New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Cara Mengetahui Masalah pada Kompresor AC Mobil

Bagaimana Cara Mengetahui Masalah pada Kompresor AC Mobil Anda? Wajib simak ulasan Dokter Mobil. Dalam sistem pendingin udara di dalam mobil, kompresor AC memegang peranan yang penting. Kompresor merupakan mekanisme yang tugasnya adalah menghisap uap refrigeran yang berasal dari evaporator, lalu menekan atau mengkompres uap tersebut sehingga suhu dan tekanannya jadi lebih tinggi. Karena perbedaan tekanan inilah, maka refrigeran, atau dalam hal ini freon AC, bisa mengalir menuju semua bagian sistem pendingin.

Masalah pada Kompresor AC Mobil

1. Timbul Bunyi Pada Kompresor AC

Coba perhatikan saat AC mobil dihidupkan apakah terdengar suara agak kasar dari ruang mesin? Jika Iya, berarti kompresor AC mengalami masalah. Tetapi begitu tombol AC digeser lagi ke posisi OFF, suara di balik kap mesin kembali normal dan tidak timbul bunyi lagi.

Penyebabnya, bisa karena oli kompresor kurang akibat terjadi kebocoran, keausan pada piston kompresor dan silinder piston kompresor. Bisa juga disebabkan bearing puli kompresor longgar atau oblag. Juga terkadang bukan karena oli kompresor kurang, tetapi karena jumlah freon AC kurang dari standar.

2. Kompresi Kompresor AC lemah / berkurang

Ciri-cirinya ialah hembusan udara AC terasa kurang dingin apabila mesin berada di rpm rendah. Ketika mesin digas hingga 2000 rpm atau mobil mulai jalan di kecepatan tertentu, hembusan angin mulai terasa lebih dingin.

Selain telah terjadi keausan pada dinding piston dan silindernya kompresi kompresor berkurang juga bisa disebabkan oleh klep yang ada di atas piston putus.

3. Bocor pada Kompresor

Ciri-ciri terjadi pada kompresor AC adalah pada bodi kompresor terlihat basah oleh oli dan berdebu dan beberapa bagian pada kompresor yang bisa menjadi tempat terjadinya kebocoran

4. Magnetic Clutch AC rusak

Magnetic Clutch Assy adalah bagian dari kompresor AC. Kebanyakan Magnetic Clutch pada kompresor AC rusak adalah karena gulungan spul yang putus atau short, tetapi untuk spul magnetic clutch rusak jika pada spul tersebut terdapat sensor temperatur. Kompresor akan bekerja lagi setelah suhu kompresor sudah turun.

Jika menemukan AC mobil kita dengan ciri-ciri seperti diatas, sebaiknya segera cek ke bengkel AC mobil untuk service AC mobil.

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Hubungi Dokter Mobil untuk melakukan booking di Dokter Mobil.
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 08788088457

Nah, itulah ulasan terkait Masalah pada Kompresor AC Mobil. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!