New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab mesin diesel pincang

Ketahui Penyebab Mesin Diesel Pincang Saat Menyala Pagi

Ketahui Penyebab Mesin Diesel Pincang Saat Menyala Pagi –  Umumnya, beberapa penyebab mesin diesel pincang adalah usia pemakaian. Beberapa penyebab yang lain adalah cara pemakaian serta perawatan. Putaran mesin tidak imbang memang lumrah terjadi. Tapi Anda perlu tahu masalah utamanya di mana. Apakah karena usia atau karena pemakaian.

Untuk bisa menarik kesimpulan tersebut, Anda perlu tahu kerusakan yang terjadi sehingga mesin pincang. Ada beberapa komponen yang bisa dicek untuk mendeteksi kepincangan mesin.

Sebagai informasi tambahan, salah satu cara mengetahui sebuah mobil diesel pincang adalah dengan mendengar suara mesinnya. Bila suara mobil terdengar lansam saat kondisi mesin idle, maka mesin tetap baik-baik saja.

Sedangkan jika saat idle yang terdengar malah getaran dan suara pincang tidak beraturan, berarti mesin bermasalah. Deteksi suara hanya bersifat deteksi awal. Setidaknya Anda akan tahu mobil diesel kesayangan Anda bermasalah atau tidak.

Cek penyebab mesin diesel pincang dan cara mengatasisnya

penyebab mesin diesel pincang
A young Asian tourist has driven a car and broke down on the way. He came down to look at the hood and then called the mechanic for help.
  1. Injektor diesel

Injektor diesel jadi komponen yang patut diperiksa sebagai penyebab mesin diesel pincang. Umumnya, injektor diesel tersumbat. Kebanyakan sumbatan di injektor diesel disebabkan kualitas rendah bahan bakar.

Akan tetapi bisa juga karena perawatan yang tidak pas. Akibatnya kuantitas bahan bakar yang disemprotkan tidak sesuai kebutuhan mesin. Atau bisa juga berefek pada timing semprotan tidak bisa berbarengan dengan performa mesin.

  1. Busi dan koil

Busi dan koil adalah dua komponen yang wajib diperiksa dan dicurigai sebagai penyebab mesin diesel pincang. Dua komponen itu diperiksa karena sumber pengapian utama adalah busi dan koil. Dalam sistem pengapian, fungsi busi dan koil sangatlah vital.

Bila busi atau koil bermasalah, maka percikan api ikut terkendala. Padahal percikan api penting sebagai starter putaran mesin. Sistem pengapian merupakan tumpuan awal sebuah mobil diesel saat menyalakan mesin.

Baca Juga : Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala

Bila busi dan koil baik-baik saja, bisa jadi yang bermasalah adalah aki. Ceh dahulu busi dan koil, setelah itu Anda bisa merunut sistem pengapian mobil.

  1. Karburator

Karburator kotor merupakan penyebab utama mesin diesel pincang. Bila karburator kotor, maka seluruh bagian ruang mesin ikut bermasalah. Kalau sudah begitu, secara otomatis ikut bermasalah. Karburator ibarat jantung bagi mobil diesel Anda.

Kotornya karburator kemungkinan besar disebabkan perawatan pemilik mobil yang tidak rutin. Padahal menjaga kebersihan dan merawat karburator mampu menjaga kinerja maksimal mesin. Walaupun tangguh, mobil diesel juga kendaraan yang perlu perawatan rutin.

  1. Filter bahan bakar 

Bila kejadian mesin pincang terjadi di pagi hari saat Anda sedang memanaskan mobil, kemungkinan besar yang bermasalah adalah filter bahan bakar. Kejadian mesin pincang di pagi hari adalah hal umum bagi sebuah mobil diesel.

Kemungkinan besarnya disebabkan oleh filter bahan bakar yang tersumbat atau buntu. Sebabnya tumpukan kotoran yang berasal dari bahan bakar. Solusinya adalah mengganti filter bahan bakar mobil Anda dengan yang baru.

penyebab mesin diesel pincang

Itu tadi keempat komponen utama yang berpotensi jadi penyebab mesin diesel pincang. Anda perlu melakukan pemantauan ke 4 komponen tersebut di atas sebagai langkah deteksi awal. Bila Anda merasa krusakan sudah terlalu dalam, jangan segan menghubungi bengkel dan mekanik terdekat ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 47896

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *