📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tips! Mudah Cara Setting Expansion Valve AC Mobil Kamu

cara setting expansion valve ac mobil

Pada suatu hari yang panas, siapa yang tidak ingin duduk dalam mobil yang dingin dan nyaman? Ya, AC mobil adalah penyelamat saat suhu panas mendera.

Cara Setting Expansion Valve AC Mobil

Namun, untuk memastikan kinerja yang optimal, Kamu perlu memahami bagaimana cara setting expansion valve AC mobil.

Ada beberapa pembahasan cara setting expansion valve AC mobil secara rinci agar Kamu bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan dalam mobil yang sejuk.

Mengapa Expansion Valve Penting

Sebelum kita membahas cara setting expansion valve AC mobil, mari kita pahami dulu mengapa expansion valve begitu penting dalam sistem AC mobil.

Expansion valve adalah komponen kecil yang memiliki peran besar dalam mengatur aliran refrigeran.

Ini memastikan bahwa refrigeran dapat berubah fase dari cair menjadi gas, menghasilkan pendinginan yang diperlukan di dalam kabin mobil. Tanpa expansion valve yang tepat, AC tidak akan bekerja efisien.

Langkah Setting Expansion Valve AC Mobil

Sebelum kita mulai mengatur expansion valve, pastikan Kamu memiliki semua peralatan yang diperlukan. Kamu akan memerlukan kunci pas, manometer, dan kacamata pelindung.

Pastikan juga mesin mobil dalam keadaan mati dan bekerja di tempat yang cukup terang.

Langkah 1:

Pastikan mobil Kamu dalam kondisi yang aman dan matikan mesinnya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Langkah 2:

Temukan unit evaporator dan katup ekspansi di dalam sistem AC mobil. Biasanya, unit evaporator berada di dalam dashboard mobil, dan katup ekspansi terletak di dekatnya.

Langkah 3:

Buka penutup atau panel yang melindungi katup ekspansi. Ini mungkin memerlukan alat tertentu tergantung pada model mobil Kamu.

Langkah 4:

Setelah Kamu dapat mengakses katup ekspansi, Kamu mungkin perlu menggunakan kunci pas untuk melepas sekrup atau mur yang memegang katup di tempatnya. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati.

Langkah 5:

Setelah katup ekspansi terlepas, Kamu akan melihat pengaturan yang memungkinkan Kamu untuk mengubah bukaan katup. Biasanya, katup memiliki tanda atau angka yang menunjukkan posisi saat ini.

Langkah 6:

Pertama-tama, catat posisi awal katup ekspansi. Ini berguna sebagai referensi jika Kamu perlu mengembalikan katup ke pengaturan semula.

Langkah 7:

Secara perlahan, putar katup ekspansi. Putaran ke arah tertentu akan mengurangi bukaan katup, sementara putaran ke arah lain akan memperbesar bukaan katup.

Langkah 8:

Sesuaikan bukaan katup dengan hati-hati. Jika Kamu ingin mendinginkan kabin lebih cepat, Kamu dapat memperbesar bukaan katup. Namun, jika suhu udara keluar terlalu dingin atau terlalu hangat, Kamu mungkin perlu melakukan penyesuaian lebih lanjut.

Langkah 9:

Setelah Kamu merasa puas dengan pengaturan katup ekspansi, pasang kembali penutup atau panel yang melindunginya.

Langkah 10:

Nyalakan mesin mobil dan hidupkan AC. Biarkan sistem AC berjalan beberapa saat untuk melihat apakah suhu udara keluar sesuai dengan preferensi Kamu.

Baca Juga: Jenis Alat Tes Kebocoran AC Mobil untuk Menjaga Kesejukan Mobil Kamu!

Jika Kamu merasa kesulitan atau tidak yakin dengan langkah-langkah ini, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari teknisi AC yang berpengalaman.

Pengaturan yang salah pada katup ekspansi dapat mempengaruhi kinerja keseluruhan sistem AC mobil Kamu.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/