📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mobil Bekas Kilometer Tinggi: 5 Keuntungan & Kerugiannya

Mobil Bekas Kilometer Tinggi, 5 Keuntungan & Kerugiannya

Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas dengan jarak tempuh yang tinggi? Beberapa orang mungkin ragu untuk melakukannya karena alasan kualitas mobil yang sudah tergerus oleh waktu. Namun, sebenarnya ada beberapa keuntungan dan kerugian yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas kilometer tinggi.

Keuntungan-keuntungan tersebut dapat membantu Anda menghemat biaya, sementara kerugian-kerugiannya dapat membantu Anda mempersiapkan anggaran perbaikan atau perawatan yang mungkin dibutuhkan di masa mendatang. Berikut adalah pembahasan detail mengenai apa saja keuntungan dan kerugian yang bisa anda dapatkan jika membeli mobil bekas kilometer tinggi. Yuk simak!

5 Keuntungan Mobil Bekas Kilometer Tinggi

Mobil bekas dengan kilometer tinggi sering kali dianggap sebagai pilihan yang kurang ideal oleh sebagian orang. Namun, kenyataannya, membeli mobil bekas dengan kilometer tinggi memiliki sejumlah keuntungan yang patut dipertimbangkan. Berikut adalah lima keuntungan membeli mobil bekas dengan kilometer tinggi:

1. Harga lebih terjangkau

Keuntungan utama membeli mobil bekas kilometer tinggi adalah harganya yang lebih terjangkau. Biasanya, kendaraan yang telah banyak melaju akan dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kendaraan serupa yang kilometer-nya masih rendah. Hal ini memungkinkan pembeli untuk mendapatkan kendaraan yang mungkin sebelumnya tidak terjangkau dengan anggaran mereka.

2. Kondisi kendaraan sudah diketahui

Kendaraan yang telah menempuh jarak yang jauh sering kali sudah melewati tahap perawatan dan perbaikan secara rutin. Kondisi kendaraan yang sudah diketahui ini dapat memberikan kepercayaan bagi pembeli bahwa kendaraan tersebut telah dalam kondisi yang baik. Selain itu, penggunaan kendaraan secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan akibat tidak terpakainya kendaraan untuk jangka waktu yang lama.

3. Tersedia dalam jumlah yang lebih banyak

Mobil bekas kilometer tinggi lebih mudah ditemukan di pasaran dibandingkan dengan kendaraan yang masih baru atau bekas dengan kilometer rendah. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa banyak orang cenderung membeli mobil baru dan menjual kendaraan lama mereka setelah beberapa tahun. Dengan banyaknya pilihan kendaraan bekas dengan kilometer tinggi yang tersedia, pembeli memiliki kesempatan lebih besar untuk menemukan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

4. Tidak terpengaruh oleh depresiasi kendaraan

Nilai depresiasi kendaraan dapat sangat tinggi dalam beberapa tahun pertama setelah pembelian kendaraan baru. Namun, pada kendaraan bekas dengan kilometer tinggi, depresiasi kendaraan tidak lagi memengaruhi nilai kendaraan secara signifikan. Dengan kata lain, pembeli kendaraan bekas dengan kilometer tinggi tidak akan kehilangan banyak nilai kendaraan dalam waktu singkat.

5. Lebih ramah lingkungan

Membeli mobil bekas kilometer tinggi juga dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Alih-alih membeli kendaraan baru yang memerlukan produksi material baru, membeli kendaraan bekas dengan kilometer tinggi dapat membantu mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan dan memanfaatkan kembali sumber daya yang sudah ada.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Mobil Bekas Murah dibawah 50 Juta, Berkualitas!

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

5 Kerugian Mobil Bekas Kilometer Tinggi

Membeli mobil bekas dengan jarak tempuh yang sudah tinggi memiliki risiko yang cukup tinggi. Ada beberapa kerugian yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas dengan jarak tempuh tinggi. Berikut adalah lima kerugian mobil bekas kilometer tinggi:

1. Biaya perbaikan yang tinggi

Mobil bekas kilometer tinggi cenderung memiliki keausan yang lebih tinggi pada komponen penting seperti mesin, transmisi, dan suspensi. Kondisi seperti ini membutuhkan biaya perbaikan yang tinggi. Selain itu, mobil bekas dengan jarak tempuh tinggi juga berisiko mengalami masalah pada sistem kelistrikan dan aksesoris, seperti AC dan audio, yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih tinggi.

2. Nilai jual yang rendah

Mobil bekas dengan jarak tempuh tinggi cenderung memiliki nilai jual yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil bekas dengan jarak tempuh rendah. Hal ini karena mobil bekas dengan jarak tempuh tinggi dianggap sudah lebih usang dan memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi. Dalam jangka panjang, ini bisa menjadi masalah jika Anda ingin menjual mobil tersebut kembali di kemudian hari.

3. Tidak efisien dalam penggunaan bahan bakar

Mobil bekas dengan jarak tempuh tinggi umumnya membutuhkan lebih banyak bahan bakar daripada mobil bekas dengan jarak tempuh rendah. Karena mobil tersebut telah menempuh jarak yang jauh, performa mesinnya cenderung menurun dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Hal ini tentu saja akan berdampak pada biaya operasional mobil Anda.

4. Risiko keamanan yang lebih tinggi

Mobil bekas kilometer tinggi cenderung lebih rentan terhadap kecelakaan dan masalah keselamatan lainnya. Mesin yang sudah usang dapat mempengaruhi performa mobil dan sistem keselamatan, seperti rem, kemudi, dan suspensi. Hal ini bisa sangat berbahaya bagi pengendara dan penumpang di dalam mobil.

5. Kualitas interior yang menurun

Mobil bekas dengan jarak tempuh tinggi umumnya telah digunakan selama beberapa tahun dan cenderung memiliki kualitas interior yang menurun. Kursi, karpet, dan trim dapat mengalami keausan dan kerusakan, sehingga mobil terlihat lebih tua dan kurang menarik. Selain itu, mobil bekas dengan jarak tempuh tinggi juga cenderung memiliki bau tak sedap di dalam kabin yang sulit untuk dihilangkan.

Kesimpulannya, membeli mobil bekas kilometer tinggi memiliki beberapa risiko yang harus diperhatikan. Biaya perbaikan yang tinggi, nilai jual yang rendah, penggunaan bahan bakar yang tidak efisien, risiko keamanan yang lebih tinggi, dan kualitas interior yang menurun adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil bekas dengan jarak tempuh tinggi.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/