📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Langkah-langkah Cara Ganti Filter AC Mobil yang Tepat

Langkah-langkah Cara Ganti Filter AC Mobil yang Tepat

Mempertahankan kenyamanan saat berkendara bukanlah hal yang sulit jika Anda memiliki AC mobil yang berfungsi dengan baik.

Namun, untuk memastikan AC mobil tetap bekerja dengan optimal, tahu dan lakukan cara ganti filter AC mobil menjadi salah satu tugas perawatan rutin yang tidak boleh diabaikan.

Jika Anda ingin mempelajari cara ganti filter AC mobil secara benar dan efektif, artikel ini akan memberikan panduan lengkap yang mudah diikuti dan dapat membantu Anda memperpanjang umur AC mobil serta meningkatkan kualitas udara di dalam kendaraan Anda.

Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Cara Ganti Filter AC Mobil

Ganti filter AC mobil adalah salah satu tugas perawatan kendaraan yang penting untuk memastikan AC berfungsi dengan optimal.

Meskipun tampak seperti tugas yang sulit, sebenarnya prosesnya cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Berikut adalah beberapa langkah dalam cara ganti filter AC mobil:

  1. Siapkan Peralatan dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses ganti filter AC mobil, pastikan Anda menyiapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk cara ganti filter AC mobil.

Salah satu peralatan yang harus disiapkan adalah filter AC baru yang sesuai dengan merek dan tipe kendaraan Anda.

Pastikan juga untuk mempersiapkan kunci pas, kain lap bersih, dan sarung tangan jika diperlukan.

Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan Anda dari kotoran dan debu yang mungkin ada di dalam kotak filter.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Memiliki semua peralatan dan bahan yang diperlukan sebelum memulai proses cara ganti filter AC mobil akan memudahkan Anda dalam melaksanakan tugas ini dengan lancar.

  1. Cari Lokasi Filter AC

Lokasi filter AC pada mobil dapat bervariasi tergantung pada merek dan tipe kendaraan Anda. Filter AC mobil biasanya terletak di dalam kotak filter yang berada di dalam kompartemen mesin, di sebelah kanan atau kiri samping mesin mobil.

Untuk menemukan lokasinya, Anda dapat merujuk pada buku panduan pemilik kendaraan atau bertanya kepada mekanik terpercaya.

Jika tidak menemukan kotak filter di dalam kompartemen mesin, maka kemungkinan besar kotak filter terletak di dalam kabin mobil, di bawah dashboard dekat dengan sistem AC.

Penting untuk mengetahui lokasi filter AC agar bisa melaksanakan tugas cara ganti filter AC mobil dengan tepat dan benar.

  1. Lepaskan Kotak Filter

Setelah menemukan kotak filter, lepaskan penutupnya dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak merusak penutup atau bagian dalam kotak filter.

Jika penutup terkunci, gunakan kunci pas untuk membukanya. Lepaskan dengan hati-hati dan perlahan, jangan terburu-buru atau terlalu kasar karena ini dapat merusak bagian dalam kotak filter.

Jika Anda kesulitan membuka penutup, jangan ragu untuk mencari bantuan dari mekanik terpercaya atau orang yang lebih berpengalaman.

Setelah penutup dibuka, buang filter lama dengan benar dan bersihkan kotak filter menggunakan kain lap bersih untuk memastikan tidak ada kotoran atau debu yang tersisa di dalam kotak.

Dengan melepas kotak filter dengan hati-hati dan membersihkannya dengan baik, Anda akan memastikan filter baru terpasang dengan benar dan bekerja dengan optimal.

  1. Keluarkan Filter AC Lama

Setelah membuka penutup, keluarkan filter AC lama dari dalam kotak filter. Pastikan untuk tidak merusak atau menekuk filter lama saat mengeluarkannya.

Filter lama mungkin sudah kotor atau terlihat kusam, tergantung pada seberapa sering Anda membersihkannya.

Meskipun filter lama terlihat seperti sampah, jangan langsung membuangnya di tempat sampah biasa, karena filter AC mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

Pastikan untuk membuang filter lama dengan benar, yaitu dengan membawanya ke tempat daur ulang yang menerima filter AC.

  1. Pasang Filter AC Baru

Setelah mengeluarkan filter lama, pasang filter AC baru dengan hati-hati di dalam kotak filter untuk cara ganti filter AC mobil.

Pastikan filter baru terpasang dengan rapat dan posisinya sesuai dengan tanda panah pada filter. Filter baru harus sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda untuk memastikan AC berfungsi dengan baik.

Pastikan untuk memeriksa dan memastikan bahwa filter AC baru terpasang dengan benar. Pastikan juga tidak ada celah antara filter dan kotak filter saat lakukan cara ganti filter AC mobil, karena hal ini dapat mengurangi efektivitas filter dan membuat AC menjadi kurang dingin.

Baca Juga: 6 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

  1. Pasang Kembali Penutup Kotak Filter

Setelah memasang filter baru, pasang kembali penutup kotak filter dan pastikan semua bagian terkunci dengan rapat sebagai cara ganti filter AC mobil.

Pastikan penutup terpasang dengan benar dan terkunci dengan aman untuk mencegah masuknya udara kotor dan debu ke dalam sistem AC mobil.

Pastikan juga bahwa tidak ada celah atau bagian yang tidak terpasang dengan benar. Pastikan penutup kotak filter pasang dengan baik sebelum menutup kap mesin ketika lakukan cara ganti filter AC mobil.

Setelah penutup terpasang dengan benar, tutup kap mesin dan tes AC dengan menyalakannya. Pastikan udara yang keluar dari sistem AC bersih dan dingin, dan tidak terdapat masalah pada sistem AC.

  1. Tes AC

Setelah selesai melakukan cara ganti filter AC mobil, pastikan untuk menguji AC dengan cara menyalakannya untuk mengetahui cara ganti filter AC mobil berakhir dengan sempurna atau tidak.

Pastikan udara yang keluar dari sistem AC bersih dan dingin. Jika udara yang keluar terasa kurang dingin atau kurang bersih, kemungkinan ada masalah dengan sistem AC yang perlu segera diatasi.

Jika ada masalah yang tidak dapat Anda atasi, segera hubungi mekanik terpercaya untuk memeriksa sistem AC Anda.

Penting untuk memastikan bahwa sistem AC mobil berfungsi dengan baik untuk menghindari masalah yang lebih besar di masa depan.

Perlu diketahui bahwa mengetahui dan melakukan cara ganti filter AC mobil secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja AC mobil Anda.

Filter AC mobil berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dari udara yang masuk ke dalam mobil, sehingga dapat mencegah masuknya partikel berbahaya ke dalam sistem AC mobil.

Jika filter AC tidak diganti secara berkala, maka partikel-partikel tersebut akan menumpuk dan mengganggu kinerja sistem AC, sehingga AC tidak dapat bekerja secara optimal.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pergantian filter AC mobil setiap 10.000 km atau setahun sekali.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!