New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
AC Mobil Tidak Dingin Saat Rpm Rendah

AC Mobil Tidak Dingin Saat Rpm Rendah? 5 Penyebabnya

Masalah layaknya AC mobil tidak dingin saat RPM rendah sebenarnya sering terjadi. Kondisi ini terhitung memadai mengesalkan terlebih selagi berkendara siang hari. Kenyamanan Kamu terhitung akan terganggu andaikan kondisi lalu lintas macet. Tanpa AC Kamu barangkali akan gerah dan kepanasan di tengah jalan.

Mengingat pentingnya peran AC untuk membantu kenyamanan, maka sebaiknya segera atasi permasalahan. Tak harus kuatir andaikan tidak miliki peralatan memadai. Pasalnya di bengkel-bengkel lazim kebanyakan sudah tersedia jasa servis AC.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin saat Rpm Rendah

Sebenarnya terkandung sebagian penyebab yang bisa mengakibatkan kendala AC tidak dingin. Kebanyakan masalah lebih mengarah ke masalah pada freon dan komponen tertentu. Lantas apa saja penyebabnya? Simak ulasan di bawah ini:

  • Freon sudah habis

Habisnya freon adalah penyebab yang paling sering ditemui didalam masalah AC tidak dingin. Hal ini bisa berlangsung gara-gara ada kebocoran pada selang atau pun sambungan pipa. Kondisi ini sebenarnya wajar dan tentu akan terjadi, pasalnya pipa akan aus seiring dengan selagi pemanfaatan AC.

Selain itu, kebocoran terhitung bisa disebabkan oleh relief valve kompresor yang sudah rusak. Dampak akan sangat mulai gara-gara AC tidak akan dingin selagi dinyalakan.

  • Extra fan mati

Jika Kamu mulai AC tidak membuahkan udara dingin layaknya sebelumnya, maka Kamu bisa memeriksa extra fan. Komponen satu ini berada pas di depan kondensor lalu periksa apakah masih bekerja dengan normal atau tidak.

Normalnya, extra fan akan bergerak memutar agar proses kondensasi berlangsung baik. Jika didapati komponen tersebut mati, maka bisa dipastikan AC tidak akan mengeluarkan udara dingin.

  • Sistem AC mengalami kelebihan tekanan

Sistem AC yang mengalami tekanan berlebih pun bisa membuat udara yang dihasilkan tidak dingin. Biasanya perihal ini berlangsung gara-gara kompresor yang diisi oli sangat banyak atau melewati batas. Kondisi ini berdampak pada freon yang mendapatkan tekanan berlebihan. Selain itu, proses kondensasi pun tidak akan berlangsung sebagaimana mestinya.

  • Fan belt putus

Fan belt merupakan tidak benar satu komponen pada AC yang fungsinya untuk mendistribusikan tenaga berasal dari putaran mesin ke kompresor. Kerusakan atau apalagi putusnya fan belt tentu akan berdampak secara segera pada kinerja kompresor.

Pada kondisi ini, kompresor yang tidak bisa jalankan tugasnya dengan benar akan membuat sirkulasi freon terganggu. Alhasil AC pun tidak bisa untuk mengeluarkan suhu dingin.

  • Kompresor rusak

Kompresor rusak atau yang sudah aus terhitung bisa membuat AC mobil tidak dingin. Ciri rusaknya kompresor bisa Kamu lihat sendiri yakni menghitamnya sight glass. Warna hitam tersebut mengindikasikan bahwa terkandung kotoran yang menyumbat pada expansion valve atau receiver dryer. Jika sebenarnya kondisi ini menimpa mobil kesayanganmu, maka solusi terbaiknya adalah mengganti kompresor dengan yang baru.

Baca Juga : AC Mobil Tidak Dingin

Nah, itulah sebagian penyebab AC mobil tidak dingin yang harus Kamu ketahui. Mungkin masih banyak lagi pemicu masalah AC yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Poin-poin diatas hanya segelintir penyebab ac tidak dingin yang paling sering ditemui. Semoga postingan ini memberikan Info berguna terlebih untuk Kamu yang tengah mengalami kendala serupa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!