New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab busi mobil hitam

Ini Dia 3 Penyebab Busi Mobil Hitam dan Cara Mengatasinya

Sebagai pemilik kendaraan, salah satu tanda-tanda kerusakan mesin adalah busi mobil tampak hitam. Ada beberapa penyebab busi mobil hitam. Maka dari itu, jangan pernah menganggap remeh jika busi mobil tampak menghitam. Bisa jadi, mesin mobil mengalami kerusakan pada bagian tertentu.

Maka dari itu, Anda selaku pemilik kendaraan wajib melakukan tune up mesin agar kerusakan pada komponen mobil dapat dicegah sedini mungkin. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi Dokter Mobil selaku bengkel terpercaya untuk melakukan tune up kendaraan agar dapat diketahui bagian komponen apakah yang harus diservis atau harus diganti.

Yuk Simak, Inilah 3 Penyebab Busi Mobil Hitam yang Harus Diketahui

cara membersihkan mesin mobil

 

Memang, busi tampak hitam ini tidak mempengaruhi performa mesin kendaraan. Hanya saja, hal tersebut menjadi salah satu ciri-ciri kerusakan pada komponen mesin tertentu. Sehingga, pemilik disarankan untuk segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan kondisi mesin mobil. Ada beberapa faktor yang menyebabkan busi mobil menghitam. Maka dari itu, ini dia 3 penyebab utama busi mobil tampak hitam. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kotornya Filter Udara

Pertama, filter udara komponen mobil menjadi salah satu penyebab menghitamnya busi mobil. Kotornya filter udara ini disebabkan karena menumpuknya debu dan kotoran. Sehingga, udara tidak dapat masuk ke bagian komponen mesin. Oleh sebab itu, elektroda busi mobil tampak menghitam karena tidak ada udara yang masuk ke kap mesin.

  1. Oli Mesin Bocor

Kedua, oli mesin yang mengalami kebocoran juga menjadi satu dari sekian banyak penyebab busi mobil hitam. Oli mesin yang mengalami kebocoran ini dapat menyebabkan komponen mesin mobil aus dan berkarat. Jika hal tersebut dibiarkan tanpa adanya tindakan solutif, maka kebocoran oil mesin bisa membuat elektroda busi menghitam.

  1. Kadar Bahan Bakar Terlalu Banyak Masuk ke Mesin Mobil

Ketiga, kadar bahan bakar terlalu banyak masuk ke mesin mobil. Hal ini juga menyebabkan busi tampak menghitam. Sebab, busi mobil terlalu basah. Akhirnya, busi mobil terlalu bekerja terlalu ekstra. Sehingga, elektroda busi akan cepat menghitam karena pasokan bahan bakar terlalu banyak ke mesin mobil.

Cara Mengatasi Masalah Busi Mobil Hitam

Jika Anda mendapati busi mobil tampak menghitam, maka jangan langsung menggantinya terlebih dahulu. Sebab, masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah di rumah. Hanya saja, tidak semua orang yang memiliki pengetahuan tentang dunia servis mobil mengetahui cara mengatasi kerusakan tersebut.

Cara pertama untuk mengatasi busi mobil menghitam adalah dengan mengamplas elektroda busi mobil. Silahkan amplas bagian elektroda secara perlahan-lahan. Hal tersebut digunakan agar busi mobil tetap dapat memercikkan bunga api ketika mobil distarter. Kemudian, pasang kembali busi mobil.

Lalu, hidupkan mobil. Jika belum berhasil, maka segera bawa kendaraan ke bengkel mobil terdekat untuk pengecekan atau tune up lebih lanjut. Agar masalah busi mobil menghitam dapat diatasi segera.

Dokter Mobil, Bengkel Tune up dan Servis Mobil Terbaik untuk Mengatasi Masalah Kerusakan Busi

Bagi Anda yang tengah mencari bengkel mobil terbaik dan terpercaya, maka Dokter Mobil lah jawabannya. Sebab, disini segala keluhan pemilik terkait kerusakan kendaraan dapat segera teratasi dengan baik. Untuk mencari tahu penyebab busi mobil hitam, maka pemilik kendaraan dapat melakukan pengecekan kondisi mesin mobil atau tune up.

Dengan begitu, maka penyebab kerusakan busi mobil dapat diketahui. Sehingga, montir dan teknisi Dokter Mobil dapat melakukan tindakan solutif sesuai jenis kerusakannya. Tak perlu ragu dengan kualitas bengkel Dokter Mobil.

Sebab, kami menggunakan alat canggih untuk melakukan tune up mesin mobil. Bahkan, kami tidak perlu membongkar mesin untuk melakukan tune up. Jadi, proses tune up mesin mobil hanya melalui ECU (Electric Control Unit).

Baca Juga : Cara Menguras Air Radiator Dengan Mudah

Dan kami juga menyediakan para montir serta teknisi berpengalaman yang membantu Anda untuk menservis mobil. Sehingga, proses servis mobil dapat berjalan lancar dan Anda dapat kembali mengendarai kendaraan dengan aman.

Salah satu ciri kerusakan mesin mobil adalah menghitamnya busi mobil. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Maka dari itu, segera bawa ke Dokter mobil untuk mengetahui penyebab busi mobil hitam dan melakukan tindakan solutif yang dibutuhkan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!