🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Grill Kabin Tidak Ada Angin? Waspadalah!

Grill Kabin Tidak Ada Angin

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ada masalah terkait grill kabin tidak ada angin? Waspadalah, bisa jadi masalah baru akan muncul dari sana. Pada dasarnya, setiap mobil memiliki AC yang ada di dalam grill kabin, tetapi memang tidak banyak orang yang mengetahui fungsinya secara utuh.

Sebenarnya, apa sih penyebab grill kabin tidak ada angin, dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Apa sih pentingnya grill kabin di mobil Anda? Berikut ini akan dipaparkan informasi selengkapnya seputar masalah grill kabin tidak ada angin yang disajikan khusus untuk Anda.

Fungsi Grill Kabin

Grill Kabin Tidak Ada Angin

Sebelum membahas masalah grill kabin tidak ada angin, alangkah baiknya Anda harus mengenal istilah grill kabin terlebih dahulu. Sebenarnya, apa sih grill kabin itu? Grill kabin adalah suatu bagian yang terletak di bagian depan dari mobil Anda. Awalnya, banyak orang yang melihat grill ini hanya dijadikan sebagai kosmetik alias penghias belaka untuk mobil Anda, padahal kenyataannya tidak demikian. Fungsinya pun bukan hanya dijadikan tempat peletakkan logo bagi para produsen mobil yang ada.

Fungsi utama dari grill kabin adalah sebagai tempat/saluran masuk angin untuk mendinginkan mesin mobil Anda. Mekanismenya seperti ini, di mana diawali dengan masuknya angin dan kemudian mendinginkan kisi-kisi radiator, sehingga suhu idealnya mesin dapat terjaga secara optimal. Grill juga dapat dimasukkan ke bagian eksterior mobil.

Selain sebagai saluran udara, grill juga berfungsi sebagai penambah estetika, alias menganggapnya sebagai hal yang ikonik dari mobil Anda. Fungsi lain dari grill kabin adalah sebagai peningkat aerodinamika suatu mobil, di mana terdapat beberapa mobil yang sampai-sampai membuat desain grillnya semakin minim akan lubang untuk dapat mengalirkan udara ke ruang mesin, dengan tujuan agar udara yang menabrak area depan mobil dapat dialihkan menuju arah lain, bisa ke sisi atas atau sisi sampingnya, alias mobil tidak terlalu tertahan akan angin.

Penyebab Grill Kabin Tidak Ada Angin

Anda harus tahu bahwa jika angin tidak dapat masuk ke lubang-lubang gril dengan baik, maka temperature mesin bisa meningkat sehingga berujung overheat dan mogoknya mobil Anda. Jadi, dihimbau untuk tidak menutupi bagian grill kabin Anda.

Nah, jika grill kabin AC mobil ini berada dalam keadaan yang normal alias tidak ada masalah, maka ketika dihidupkan, harusnya udara dapat keluar dari saluran keluar yang ada di dashboard mobil. Sebenarnya, penyebab grill kabin tidak ada angin ini bukan disebabkan karena kehabisan freon/refrigerant, bukan juga karena kompresor AC mobil yang aus, bukan juga karena kebocoran sistem, tetapi kemungkinan karena blower AC yang tidak bekerja.

Umumnya, fungsi blower adalah untuk menghembuskan udara ke arah evaporator yang mana kemudian keluar melalui saluran keluar udara dingin pada grill kabin Anda. Umumnya lagi, kecepatan blower pada AC mobil ini dapat diatur sedemikian rupa, dimulai dari lambat, sedang, hingga tinggi (maksimal), dapat juga dinyatakan dalam notasi angka antara 1 – 3.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Lalu, apa saja penyebab blower yang tidak berfungsi secara semestinya sehingga dapat menyebabkan grill kabin tidak ada angin?

  1. Sekering/fuse putus/terbakar. Umumnya, blower dapat bekerja jika terdapat arus yang mengalir ke bagian motornya. Jika tidak ada arus listrik yang mengalir, sudah dapat dipastikan bahwa blower tidak akan bekerja dan menghembuskan udara dengan baik. Sekering/fuse ini akan memutuskan arus apabila dialiri arus yang melebihi kapasitasnya, dan dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya konsleting atau hubungan pendek arus listrik.
  2. Terjadi kerusakan pada motor blower. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, semua komponen mobil termasuk pula pada AC mobil berisiko mengalami kerusakan, dan akan semakin cepat jika dirawat dengan cara yang salah atau bahkan tidak dirawat sama sekali. Motor blower dapat berpengaruh langsung terhadap blower dan bahkan hingga grill kabinnya.
  3. Sirkuit kelistrikan yang terputus, seperti misalnya kendor/terlepasnya sambungan kabel yang ada, atau bahkan putusnya kabel yang tersambung, massa yang terlepas, socket yang sudah kendor, dan sebagainya. Hal ini memungkinkan dijadikan penyebabnya jika sebenarnya kondisi sekering dan motor blower Anda berada dalam kondisi baik.
  4. Rusaknya saklar blower yang tentu berdampak pada tidak dapat dihidupkannya blower Hal ini menjadi kemungkinan terakhir dari penyebab masalah pada blower yang berujung pada masalah grill kabin tidak ada angin ini.

Cara Mengatasi Masalah Grill Kabin Tidak Ada Angin

Agar masalah grill kabin tidak ada angin ini dapat teratasi dengan baik, sehingga udara dapat berhembus keluar dari grill kabin, maka yang perlu diperbaiki di sini adalah bagian blower-nya, agar dapat bekerja dan berfungsi sebagaimana mestinya dalam kondisi normal. Umumnya, cara memperbaikinya yaitu melihat dari penyebabnya terlebih dahulu.

  1. Saat mesin mati, periksa kelancaran putaran blower yang ada di sana dengan menggunakan tangan Anda.
  2. Periksa sekering di kabin mobil Anda. Jika sudah putus maka dapat diganti dengan kapasitas fuse yang sama. Untuk dapat memeriksa fuse, Anda dapat menggunakan multimeter atau test lamp. Jangan lupa untuk memeriksa kabel-kabel, socket, serta konektor kelistrikan blower
  3. Periksa motor blower Anda, jika ternyata rusak maka perlu diperbaiki atau diganti, misalnya melalui bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil.
  4. Periksa sirkuit kelistrikan, terkait adakah arus yang sampai ke motor blower, dan jika ada maka kemungkinan motor blower-nya lah yang mengalami kerusakan.
  5. Jika ternyata kondisi yang telah disebutkan sebelumnya masih begitu baik, periksa saklar blower pada setiap tingkat kecepatan di mobil Anda.

Dibaca Juga:Solusi saat AC Mobil Mengeluarkan Air

Masalah pada Grill Kabin? Percayakan pada Dokter Mobil!

Setelah mengetahui fungsi grill kabin serta penyebab dan solusi dari masalah grill kabin tidak ada angin, maka waktunya bagi Anda untuk memercayakan Dokter Mobil sebagai satu-satunya bengkel bengkel mobil yang berkualitas. Bengkel ini dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih dan sudah teruji mampu meningkatkan performa mobil Anda, dilengkapi garansi berjangka panjang untuk setiap pengerjaannya dan pasti beres dalam segala permasalahan mobil yang Anda alami, termasuk halnya masalah grill kabin tidak ada angin.

Berbagai layanan dan produk unggulan yang disediakan oleh Dokter Mobil di antaranya tune up, cuci darah, remap/piggy/backpro, fogging, remap/piggyback pro, dan termasuk halnya servis AC mobil Anda. Produk unggulan yang dikeluarkan oleh bengkel tersebut diantaranya RustPro dan Domo Buffer.

Terkait waktu pelayanannya, Dokter Mobil buka setiap hari baik di waktu weekdays maupun weekend, terutama dari pagi – sore. Namun, CS online yang ada di sana akan senantiasa responsif dalam melayani segala kebutuhan dan keluhan setiap pelanggannya selama 24/7 jam, termasuk pula untuk Anda. Bahkan, Dokter Mobil juga menyediakan layanan gratis pemeriksaan checkup jika Anda merasakan kecurigaan pada kondisi mobil Anda.

Nah, tunggu apa lagi? Segera chat admin sekarang dan kunjungi website berikut: https://doktermobil.com, atau Anda bisa mengunjungi bengkelnya secara langsung, karena saat ini Dokter Mobil memiliki belasan cabang bengkel di seluruh Indonesia. Apalagi masalah grill kabin tidak ada angin  dapat diatasi dengan cepat dan tepat di Dokter Mobil, Keren banget, bukan?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.