📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

List Harga Filter AC Mobil Terios dan Pentingnya Penggantian Secara Teratur

List Harga Filter AC Mobil Terios

Soal SUV terpopuler di Indonesia, Daihatsu Terios tak boleh terlewat untuk dibahas. Mobil Terios seakan tak lekang oleh jaman. Muda hingga tua, semua suka mobil ini.

Untuk menjaga kenyamanan saat berkendara, khususnya dalam cuaca panas, sistem AC pada mobil Terios sangat penting. Salah satu komponen vital dalam sistem AC adalah filter AC.

Kira-kira berapa harga filter AC mobil Terios yang ada agar kenyamanan saat berkendara di SUV Daihatsu ini tetap terjaga, ya?

Cari tahu selengkapnya di bawah ini, yuk!

Daftar Harga Filter AC Mobil Terios

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pentingnya filter AC, berikut adalah daftar harga filter AC mobil Terios:

  • Harga Filter AC Mobil Terios OEM (Original Equipment Manufacturer)

Filter AC OEM adalah filter asli yang diproduksi oleh pabrikan mobil Daihatsu. Filter OEM ini dijamin cocok dengan mobil Terios Anda dan memiliki performa terbaik.

Meskipun harga filter AC mobil Terios nya lebih mahal dibandingkan dengan filter lainnya, kualitasnya tidak diragukan lagi.

  • Harga Filter AC Mobil Terios Aftermarket

Filter AC aftermarket adalah filter yang diproduksi oleh pihak ketiga, bukan oleh pabrikan mobil.

Harga filter AC mobil Terios aftermarket lebih terjangkau, namun perlu berhati-hati dalam memilih merek dan kualitasnya.

Beberapa filter aftermarket memiliki kualitas yang setara dengan OEM, sementara yang lain mungkin kurang efisien atau tahan lama.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pilihan antara filter OEM dan aftermarket tergantung pada preferensi dan anggaran Anda.

Namun, sebaiknya pilihlah filter yang telah teruji kualitasnya agar dapat menjaga kinerja AC mobil Terios secara optimal.

Adapun harga filter AC mobil Terios di atas masih bersifat ESTIMASI saja.

Karena bisa jadi tiap toko sparepart ataupun bengkel AC mobil membebani harga filter AC mobil Terios yang beda satu sama lain.

Anda juga bisa datang langsung ke cabang-cabang terkait. Berikut titik-titik lokasi ketiga cabang yang bisa Anda kunjungi:

Pentingnya Filter AC Mobil

Terkadang, pemilik mobil cenderung mengabaikan perawatan filter AC karena kurangnya pemahaman tentang pentingnya komponen ini, meski harga filter AC mobil Terios tak begitu ‘mahal’.

Filter AC mobil memiliki peran krusial dalam menjaga kualitas udara di dalam kabin. Beberapa alasan mengapa filter AC penting adalah:

  1. Menjaga Kesehatan

Udara yang bersih dan segar di dalam kabin sangat penting bagi kesehatan penghuni mobil.

Filter AC berfungsi menyaring debu, serbuk sari, polutan, asap kendaraan lain, dan partikel-partikel kecil lainnya dari udara luar sebelum masuk ke dalam kabin.

Dengan adanya filter yang bersih, Anda dan penumpang akan terhindar dari risiko menghirup partikel-partikel berbahaya yang dapat menyebabkan masalah pernapasan atau alergi.

  1. Meningkatkan Efisiensi AC

Filter AC yang kotor dapat menyebabkan hambatan aliran udara masuk ke sistem AC.

Akibatnya, AC akan bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan, dan itu mengurangi efisiensi sistem pendinginan.

Dengan filter AC yang bersih, kinerja AC akan optimal dan lebih cepat dalam mendinginkan kabin.

  1. Pencegahan Kerusakan Sistem

Filter AC yang kotor dapat menyebabkan beban kerja berlebih pada sistem AC.

Debu dan kotoran yang menumpuk pada filter dapat merusak komponen AC lainnya seperti evaporator dan blower.

Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem AC secara keseluruhan dan memerlukan biaya perbaikan yang tinggi.

  1. Penghindaran Bau Tidak Sedap

Filter AC yang kotor juga dapat menyebabkan udara yang masuk ke dalam kabin berbau tidak sedap.

