📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

6 Tanda Filter Udara Mobil Harus Diganti secara Berkala

6 Tanda Filter Udara Mobil Harus Diganti secara Berkala

Filter udara merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, termasuk pada mobil. Fungsi dari filter udara mobil adalah untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin agar bersih dari kotoran, debu, dan partikel-partikel lain yang dapat mengganggu kinerja mesin.

Namun, seiring dengan penggunaan kendaraan, filter udara mobil dapat menjadi kotor dan tersumbat, yang dapat memengaruhi kinerja mesin dan bahkan mengurangi efisiensi bahan bakar.

Tanda Filter Udara Mobil Harus Diganti

Seringkali filter udara mobil terlupakan dan tidak mendapat perhatian yang cukup dari pemilik kendaraan.

Padahal, penggantian filter udara mobil secara teratur sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda. Berikut ini adalah tanda-tanda filter udara mobil harus diganti.

  1. Konsumsi Bahan Bakar yang Lebih Tinggi

Konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dari biasanya adalah salah satu tanda yang menunjukkan bahwa filter udara mobil perlu diganti.

Filter udara mobil berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin agar bersih dari kotoran dan partikel-partikel lain.

Namun, seiring waktu dan penggunaan kendaraan, filter udara mobil dapat menjadi kotor dan tersumbat.

Hal ini dapat memengaruhi kinerja mesin dan bahkan mengurangi efisiensi bahan bakar.

Ketika filter udara mobil kotor atau tersumbat, udara tidak dapat mengalir dengan optimal ke mesin dan mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan daya yang sama.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Akibatnya, mobil akan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar daripada biasanya.

Jika Anda mengalami konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi daripada biasanya, segera periksakan filter udara mobil Anda dan ganti jika perlu.

Ini akan membantu menjaga efisiensi bahan bakar mobil Anda dan mencegah kerusakan mesin yang lebih serius di kemudian hari.

  1. Jarak Tempuh Melampaui Batasan yang Ditentukan

Jika Anda melihat bahwa jarak tempuh mobil Anda telah melampaui batasan yang ditentukan, ini bisa menjadi tanda filter udara mobil harus diganti.

Setiap produsen mobil memiliki jadwal penggantian filter udara yang berbeda-beda.

Namun, umumnya, filter udara mobil harus diganti setiap 15.000 hingga 30.000 kilometer atau setiap satu atau dua tahun.

Jadwal penggantian dapat bervariasi tergantung pada merek dan model mobil, serta kondisi lingkungan tempat mobil digunakan.

Ketika jarak tempuh mobil Anda telah melampaui batas waktu atau jarak tempuh penggantian filter udara, segera ganti filter udara Anda.

Hal ini akan membantu menjaga kondisi mesin mobil Anda dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius di kemudian hari.

Penggantian filter udara mobil secara teratur juga akan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil Anda dan memperpanjang umur mesin mobil Anda.

  1. Suara Mesin yang Tidak Biasa

Jika filter udara mobil kotor atau tersumbat, mesin dapat mengeluarkan suara yang tidak biasa atau tidak wajar, seperti desisan atau suara hisap.

Hal ini terjadi karena udara yang masuk ke dalam mesin terbatas, sehingga mesin harus bekerja lebih keras dan dapat mengeluarkan suara-suara yang tidak biasa.

Jika Anda mendengar suara mesin yang tidak biasa, segera periksa filter udara mobil Anda dan ganti jika perlu.

Ketika suara mesin mobil Anda menjadi tidak biasa, ini bisa menjadi tanda bahwa filter udara mobil perlu diganti.

Suara mesin yang tidak biasa dapat disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi filter udara mobil yang kotor atau tersumbat dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Jika filter udara mobil kotor atau tersumbat, aliran udara ke mesin dapat terhambat, yang dapat memengaruhi kinerja mesin dan bahkan mengeluarkan suara yang tidak biasa.

Suara mesin yang tidak biasa juga dapat menjadi tanda adanya masalah pada mesin mobil Anda.

Jangan mengabaikan suara mesin yang tidak biasa karena hal ini dapat memperburuk kondisi mesin dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius di kemudian hari.

