📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Kenali Seputar Katup Ekspansi AC Mobil Bermasalah

Kenali Seputar Katup Ekspansi AC Mobil Bermasalah

Katup Ekspansi AC Mobil Bermasalah – Expansion valve atau katup ekspansi adalah salah satu komponen yang ada pada sistem AC yang ada dalam mobil.

Komponen yang satu ini tentunya mempunyai peranan yang cukup penting untuk membantu kinerja AC.

Dimana ia berperan dalam membuat udara pada mobil menjadi lebih dingin. Dimana ia akan berkerja dengan cara menurunkan tekanan dari freon.

Komponen ini juga sering disebut sebagai katup ekspansi, dimana ia harus dijaga kondisinya agar kinerja dari AC mobil bisa tetap bekerja dengan kondisi prima.

Tapi sayangnya, seringkali katup ekspansi AC mobil bermasalah. Ada berbagai macam hal yang menyebabkan masalah ini.

Untuk lebih tahu tentang apa saja gejala dari kerusakan ekspansi mobil dan fungsinya, berikut adalah penjelasannya.

Ciri-ciri Katup Ekspansi AC Mobil

Katup ekspansi pada AC mobil memiliki fungsi yang cukup penting. Selain dengan hal itu, Katup ekspansi juga merupakan salah satu komponen yang cukup rawan untuk mengalami kerusakan.

Terlebih lagi jika Anda tidak mampu untuk menjaga kondisi AC Anda agar tetap prima. Maka, kerusakan jelas akan sangat mungkin terjadi.

Biasanya akan ada beberapa ciri yang terjadi jika katup ekspansi ac mobil bermasalah. Beberapa gejala khusus yang ditunjukkan oleh katup ekspansi yang bermasalah ini juga beragam.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Salah satu gejala yang biasanya akan ditunjukkan apabila katup ekspansi mengalami kerusakan adalah ruang kabin yang akan sangat lama untuk menjadi dingin.

Dimana hal ini bisa terjadi diakibatkan adanya proses penurunan pada freon.

Penurunan yang tidak bisa dilakukan dengan cepat dan maksimal pada freon ini. Akan bisa terjadi sebab katup ekspansi pada AC mobil yang mulai mengalami gangguan seperti kerusakan.

Apabila ruang kabin pada mobil Anda terasa ini lama untuk bisa dingin. Bahkan, meskipun suhu AC mobil yang dinyalakan sudah berada di suhu rendah.

Maka, hal ini jelas berarti bahwa terdapat sebuah masalah dalam komponen katup ekspansi Anda.

Katup ekspansi AC mobil bermasalah ini pada umumnya bisa disebabkan oleh komponen dari katup ekspansi yang tidak bisa terbuka secara sempurna.

Pada saat komponen dari katup ekspansi ini mengalami sebuah kerusakan. Maka, kompresor dari AC tidak akan bisa memutarkan refrigerant secara sempurna.

Dimana hal ini yang membuat AC menjadi terasa kurang dingin. Pilihan yang bisa Anda lakukan untuk permasalahan ini adalah dengan melakukan perbaikan.

Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel terpercaya, seperti Dokter Mobil untuk melakukan servis. Anda juga bisa menggantinya langsung apabila kerusakan yang terjadi sudah terlalu parah.

Baca Juga: 22 Daftar Service AC Mobil Terbaik No. 1 di Indonesia

Mendiagnosis Kerusakan Katup Ekspansi AC Mobil

Mendiagnosis kerusakan katup ekspansi AC mobil membutuhkan beberapa langkah dan alat khusus:

1. Gejala Kerusakan:

Perhatikan gejala-gejala berikut yang menandakan kemungkinan kerusakan katup ekspansi:

  • AC tidak dingin atau terasa panas: Ini adalah gejala paling umum.
  • Es terbentuk pada evaporator (koil pendingin): Ini terjadi karena katup ekspansi gagal mengatur aliran refrigeran dengan benar.
  • Tekanan freon rendah: Katup ekspansi yang bocor dapat menyebabkan tekanan freon turun.
  • Suara mendesis atau desisan dari katup ekspansi: Ini menandakan kebocoran refrigeran.

2. Pemeriksaan Visual:

Periksa kondisi fisik katup ekspansi. Cari tanda-tanda kebocoran refrigeran, seperti noda minyak atau karat.

