📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Fungsi Pasang Damper di Suspensi Mobil

damper

Pelajari segala yang perlu Anda ketahui tentang damper mobil, termasuk fungsinya, tanda-tanda kerusakan, dan cara melakukan perawatan. Dapatkan panduan lengkap kami untuk menjaga kinerja optimal kendaraan Anda.

Damper mobil adalah komponen yang penting untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan segala yang perlu Anda ketahui tentang damper mobil, termasuk fungsinya, tanda-tanda kerusakan, dan cara melakukan perawatan yang tepat.

Apa Itu Damper Mobil?

Damper mobil, juga dikenal sebagai shock absorber, adalah bagian dari suspensi mobil yang bertanggung jawab untuk menyerap guncangan dari jalan.

Fungsi utamanya adalah untuk mengendalikan gerakan pegas dan memastikan roda tetap berada di permukaan jalan saat mobil bergerak.

Fungsi Damper Mobil

Damper mobil memiliki beberapa fungsi penting, termasuk:

  • Menyerap Guncangan: Damper membantu menyerap guncangan dari jalan, menjaga kenyamanan berkendara dan stabilitas kendaraan.
  • Mencegah Goncangan Berlebih: Dengan mengontrol gerakan pegas, damper membantu mencegah goncangan berlebih pada kendaraan.
  • Menjaga Kontrol: Damper membantu menjaga kontrol kendaraan saat melewati berbagai jenis medan jalan.

Tanda-tanda Kerusakan Damper

Beberapa tanda-tanda bahwa damper mobil Anda mungkin bermasalah termasuk:

  • Getaran atau Guncangan yang Berlebihan: Jika Anda merasakan getaran yang tidak biasa atau guncangan yang berlebihan saat berkendara, ini bisa menjadi tanda bahwa damper perlu diperiksa.
  • Kendaraan Tidak Stabil: Kendaraan yang bergoyang atau tidak stabil saat berbelok atau melewati rintangan dapat menandakan masalah dengan damper.
  • Tanda-tanda Keausan: Periksa damper secara visual untuk melihat apakah ada tanda-tanda keausan atau kebocoran pada bagian-bagian tersebut.

Cara Merawat Damper Mobil

Untuk menjaga kinerja optimal damper mobil Anda, lakukanlah perawatan yang tepat, termasuk:

  • Periksa secara Berkala: Periksa damper secara berkala untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan atau keausan yang terlihat.
  • Ganti secara Rutin: Ganti damper sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau jika Anda mencurigai adanya masalah.

Dengan memahami fungsi damper mobil, mengenali tanda-tanda kerusakan, dan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat memastikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik profesional jika Anda memiliki masalah dengan damper mobil Anda.

Mengenal Bantalan Karet Mobil

Damper merupakan salah satu komponen mobil yang sudah banyak ditemui dan umum digunakan oleh para pemilik mobil.

Kondisi jalanan yang tidak rata dan juga berlubang biasanya menjadi salah satu faktor kenapa banyak orang menggunakan komponen ini di mobil mereka.

Hal ini tentunya cukup wajar karena jalanan yang berlubang sering kali membuat kita tidak nyaman pada saat berkendara.

Guncangan yang didapat pada saat melewati jalan tidak rata ini terkadang juga membuat kita pusing serta mual.

Oleh karenanya kita memerlukan sebuah peredam guncang atau pengganjal suspensi untuk meredamnya.

Dan salah satu solusi yang sering kali ditawarkan oleh para ahli otomotif adalah dengan menggunakan Damper atau bantalan karet yang diletakkan pada per mobil.

damper

Disini pastinya anda semua sudah mengetahui apa itu Damper, setidaknya melihat ganjalan karet yang diletakkan di per mobil ini.

Komponen mobil yang satu ini sebenarnya sudah bukan suatu hal yang asing lagi, karena sudah umum dijual dan dipergunakan oleh para pemilik mobil.

Komponen ini umumnya digunakan untuk mengatasi yang namanya guncang ataupun masalah suspensi.

Komponen mobil yang banyak ditemui ini merupakan salah satu komponen yang terbuat dari bahan dasar karet.

Dengan bahan yang terbuat dari karet ini, damper shock bisa menambah daya pegas pada per mobil sehingga akan mengurangi guncang yang dialami mobil.

Lalu, apa saja kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki dari pemasangan pengganjal per ini? Kami akan jelaskan selengkapnya di sini, mari disimak!

Fungsi Utama Dari Damper Shock Mobil

damper

Fungsi dari damper mobil yang banyak diketahui adalah sebagai penambah daya pegas. Ternyata selain sebagai penambah daya pegas, komponen yang terbuat dari karet ini juga memiliki fungsi lain.

Fungsi lain dari komponen ini adalah sebagai pencegah per mobil menjadi pendek. Per mobil yang sering membawa beban berat akan lebih cepat memendek.

