📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Ciri-Ciri Expansion Valve AC Mobil yang Rusak dan Solusi Mengatasinya!

ciri expansion valve AC mobil rusak

Kali ini kita akan membahas ciri-ciri expansion valve AC mobil rusak yang perlu Kamu ketahui nih. Penasaran apa saja yuk simak ulasannya di bawah ini ya!

Panasnya hari-hari di musim panas sering membuat kita bergantung pada AC mobil untuk tetap nyaman saat berkendara.

Ciri-Ciri Expansion Valve AC Mobil Rusak

Namun, terkadang AC mobil tidak berfungsi dengan baik karena beberapa masalah, salah satunya adalah kerusakan pada expansion valve AC.

Ada beberapa pembahasan secara rinci ciri-ciri expansion valve AC mobil rusak, serta solusi yang dapat diambil untuk mengatasinya.

Mengapa Expansion Valve Penting

Sebelum kita membahas ciri-ciri expansion valve AC mobil rusak, mari kita pahami terlebih dahulu peran pentingnya.

Expansion valve adalah komponen vital dalam sistem pendinginan AC mobil. Ia bertanggung jawab untuk mengatur aliran refrigeran ke evaporator, yang kemudian mendinginkan udara di dalam kabin.

Jika expansion valve rusak, dapat menyebabkan masalah serius pada kinerja keseluruhan sistem pendinginan mobil.

Ciri-Ciri Expansion Valve AC Mobil Rusak

Berikut ini beberapa ciri-ciri expansion valve AC mobil rusak yang dapat membantu Kamu.

1. Udara Dingin Tidak Keluar atau Kurang Dingin

Salah satu tanda paling umum dari expansion valve yang rusak adalah udara yang keluar dari ventilasi tidak cukup dingin. Jika Kamu merasa bahwa udara AC tidak sejuk seperti biasanya, bisa jadi expansion valve bermasalah.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

2. AC Mobil Tidak Bisa Mencapai Suhu yang Diharapkan

Jika meskipun Kamu mengatur AC pada suhu paling dingin namun kabin mobil tetap hangat, bisa jadi expansion valve tidak membuka sepenuhnya, sehingga kinerja pendinginan terganggu.

3. Peningkatan Tekanan di Sistem AC

Expansion valve yang rusak dapat mengakibatkan peningkatan tekanan di sistem AC. Tekanan yang tidak normal ini dapat mengganggu sirkulasi refrigeran dan menyebabkan AC berhenti bekerja sama sekali.

4. Bunyi Berisik dari Sistem AC

Jika Kamu mendengar bunyi berisik atau gemuruh saat AC dinyalakan, itu mungkin merupakan tanda bahwa expansion valve mengalami masalah. Bunyi ini disebabkan oleh aliran yang tidak normal akibat kerusakan pada katup.

Baca Juga: 5 Dampak Fatal Akibat Kompresor AC Mobil Rusak!

Mengatasi Kerusakan Expansion Valve

Jika Kamu mendapati tanda-tanda di atas, penting untuk segera mengatasi kerusakan expansion valve. Namun, perbaikan AC mobil sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. Beberapa langkah yang dapat diambil meliputi:

1. Periksa dan Bersihkan Valve

Terkadang, kerusakan pada expansion valve disebabkan oleh kotoran atau debris yang menyumbat jalur refrigeran. Pembersihan dan pemeriksaan secara rutin dapat membantu mencegah masalah ini.

2. Ganti Expansion Valve

Jika kerusakan terlalu parah, mengganti expansion valve mungkin menjadi solusi terbaik. Sebaiknya berkonsultasi dengan teknisi profesional untuk memastikan bahwa komponen yang diganti sesuai dengan merek dan model mobil Kamu.

3. Periksa Sistem Lainnya

Kerusakan pada expansion valve juga bisa menjadi akibat dari masalah pada komponen lain dalam sistem AC. Oleh karena itu, sebaiknya periksa seluruh sistem AC untuk mengidentifikasi penyebab akar masalah.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!