisa membuat bahan bakar akan menetes dan tumpah di beberapa komponen kabel.

Ketika hal tersebut didiamkan terlalu lama bisa membuat mobil menjadi terbakar. Maka dari itu, untuk para pemilik mobil bisa melakukan service secara rutin. Sedangkan, untuk karet O yang sudah tidak layak pakai bisa langsung diganti dengan baru.

  1. Selang Bensin

Setelah membahas pengencang pada bagian selang O atau ring injektor, maka sekarang untuk penyebab korsleting pada mobil selanjutnya adalah komponen bahan bakar. Seperti yang diketahui, bensin adalah cairan mudah terbakar. Bahkan, dengan terjadinya beberapa komponen bensin yang bocor juga menyebabkan terjadinya korsleting.

Para pemilik mobil harus memperhatikan mengenai bagian selang mobil. Jangan sampai selang mobil mengalami keropos dan kabel-kabel di beberapa bagian menjadi tercecer. Untuk bagian mobil yang sudah keropos jangan didiamkan terlalu lama, karena bisa menjadi salah satu faktor terjadinya korsleting dan kebakaran.

Untuk cara mengatasi perihal yang satu ini adalah harus rutin melakukan pengecekan pada selang bensin mobil. Ketika bagian selang sudah terlihat kusam, kasar dan berpori-pori akan lebih baiknya mengganti dengan yang baru.

  1. Terjadi Kebocoran Pada Pipa Knalpot

Perlu diketahui juga, untuk bagian pipa knalpot juga menjadi salah satu penyebab terjadinya korsleting listrik mobil.Selain itu, perlu diingat lagi untuk bagian pipa knalpot mobil ini berada di bagian yang paling bawah dan melewati bagian tangki yang panas.

Seperti yang diketahui, untuk bagian tangki mobil ini juga mempunyai celah besar terjadinya kebakaran. Jangan sampai permasalahan yang satu ini didiamkan terlalu lama, karena dengan mengulur-ulur waktu bisa menyebabkan terjadinya mobil mogok dan terbakar.

Untuk cara mengatasi permasalahan yang satu ini adalah harus selalu melakukan pengecekan pada bagian pipa knalpot. Selain itu, di saat terjadi kebocoran pada bagian pipa bisa langsung mengganti dengan yang baru.

Satu hal penting lain dari penyebab yang satu ini adalah mengganti bagian pipa dengan bahan original. Sehingga, dengan hal tersebut bisa membuat bagian mobil tidak mudah bocor dan rusak.

  1. Kabel Paralel Pada Aki

Penyebab korsleting pada mobil yang paling akhir adalah bagian kabel paralel pada aki. Sampai dengan saat ini sudah banyak mobil yang mengalami korsleting akibat tidak memperhatikan kabel paralel pada Aki.

Untuk masalah yang satu ini bukan menjadi hal yang sepele lagi. Ketika baut tidak dikencangkan dengan maksimal juga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran pada bagian mesin mobil.

Maka dari itu, untuk para pemilik mobil bisa diperhatikan pada saat mengganti aki usahakan baut kabel sudah dikencangkan dengan maksimal. Sehingga, dengan hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang satu ini adalah selalu mengencangkan pada bagian baut aki mobil. Pada saat melakukan hal tersebut bisa mengantisipasi terjadinya konsleting pada kendaraan roda 4 atau mobil.

Nah, itulah dia 8 penyebab terjadinya korsleting pada mobil yang harus diketahui oleh para pemiliknya. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa mengurangi kasus terjadi kebakaran pada mobil. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9822

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