Baca Juga: Ternyata Ini! 5 Penyebab Mobil Limbung yang Jarang Diketahui

Dengan adanya komponen tambahan ini maka per mobil tidak akan lebih cepat menurun karena adanya daya pegas yang menahannya.

Karena fungsi inilah banyak pengguna yang menggunakan damper shock sebagai pengganjal per mobil mereka.

Selain itu, pemasangan dari pengganjal per ini juga cukup mudah. Karena caranya anda hanya perlu mengaitkan komponen ini ke bagian per mobil dan mengikatnya dengan kabel tis yang sudah disediakan.

Fungsi Lengkap Damper dan Penjelasannya

Fungsi pertama dari komposisi ini adalah dapat membantu untuk menahan kerja dari coilover yang rebound terjadi secara berlebihan.

Maksudnya apabila mobil sedang melakukan manuver dan akselerasi, pegas ini mengalami balikan yang berlebih.

Dengan fungsi ini maka, mobil akan lebih stabil dan nyaman karena bisa mengurangi goncangan yang terjadi berlebih pada saat berada di jalan bergelombang.

Terutama apabila anda sedang melaju di jalan bergelombang dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Fungsi kedua dari komponen ini adalah dapat mengurangi brake dive. Pada saat anda melakukan pengereman, dengan adanya komponen karet tambahan ini maka jaraknya akan menjadi lebih pendek.

Tetapi, hal ini tidak berlaku apabila suspensi mobil milik anda adalah suspensi yang cenderung lebih keras dan memiliki karakter tidak mudah koyak.

Karena tidak disarankan untuk menggunakan pengganjal karet ini pada per mobil anda.

Kelebihan yang Didapat dengan Memasang Damper Shock pada Mobil

Setelah mengetahui tentang fungsi dari komponen mobil ini, sekarang kami akan jelaskan tentang kelebihan dari memasang damper pada per atau suspensi mobil.

Hal pertama yang pasti dirasakan tepat setelah pemasangan komponen ini adalah dapat membantu pengereman mobil.

Setelah pengganjal per ini dipasang, pengereman pada bagian mobil menjadi tidak akan terlalu besar. Sehingga pada saat mengerem, bagian depan ini akan terasa jauh lebih baik.

Manfaat selanjutnya dari memasang komponen tambahan ini adalah dapat mengurangi kerusakan yang terjadi di komponen kaki-kaki.

Komponen kaki-kaki yang dimaksud ini diantaranya seperti shockbreaker, bushing, tie rod, arm, dan juga beberapa komponen lainnya.

Dengan adanya pengganjal per, maka pada saat melewati jalan yang rusak komponen ini akan terlebih dahulu meredamnya sehingga tidak langsung terkena pada bagian komponen kaki-kaki.

Biasanya, mobil yang menggunakan komponen tambahan ini adalah mobil yang memang dikhususkan untuk pemakaian di dalam kota.

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan dengan pemasangan komponen tambahan mobil ini adalah bisa melakukan handling yang jauh lebih baik.

Dengan handling yang baik ini, maka akan dapat mengurangi gejala limbung yang terjadi pada mobil pada saat melakukan tikungan.

Pemasangan komponen ini biasanya lebih banyak ditemui untuk mobil yang memiliki ground clearance yang tinggi. Selain kelebihan yang dimiliki komponen ini, ternyata ada juga kekurangannya.

Kekurangan yang Didapat

Meskipun terlihat memiliki banyak kelebihan, ternyata damper juga memiliki kekurangan dalam pemasangannya.

Kekurangan dari komponen ini yang pertama adalah menganggu kinerja daripada kerja shockbreaker.

Dengan adanya bantalan karet yang mengurangi jarak naik turun per, maka sudah pasti kinerja dari shockbreaker untuk meredam guncangan juga akan terganggu.

Hal ini karena fungsi utama dari shockbreaker sudah tergantikan oleh komponen lain.

Kekurangan yang didapatkan selanjutnya adalah pada suspensi mobil. Dengan adanya komponen pengganjal pada bagian per mobil, maka suspensi mobil akan menjadi lebih keras.

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa adanya komponen tambahan ini bisa menganggu kinerja dari shockbreaker, hal ini membuat shockbreaker mobil menjadi tidak bisa mengayun secara sempurna karena terdapat ganjalan.

Pada jangka waktu yang cukup panjang, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada shockbreaker dan juga mengakibatkan kebocoran.

Tetapi meskipun memiliki beberapa kekurangan, komponen ini mungkin akan sangat berguna untuk anda pada saat berada di jalan yang mulus seperti jalan tol.

Karena dengan adanya komponen ini akan bisa membantu mobil anda agar lebih stabil dan tidak limbung.

Komponen ini akan sangat berguna bagi anda yang suka mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi atau ngebut.