Jika Anda mendengar suara mesin yang tidak biasa, segera periksa filter udara mobil Anda dan ganti jika perlu.

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan perawatan mesin mobil secara teratur dan mengganti filter udara pada jadwal yang ditentukan oleh produsen mobil.

Ini akan membantu menjaga kondisi mesin mobil Anda dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius di kemudian hari.

  1. Performa Mesin Menurun

Jika filter udara sangat kotor atau tersumbat, aliran udara ke mesin dapat terhambat, yang dapat mengurangi kinerja mesin dan membuatnya lebih lambat dalam merespons.

Hal ini dapat memengaruhi akselerasi dan kecepatan mobil Anda.

Performa mesin yang menurun juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi filter udara mobil yang kotor atau tersumbat dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Jika Anda merasa performa mesin mobil Anda menurun, periksa filter udara mobil Anda dan ganti jika perlu.

Penggantian filter udara mobil secara teratur akan membantu menjaga kinerja mesin mobil Anda dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius di kemudian hari.

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan perawatan mesin mobil secara teratur dan mengganti filter udara pada jadwal yang ditentukan oleh produsen mobil.

  1. Bau Tidak Sedap di dalam Kabin Mobil

Jika filter udara mobil kotor atau tersumbat, udara yang masuk ke dalam kabin dapat menjadi kurang segar dan menyebabkan bau tidak sedap.

Hal ini dapat terjadi karena sirkulasi udara yang tidak optimal dan udara yang masuk ke dalam kabin tidak bersih.

Bau tidak sedap di dalam kabin mobil dapat memengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara.

Jika Anda merasa bau tidak sedap di dalam kabin mobil, periksa filter udara kabin mobil Anda dan ganti jika perlu.

Pastikan juga untuk membersihkan saluran AC mobil Anda secara teratur dan menjaga kebersihan kabin mobil Anda.

Ini akan membantu menjaga kualitas udara di dalam kabin mobil Anda dan membuat pengalaman berkendara Anda menjadi lebih nyaman.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menghilangkan Bau Mobil Tidak Sedap

  1. Kotoran Terlihat pada Filter

Tanda terakhir bahwa filter udara mobil harus diganti adalah ketika terlihat kotoran atau debu yang menempel pada permukaan filter.

Kotoran atau debu dapat menyumbat filter udara dan memengaruhi aliran udara ke mesin. Jika terlihat kotoran pada filter udara mobil Anda, segera ganti filter udara Anda.

Penggantian filter udara mobil secara teratur akan membantu menjaga kinerja mesin mobil Anda dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius di kemudian hari.

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan perawatan mesin mobil secara teratur dan mengganti filter udara pada jadwal yang ditentukan oleh produsen mobil.

Ini akan membantu menjaga kondisi mesin mobil Anda dan memperpanjang umur mesin mobil Anda.

Pentingnya Pergantian Filter Udara secara Berkala dan Perawatan Mesin secara Prima

Penggantian filter udara mobil perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda.

Jika Anda mengalami tanda-tanda yang telah disebutkan di atas, segera periksa filter udara mobil Anda dan ganti jika perlu.

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan perawatan mesin mobil secara teratur dan mengganti filter udara pada jadwal yang ditentukan oleh produsen mobil.

Kesimpulan

Pada artikel 6 tanda filter udara mobil harus diganti di atas, telah dijelaskan bahwa filter udara mobil perlu diganti secara berkala agar kondisi mesin tak terkontaminasi dengan kotoran dari luar.

Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa filter udara mobil harus diganti meliputi konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Jarak tempuh melampaui batasan yang ditentukan, suara mesin yang tidak biasa, performa mesin menurun, bau tidak sedap di dalam kabin mobil, dan kotoran terlihat pada filter.

Penting untuk diingat bahwa penggantian filter udara mobil perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda.

Jangan menunda penggantian filter udara karena hal ini dapat memperburuk kondisi mesin mobil Anda dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

Selain itu, percayakan perawatan mobil kesayangan Anda dengan layanan tune up Jet Clean dari Dokter Mobil untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!