New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Panduan Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Starter dengan Sangat Mudah

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Starter dengan Cepat

Anda yang membutuhkan cara mengatasi mobil tidak bisa distarter bisa mencoba beberapa langkah berikut ini. Dijamin cepat dan mudah dilakukan. Semoga bermanfaat.

Namun sebelum mempelajari bagaimana caranya, sangat penting mengetahui apa saja penyebab masalah ini. Dengan demikian, solusi bisa lebih spesifik dan sesuai dengan penyebab masalah.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Starter

Walaupun bukan merupakan masalah yang dapat mengancam jiwa, tetapi kondisi di mana mobil tidak bisa distarter tentu membuat kesal. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui:

  1. Apa saja yang menyebabkan masalah ini
    Dengan demikian anda tahu hal apa yang perlu dilakukan agar masalah ini tidak muncul pada anda.
  2. Solusi mengatasi masalah ini
    Dengan demikian, anda tahu apa yang harus dilakukan ketika suatu saat masalah ini terjadi.

Oleh karena itu, untuk dapat mengatasi mobil tidak bisa starter maka anda harus tahu apa saja penyebab masalah ini. Adapun penyebab mobil tidak bisa starter di antaranya adalah:

Bahan Bakar Sudah Hampir Habis

Kebanyakan mobil yang sulit distarter terjadi karena bahan bakarnya sudah hampir habis. Jadi pembakaran tidak bisa terjadi. Dan mesin tidak bisa menyala.

Namun bisa jadi ada masalah pada bahan bakar sehingga supllai bahan bakar tidak bisa optimal ke saluran pembakaran. Biasanya terjadi karena:

  • Saluran Pembakaran Tersumbat

    Terjadi karena hal-hal seperti filter bensin atau filter solar sudah kotor dan mampet. Akibatnya, aliran bahan bakar tidak bisa ke mesin untuk pembakaran.

  • Terjadi Pembekuan

    Ketika berada di suhu yang sangat dingin, ada kemungkinan terjadi kondensasi sehingga saluran pembakaran membeku.

Jadi ketika mobil tiba-tiba tidak bisa ditarter, cobalah check apakah bahan bakar masih terisi. Jika memang terisi, cobalah check apakah akhir-akhir ini mobil mengalami gejala brebet. Jika memang IYA, maka kemungkinan meman ada penyumbatan atau pembekuan di saluran pembakaran.

Aki Mobil Bermasalah

Merupakan penyebab umum mobil yang tiba-tiba tidak bisa distarter. Karena starter membutuhkan kelistrikan, dan jika aki tidak bisa mensuplai kelistrikan dengan baik, maka masalah sulit distarter akan muncul.

Namun masalah ini tidak melulu perihal aki mobil. Oleh sebab itu, sangat penting untuk:

  • Mengecheck Kondisi Aki

    Batere tester sangat penting untuk digunakan sebagai acuan melihat kondisi aki. Jika kondisi aki sudah tidak layak, maka memang harus diganti. Namun jika aki masih baik, maka pengecheckan lebih lanjut diperlukan.

  • Mencoba Melakukan Jumper

    Bisa jadi masalah sulit starter yang anda alami terjadi bukan hanya karena kondisi aki. Oleh sebab itu, cobalah melakukan starter sambil menjumper kelistrikan mobil. Jika masih sulit distarter, maka kemungkinan ada masalah lain yang perlu diatasi.

Namun tentunya banyak juga mobil yang akinya masih bagus, tapi ternyata masih sulit distarter. Apa penyebabnya?

Masalah pada Busi Mobil

Selain kelistrikan mobil, pengapian juga sangat penting. Namun busi yang kotor menyebabkan percikan api menjadi terhambat. Akibatnya, mobil jadi lebih sulit untuk distarter.

Lantas bagaimana cara mengatasi mobil tidak bisa starter karena busi kotor?

Anda bisa mencoba membersihkan busi yang kotor tersebut. Sangat disarankan untuk mengganti busi tersebut. Penggantian dilakukan untuk memastikan busi yang anda pakai benar-benar optimal.

Namun selain busi, bisa jadi masalahnya adalah di coil busi yang rusak. Akibatnya percikan api dari busi tidak bisa sampai untuk memancing terjadinya proses pembakaran. Ciri coil busi yang rusak adalah suhunya yang mudah sekali panas. Oleh sebab itu, untuk jenis mobil-mobil baru, sangat disarankan untuk menggunakan coil racing.

Kerusakan pada Sakelar Mobil

Penyebab lain dari mobil yang tidak bisa distarter ternyata kerusakan pada sakelar mobil. Ciri adanya masalah pada sakelar adalah sakelar terasa panas disentuh. Hal ini terjadi karena biasanya ada masalah pada kabel sakelar.

Namun sebelum memutuskan mengganti sakelar, anda harus mengecheck keseluruhan kondisi mobil. Terutama “apa yang menyebabkan sakelar mengalami kerusakan”. Karena jika penyebab kerusakan sakelar tidak diatasi, berapakalipun mengganti sakelar, masalah ini akan muncul kembali.

Solusi Pencegahan dan Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Starter

Jika kasus ini menimpa anda, jangan panik adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah:

  1. Gunakan Volt Stabilizer

    Volt stabilizer dapat membantu menjaga kestabilan kelistrikan mobil. Dengan demikian, mencegah terjadi korsleting mobil. Penggunaan volt stabilizer tidak hanya mencegah korsleting, namun juga mencegah terjadinya kebakaran mobil.

    Anda bisa menggunakan JS One ataupun R-Project sebagai volt stabilizer mobil anda.

  2. Cobalah Gunakan Jumper

    Jumper sangat penting untuk dibawa-bawa saat bepergian. Terutama jika mobil yang anda bawa merupakan mobil tua. Dengan menggunakan jumper, anda bisa memaksa mobil untuk menyala dan memastikan setidaknya mobil bisa berjalan sampai ke bengkel untuk pengecheckan lebih lanjut.

  3. Check Kondisi Bahan Bakar

    Cara mengatasi mobil tidak bisa starter lainnya adalah dengan mengecheck kondisi BBM. Apakah masih ada, atau sudah kosong. Hal ini sangat penting, terutama pada mobil yang jarum indikator bensinnya sedang rusak (tidak bisa menunjukkan angka real).

Demikian beberapa penyebab masalah dan cara mengatasi mobil tidak bisa starter dengan cepat dan mudah. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!