Oleh karenanya, banyak mobil sejenis sedan yang memasang komponen tambahan ini di mobil mereka.

Pengaruh Damper Shock terhadap Konsumsi Bahan Bakar Mobil

Penggunaan damper shock dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil, namun pengaruhnya relatif kecil. Berikut penjelasannya:

1. Damper shock yang aus atau rusak dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih boros. Hal ini terjadi karena damper shock yang aus tidak dapat meredam getaran dengan baik, sehingga menyebabkan suspensi mobil bekerja lebih keras.

Suspensi yang bekerja keras membutuhkan lebih banyak energi, yang pada akhirnya meningkatkan konsumsi bahan bakar.

2. Damper shock yang baru dan berkualitas baik dapat membantu meningkatkan konsumsi bahan bakar. Damper shock yang baik dapat meredam getaran dengan baik, sehingga suspensi mobil bekerja lebih efisien. Hal ini dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar.

Namun, perlu diingat bahwa pengaruh damper shock terhadap konsumsi bahan bakar relatif kecil. Faktor lain seperti gaya mengemudi, kondisi jalan, dan jenis mobil memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap konsumsi bahan bakar.

Cara Memilih Damper Shock yang Tepat untuk Mobil

Berikut beberapa tips memilih damper shock yang tepat untuk mobil:

  • Sesuaikan dengan jenis mobil: Pilih damper shock yang dirancang khusus untuk jenis mobil Anda.
  • Pertimbangkan faktor seperti berat mobil, tinggi ground clearance, dan gaya mengemudi Anda.
  • Pilih merek yang terpercaya: Pilih damper shock dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.
  • Pertimbangkan anggaran: Damper shock tersedia dalam berbagai harga. Pilih damper shock yang sesuai dengan anggaran Anda.
  • Konsultasikan dengan bengkel terpercaya: Anda dapat berkonsultasi dengan bengkel terpercaya untuk mendapatkan rekomendasi damper shock yang tepat untuk mobil Anda.

Alternatif Lain untuk Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

Selain menggunakan damper shock, ada beberapa alternatif lain untuk meningkatkan kenyamanan berkendara:

  • Gunakan ban yang berkualitas: Ban yang berkualitas baik dapat meredam getaran dengan lebih baik, sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara.
  • Pastikan tekanan ban sesuai: Tekanan ban yang sesuai dapat membantu meningkatkan kenyamanan berkendara dan handling mobil.
  • Lakukan servis rutin: Servis rutin dapat membantu memastikan bahwa semua komponen suspensi mobil dalam kondisi baik, sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara.

Poin yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Damper pada Suspensi Mobil

Seperti yang diketahui damper merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi untuk meredam guncangan.

Dengan manfaat dan banyaknya fungsi yang dimiliki tidak heran apabila banyak orang yang menggunakan damper ini pada mobil mereka.

Tetapi, mencari komponen pengganjal yang tepat ini tentunya tidak bisa sembarang.

Cara pemasangan hingga ukuran pada damper ini perlu diperhatikan dengan detail agar sesuai dengan ukuran suspensi mobil yang Anda gunakan, karena jika tidak maka damper akan dengan mudah lepas dari per atau suspensi.

Umumnya bahan dasar dari damper ini terbuat dari karet. Sehingga untuk memastikan agar damper memiliki kualitas bahan yang baik, maka pastikan seberapa lama garansi yang ditawarkan pada damper tersebut.

Karena jika bahan dasar karet pada damper memiliki kualitas yang bagus, jangka waktu pemakaiannya pun akan jauh lebih awet dibandingkan dengan yang berkualitas biasa atau bahkan buruk.

Jika Anda mencari damper dengan kualitas yang memang sudah terjamin dan mampu berfungsi dengan optimal, DOMO Buffer dari Dokter Mobil patut Anda pertimbangkan untuk dipasang di suspensi mobil kesayangan Anda.

Karena selain mampu membuat suspensi mobil jadi lebih aman dan nyaman saat berkendara di jalanan yang berlubang, DOMO Buffer juga memberikan garansi hingga seumur hidup!

Masa garansi yang tak terbatas ini tentu karena DOMO Buffer memiliki kualitas bahan yang sangat kuat untuk menghadapi berbagai medan lintasan.

Untuk dapatkan DOMO Buffer dalam menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara, pesan DOMO Buffer sekarang via WhatsApp atau kunjungi langsung cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Penutup

Itulah artikel terkait dengan damper mobil mulai dari fungsi, kelebihan, kelemahan, serta pentingnya dalam memilih damper mobil dengan kualitas yang tak abal-abal.

Semoga dengan artikel ini anda bisa mendapatkan informasi tambahan terkait komponen mobil dan bisa membantu anda dalam mengatasi guncang mobil sehingga lebih nyaman dalam berkendara.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form