3. Pemeriksaan Alat:

Gunakan alat khusus, seperti manifold gauge dan vacuum pump, untuk mengukur tekanan freon dan memeriksa kinerja katup ekspansi.

4. Bantuan Teknisi:

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan atau alat yang diperlukan, bawalah mobil Anda ke bengkel AC terpercaya untuk diagnosis dan perbaikan yang tepat.

Mencegah Kerusakan Katup Ekspansi AC Mobil

Berikut beberapa cara preventif untuk mencegah kerusakan pada katup ekspansi AC mobil:

  • Perawatan Rutin AC: Lakukan perawatan AC mobil secara rutin, minimal setiap 6 bulan sekali. Perawatan ini meliputi pembersihan filter udara, pengecekan freon, dan pemeriksaan seluruh sistem AC.
  • Gunakan Freon Berkualitas: Pastikan menggunakan freon yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.
  • Hindari Penggunaan Freon Berlebihan: Jangan mengisi freon berlebihan, karena hal ini dapat merusak katup ekspansi.
  • Periksa Kebocoran Freon: Periksa secara berkala apakah ada kebocoran freon pada sistem AC.

Perbedaan Kinerja AC dengan Katup Ekspansi Bermasalah

Dibandingkan dengan kondisi normal, AC dengan katup ekspansi bermasalah akan menunjukkan beberapa perbedaan:

  • AC tidak dingin atau terasa panas: Ini adalah perbedaan yang paling jelas. Katup ekspansi yang bermasalah tidak dapat mengatur aliran refrigeran dengan benar, sehingga udara yang dihasilkan oleh evaporator tidak cukup dingin.
  • Es terbentuk pada evaporator (koil pendingin): Katup ekspansi yang gagal dapat menyebabkan refrigeran mengalir terlalu banyak ke evaporator, sehingga evaporator menjadi terlalu dingin dan terbentuk es.
  • Tekanan freon rendah: Katup ekspansi yang bocor dapat menyebabkan tekanan freon turun. Hal ini dapat membuat AC tidak dingin atau terasa panas.
  • Suara mendesis atau desisan dari katup ekspansi: Ini menandakan kebocoran refrigeran dan katup ekspansi yang bermasalah.

Jika Anda mengalami salah satu perbedaan kinerja AC di atas, segera bawa mobil Anda ke bengkel AC terpercaya untuk diagnosis dan perbaikan.

Katup Ekspansi AC Mobil Bermasalah Mengganggu Proses Pendinginan Kabin Mobil

Katup Ekspansi AC Mobil Bermasalah Mengganggu Proses Pendinginan Kabin Mobil

Katup ekspansi pada AC mobil memang memiliki berbagai macam fungsi. Salah satu fungsi pertama dari katup ekspansi ini adalah melakukan proses pendinginan temperatur refrigerant atau freon.

Karena fungsi dari dimilikinya tersebut, maka jika katup ekspansi ac mobil bermasalah. Hal ini akan sangat jelas, akibatnya adalah proses pendinginan yang terjadi pada mobil akan terhambat.

Dalam hal ini, katup ekspansi ini akan membuat freon mengalami penurunan suhu. Sehingga, freon ini akan bisa disalurkan dan menyebar yang akan membuat udara di mobil menjadi terasa lebih dingin.

Katup dari ekspansi AC mobil ini mampu menurunkan tekanan dari freon AC mobil hingga suhu -30 derajat Celcius.

Dimana hal ini berfungsi untuk mempersiapkan udara dingin pada AC mobil. Lebih tepatnya agar bisa sesuai dengan suhu yang disetel pada AC mobil.

Proses dari pendinginan freon pada AC mobil ini juga tergantung pada cara kerja dari katup ekspansi, karena hal itulah penting untuk menjaga katup ekspansi guna menghindari katup ekspansi ac mobil bermasalah dan bisa tetap prima.

Katup Ekspansi Berperan Mengatur Banyaknya Freon yang Disalurkan ke Evaporator

Selain dengan berfungsi untuk pendinginan, katup dari ekspansi Mobil juga berperan untuk mengatur jumlah freon.

Dalam hal ini, katup ekspansi memiliki peran dalam mengatur banyaknya freon yang akan disalurkan menuju Evaporator.

Karena memiliki peran tersebut, maka jika katup ekspansi ac mobil bermasalah, freon yang disalurkan ke evaporator pun juga akan terhambat.

