📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Kipas Mobil Tidak Berputar dan Solusi Untuk Mengatasinya

Kipas Mobil Tidak Berputar

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Kipas Mobil Tidak Berputar pasti akan cukup menganggu perjalanan berkendara Anda sehingga tidak mengherankan jika kondisi ini akan cukup menjadi perhatian. Mungkin beberapa pengendara ada yang masih belum mengetahui kira kira kondisi apa yang membuat kipas mati. Sebenarnya, ada beberapa alasan yang membuat kipas mobil tidak berputar dan sebaiknya Anda mencari tahu permasalahan apa yang membuat hal tersebut bisa terjadi karena kalau kondisi ini terus dibiarkan akan membuat Anda dan penumpang akan merasa kepanasan sehingga perjalanan terasa menjadi tidak nyaman, terlebih di saat kondisi cuaca yang begitu terik yang mana kipas AC mobil ini sangat diperlukan.

Tanda Tanda Kipas Mobil Tidak Berputar

Kipas Mobil Tidak Berputar

Biasanya, untuk mengetahui apakah kipas mobil berputar atau tidak Anda bisa melihatnya dari beberapa tanda tanda yang terjadi. Berapa tanda tanda tersebut di antaranya:

  1. Hembusan udara dari AC mobil yang melemah.
  2. Udara di kabin mobil menjadi panas.
  3. Ketika AC diatur ke volume atau suhu paling tinggi tetap terasa panas dan tidak ada udara dingin yang keluar sama sekali.

Kalau Anda sudah merasa tanda tanda dari ketiga gejala yang sudah disebutkan diatas maka Anda harus waspada karena itu menandakan kipas mobil tidak berputar dengan baik karena terjadi masalah dan kerusakan tersebut sebaiknya segera Anda atasi dengan mencari tahu apa yang menyebabkan kipas mobil tidak berputar, kalau Anda sudah mengetahui penyebab yang membuat kipas mobil tidak berputar sebaiknya segera lakukan perbaikan.

Penyebab Kipas Mobil Tidak Berputar

Berikut adalah beberapa masalah yang menyebabkan kipas mobil tidak berputar, yaitu:

  1. Kondisi Freon Mobil Sudah Tidak Sehat

Bisa dikatakan freon menjadi salah satu komponen penting untuk membuat udara yang dikeluarkan AC menjadi dingin. Oleh karena itu, ketika kipas mobil tidak berputar dengan baik dan menyebabkan udara mobil yang dikeluarkan AC menjadi panas, sebaiknya cek kondisi freon apakah masih baik atau tidak.

Untuk freon yang kondisinya sudah tidak sehat lagi, biasanya terjadi karena membeku, tersumbat, oli freon yang sudah menipis atau sudah habis sehingga tidak bisa menghasilkan udara dingin secara optimal dan memberi dampak kepada kipas mobil yang kinerjanya menjadi tidak maksimal. Kalau Anda ingin mengecek kondisi freon mobil Anda apakah masih dalam kondisi yang bagus atau tidak, ada beberapa tanda yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Cek di mana letak bocor pada sistem AC mobil
  • Lakukan pengisian oli freon pada sistem AC mobil Anda.
  • Kalau setelah dilakukan pengisian ulang oli tetapi freon masih tidak bisa berfungsi dengan baik dan kipas mobil tidak berputar maka sebaiknya ganti freon lama dengan yang baru
  1. Kompresor Kehilangan Tekanan

Kalau kompresor mobil kehilangan tekanan, hal ini bisa membuat kipas mobil tidak berputar dan paling parah menyebabkan kipas AC menjadi mati total. Seperti yang Anda tahu bahwa kompresor memiliki fungsi sebagai penyalur udara dingin ke komponen evaporator setelah itu evaporator nantinya akan menghembuskan udara dingin tersebut ke dalam kabin. Oleh karena itu, kalau sampai kompresor sampai kehilangan tekanannya hal ini akan berdampak kompresor tidak dapat bekerja dengan baik dan membuat udara dingin tidak akan keluar.