Bau tak sedap ini bisa berasal dari kotoran yang menumpuk pada filter atau tumbuhnya jamur dan bakteri karena kelembaban di dalam sistem AC.

Penggantian filter secara teratur dapat membantu menghindari masalah bau tak sedap ini.

Baca Juga: AC Mobil Bau Saat Baru Dinyalakan? Ternyata Ini Penyebabnya

Dari berbagai alasan di atas, jelas bahwa filter AC memiliki peran yang penting dalam menjaga kualitas udara dan kinerja AC di mobil Daihatsu Terios Anda, dengan harga filter AC mobil Terios yang cukup terjangkau.

Lokasi Filter AC pada Mobil Terios

Filter AC pada mobil Terios biasanya terletak di dalam kabin, di belakang dashboard.

Lokasi tepatnya dapat sedikit berbeda tergantung pada model dan tahun produksi mobil.

Namun, umumnya filter AC dapat diakses dengan membuka panel di bawah dashboard, tepat di bawah kaca depan mobil.

Perhatikan petunjuk dalam buku panduan pemilik mobil Anda untuk menemukan lokasi yang tepat.

Proses mengganti filter AC pada mobil Terios umumnya cukup mudah dan dapat dilakukan oleh pemilik mobil dengan sedikit pengetahuan teknis.

Namun, jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam perawatan mobil, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik terpercaya untuk membantu Anda.

Dampak dari Filter AC yang Kotor

Harga filter AC mobil Terios tak akan bikin ‘kering kantong’. Sayang jika filter AC tidak diganti. Jika filter AC tidak diganti secara teratur dan menjadi kotor, beberapa masalah dapat timbul:

  1. Penurunan Kualitas Udara

Udara yang masuk ke dalam kabin akan terkontaminasi oleh partikel-partikel kotoran, mengurangi kualitas udara dan kenyamanan berkendara.

Penumpukan debu dan kotoran pada filter juga dapat menyebabkan udara berbau tidak sedap, mengganggu kenyamanan perjalanan.

  1. Penurunan Performa AC

Filter yang kotor menyebabkan penurunan aliran udara, sehingga AC akan bekerja lebih keras dan kurang efisien dalam mendinginkan kabin.

Pada suhu panas, pengoperasian AC yang tidak efisien juga dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar.

  1. Peningkatan Konsumsi Bahan Bakar

Ketika filter AC kotor menyebabkan beban kerja berlebih pada sistem pendinginan, AC memerlukan lebih banyak energi untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Akibatnya, konsumsi bahan bakar mobil akan meningkat.

  1. Kerusakan pada Komponen AC

Kotoran yang menumpuk pada filter dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen lain dalam sistem AC.

Evaporator AC dapat mengalami pembekuan, blower AC menjadi bekerja lebih berat, dan kompresor AC dapat mengalami kerusakan. Semua kerusakan ini bisa menyebabkan biaya perbaikan yang cukup besar.

Penting untuk diingat bahwa kerusakan pada sistem AC bukan hanya masalah kenyamanan, tetapi juga dapat berdampak pada kesehatan dan keamanan penghuni mobil.

Penggantian filter AC secara teratur akan membantu menjaga kualitas udara di dalam kabin, mencegah kerusakan pada sistem AC, dan meningkatkan efisiensi AC, sehingga membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.

Frekuensi Penggantian Filter AC

Sebagai panduan umum, filter AC pada mobil Terios sebaiknya diganti setiap 10.000 – 15.000 kilometer atau minimal sekali setahun.

Namun, jika sering berkendara di daerah berdebu atau berpolusi tinggi, sebaiknya ganti lebih sering, misalnya setiap 5.000 – 7.000 kilometer.

Frekuensi penggantian filter AC juga bisa dipengaruhi oleh kondisi iklim dan cuaca di daerah tempat mobil sering digunakan.

Di daerah yang lebih kering, debu dan kotoran cenderung lebih banyak terbang di udara, sehingga filter AC dapat kotor lebih cepat.

Penting untuk mencatat tanggal dan kilometer terakhir kali penggantian filter AC dilakukan agar Anda tidak lupa kapan harus mengganti filter selanjutnya.

Jika tidak yakin tentang frekuensi penggantian yang tepat, selalu periksa panduan pemilik mobil atau berkonsultasi dengan mekanik yang berpengalaman untuk perawatan kendaraan yang tepat.

Pastikan percayakannya masalah AC mobil hanya pada Dokter Mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!