Dalam hal ini, jumlah freon yang akan disalurkan ke evaporator ini juga akan disesuaikan dengan beban dari pendinginan AC.

Katup ekspansi pada AC mobil akan mengabutkan freon dalam beberapa jumlah. Dimana jumlah freon ini akan bergantung pada sensor panas dalam komponen sensing tube.

Apabila pada sensor panas ini derajatnya semakin tinggi. Maka freon yang harus disalurkan oleh katup ekspansi ini juga harus semakin banyak jumlahnya.

Hal ini pula yang menjadi alasan penting untuk menjaga katup ekspansi demi menghindari terjadinya katup ekspansi AC mobil bermasalah.

Katup Ekspansi Berperan Menurunkan Tekanan Freon

Setelah mengetahui tentang dua fungsi dari katup ekspansi pada AC mobil di atas. Dimana fungsi tersebut adalah hal yang akan tergantung jika katup ekspansi ac mobil bermasalah.

Selanjutnya, masih ada satu lagi fungsi terakhir dari katup ekspansi AC. Fungsi terakhir dari katup ekspansi ini adalah berguna untuk menurunkan tekanan yang ada pada freon.

Pada Proses produksi dari freon, pada mulanya ia adalah berasal dari kompresor. Dimana selanjutnya, komponen dari katup ekspansi ini bertugas untuk membantu dalam mengabutkan freon agar tekanan yang dimilikinya menurun.

Pengabutan dari tekanan freon pada katup ekspansi ini memiliki tujuan untuk membuat proses pendinginan yang dilakukan oleh evaporator ini bisa lebih efektif.

Setelah hal itu, maka selanjutnya AC akan bisa menyebarkan udara dingin ke kabin mobil sesuai permintaan. Dimana selanjutnya, ia akan menyalurkan udara dingin ini ke dalam ruangan.

Cara Kerja Katup Ekspansi AC

Setelah mengetahui tentang fungsi dari katup ekspansi dan juga penyebab Katup ekspansi ac mobil bermasalah.

Selanjutnya, Anda juga perlu tahu tentang bagaimana cara kerja dari katup ekspansi ini. Secara singkat, cara kerja dari katup ekspansi ini diawali dengan freon yang mengalir pada receiver dryer ke katup.

Setelah itu, heat sensing tube ini akan mulai mendeteksi panas dari freon yang keluar melalui saluran evaporator.

Panas yang diterima oleh heat sensing tube ini, kemudian akan disalurkan oleh pipa kapiler ke membran dalam katup ekspansi.

Dimana, membran ini akan melengkung dan mendorong jarum untuk melawan pegas. Hal ini tentunya guna membuka katup ekspansi berdasarkan dari tekanan panas yang disalurkan.

Dengan proses yang seperti ini, maka apabila Katup ekspansi AC mobil bermasalah, prose kerjanya juga jelas akan terhambat.

Setelah katup dari ekspansi ini berhasil terbuka, maka ia akan dapat menyalurkan banyak freon. Tetapi, jika ada masalah dan katup terbuka sedikit, freon juga akan menjadi terbatas.

Rutin Service AC Mobil di Dokter Mobil, Bengkel AC Mobil Terpercaya dari Daihatsu Xenia hingga Hyundai Creta

Guna menghindari terjadinya masalah pada katup ekspansi, juga semua komponen penting dalam AC. Tentunya, sebagai pemilik mobil Anda harus selalu rutin melakukan servis.

Lakukan servis AC secara rutin di tempat yang terpercaya, seperti Dokter Mobil, untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Karena, reputasi Dokter MObil sebagai spesialis AC mobil sudah sangat masyhur, dari AC mobil Daihatsu Xenia hingga Hyundai Creta.

Layanan service AC mobil di Dokter Mobil menggunakan peralatan canggih berteknologi terkini serta ditangani oleh teknisi yang ahli. Sehingga kualitas dari layanan service AC mobil di sini begitu terbukti.

Agar kondisi katup ekspansi AC mobil senantiasa terawat, reservasi layanan service AC mobil di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp di 0877-7776-0597 (atau klik di sini).

Bisa reservasi di mana saja, Anda akan diarahkan menuju cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan service AC mobilnya tanpa harus khawatir menunggu dapatkan layanannya.

Anda juga bisa langsung berkunjung ke cabang Dokter Mobil terdekat, karena kini Dokter Mobil telah hadir di banyak kota-kota di Indonesia.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form