  1. Sekring Mobil Putus

Kondisi sekring pada blower AC yang putus juga bisa menyebabkan kipas mobil tidak berputar dengan tidak maksimal. Terlebih, sekring pada mobil memiliki fungsi penting yaitu untuk memberi aliran aris listrik ke bagian mesin mobil. Oleh karena itu, kalau sampai sekring ini putus akan membuat aliran listrik ke bagian kipas AC menjadi terputus dan karena tidak adanya aliran listrik ini membuat suhu udara di dalam mobil menjadi tidak dingin lagi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Biasanya putusnya sekring pada blower AC ini disebabkan karena terjadinya overheating pada mesin atau karena korsleting listrik.

  1. Relay Mengalami Kerusakan

Relay pada komponen kipas AC mobil Anda memiliki fungsi untuk menetralkan tegangan arus listrik yang memiliki daya tinggi menjadi normal. Ketika relay ini putus akan menyebabkan relay menghasilkan panas yang jadi berlebihan. Panas yang berlebihan ini bisa menyebabkan terjadinya overheating pada mesin mobil dan hal ini juga bisa membuat kipas mobil tidak berputar dengan baik atau bahkan mati total.

  1. Kerusakan Pada Saklar Blower AC Mobil

Sebenarnya, komponen saklar pada blower atau kipas AC ini cukup jarang mengalami kerusakan. Saklar atau yang juga dikenal sebagai switch ini biasanya terletak pada bagian console AC dan memiliki icon berbentuk kipas. Komponen blower yang satu ini memiliki fungsi untuk menambah atau mengurangi kecepatan dari kipas blower AC pada mobil.

Walaupun saklar dikenal sebagai komponen dari blower AC yang tidak mudah rusak, tetap saja adanya pontensi kerusakan masih tetap bisa terjadi kalau Anda tidak melakukan perawatan pada kondisi AC mobil secara baik dan rutin.

Ketika komponen saklar ini mengalami kerusakan akan menyebabkan arus listrik tidak bisa mengalir ke blower dan menyebabkan kipas AC mobil tidak bisa berputar dan menghasilkan udara dingin pada kabin.

Dibaca Juga:Grill Kabin Tidak Ada Angin? Waspadalah!

Cara Mengatasi Kipas AC Mobil Mati

Ada beberapa hal atau cara yang bisa Anda lakukan kalau kipas mobil tidak berputar atau mati secara tiba tiba. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari masalah yang menjadi penyebabnya, dengan memperhatikan komponen komponen pada kipas AC mobil. Untuk hal ini, Anda bisa dengan mengecek apakah kadar carbon brush pada kipas AC mobil mengalami kerusakan karena kondisi brush yang sudah habis ini bisa membuat kinerja dari kipas AC mobil menjadi tidak maksimal.

Selain kondisi dari brush, coba untuk lakukan pemeriksaan pada komponen komponen pada relay dari extra fan. Bisa saja kondisi dari kipas AC menjadi tidak bisa berputar karena relay socket yang longgar dan kalau sudah longgar sebaiknya ganti dengan yang baru.

Tanpa Anda sadari, benturan yang sering terjadi juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa kipas AC menjadi rusak atau mati. Namun, kalau hal ini terjadi Anda sudah harus menggantinya dengan yang baru dan ketika melakukan pergantian kipas AC mobil ini sebaiknya dilakukan di bengkel mobil terdekat. Salah satunya adalah bengkel dokter mobil yang memang sudah sering menjadi rekomendasi para pengendara mobil untuk urusan penanganan masalah AC mobil.

Tips Menjadi Kesehatan Kipas AC Mobil

Tentu saja Anda perlu melakukan beberapa tahapan untuk menjaga kipas AC mobil agar dapat bekerja dengan baik, salah satunya adalah dengan mengecek air radiator mobil. Air radiator pada mobil ini memang bisa digunakan sebagai alat untuk mengecek apakah kipas AC masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak, kalau komponen ini rusak dapat mengakibatkan Anda tidak mengetahui lagi apakah kipas AC masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Selain itu, untuk merawat kondisi kipas AC agar tetap memiliki kinerja yang optimal adalah dengan melakukan perawatan kipas AC secara rutin. Perawatan rutin yang dilakukan secara berkala ini memang sangat penting untuk memastikan kondisi kipas AC mobil untuk tetap dalam kondisi yang baik. Akan tetapi, sebaiknya lakukan perawatan kipas AC sehingga terhindar dari kipas mobil tidak berputar di bengkel mobil yang terpercaya seperti bengkel dokter mobil di mana mobil Anda akan ditangani oleh orang orang yang profesional dan berpengalaman.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *