📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Penyebab Mobil Digas Mati, Relax & Jangan Panik!

5 Penyebab Mobil Digas Mati, Relax & Jangan Panik!

Mobil digas mati mendadak saat sedang dikendarai bisa menjadi momok yang menakutkan bagi para pengemudi. Namun, tak perlu panik terlebih dahulu. Ada beberapa penyebab umum mengapa mobil bisa mati tiba-tiba dan Anda bisa melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Dari masalah bahan bakar, hingga masalah pada mesin, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mobil digas mati. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan perbaikan atau meminta bantuan ahli yang tepat agar mobil Anda kembali berjalan dengan lancar.

5 Penyebab Mobil Digas Mati

Ketika sedang berkendara, mobil digas matibisa menjadi momok yang menakutkan bagi para pengemudi. Namun, ada beberapa penyebab umum mengapa hal ini bisa terjadi dan setiap penyebab memiliki tindakan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk mengetahui penyebab umum mobil mogok agar dapat mengambil tindakan yang tepat dan menghindari hal-hal yang lebih buruk terjadi. Berikut ini adalah 5 penyebab umum mobil digas mati yang perlu diketahui oleh pengemudi.

1. Masalah bahan bakar

Salah satu penyebab mobil digas mati paling umum adalah masalah bahan bakar. Hal ini bisa terjadi jika mobil kehabisan bahan bakar atau ada masalah pada sistem bahan bakar seperti pompa bahan bakar atau filter bahan bakar yang tersumbat.

Jika mobil Anda mogok karena masalah bahan bakar, pastikan untuk mengecek level bahan bakar terlebih dahulu. Jika level bahan bakar cukup, periksa sistem bahan bakar untuk mencari masalah yang mungkin terjadi. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel terdekat jika Anda tidak yakin dengan apa yang harus dilakukan.

2. Masalah sistem listrik

Masalah pada sistem listrik juga bisa menyebabkan mobil mogok. Beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah mobil digas mati ini adalah aki yang lemah atau mati, kabel busi yang rusak, atau alternator yang bermasalah. Jika mobil Anda tidak bisa dinyalakan atau mati tiba-tiba ketika sedang berjalan, periksa terlebih dahulu sistem listrik mobil Anda. Pastikan aki dalam kondisi yang baik, kabel busi tidak rusak, dan alternator berfungsi dengan baik. Jika diperlukan, bawa mobil ke bengkel untuk memeriksanya.

3. Masalah mesin

Masalah pada mesin juga bisa menjadi penyebab mobil mati tiba-tiba. Beberapa masalah mesin yang umum adalah busi yang rusak, kopling yang aus, atau sensor mesin yang bermasalah. Jika mobil Anda mati karena masalah mesin, pastikan untuk mengecek kondisi busi dan kopling. Jika keduanya dalam kondisi baik, periksa sensor mesin untuk mencari masalah yang mungkin terjadi.

4. Overheating

Overheating atau kelebihan panas pada mesin juga bisa menyebabkan mobil digas mati. Hal ini biasanya terjadi jika mobil terlalu lama berjalan atau mesin tidak mendapatkan cukup pendingin udara. Jika mobil Anda mati karena overheating, pastikan untuk menghentikan mobil segera dan mematikan mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Biarkan mesin dingin selama beberapa menit sebelum membuka kap mesin dan memeriksa level cairan pendingin. Jika level cairan pendingin rendah, tambahkan cairan pendingin sebelum melanjutkan perjalanan.

5. Masalah pada sistem starter

Masalah pada sistem starter juga bisa menyebabkan mobil mati tiba-tiba. Hal ini biasanya terjadi ketika sistem starter mengalami kerusakan atau terdapat masalah pada kabel starter. Jika mobil Anda mati karena masalah pada sistem starter, pastikan untuk memeriksa kabel starter terlebih dahulu. Jika kabel starter tidak bermasalah, kemungkinan besar sistem starter perlu diganti. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk memperbaiki masalah ini.

BACA JUGA: Berbagai Penyebab Mobil Terbakar saat Parkir, Wajib Hati-hati!

Mobil mati tiba-tiba bisa disebabkan oleh berbagai masalah seperti masalah bahan bakar, sistem listrik, mesin, overheating, dan masalah pada sistem starter. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk mengetahui penyebab umum mobil digas mati agar dapat mengambil tindakan yang tepat dan menghindari hal-hal yang lebih buruk terjadi.

Selalu perhatikan tanda-tanda awal jika ada masalah pada mobil Anda dan pastikan untuk melakukan pemeliharaan secara rutin agar mobil selalu dalam kondisi yang baik. Jangan lupa untuk membawa mobil ke bengkel terdekat jika tidak yakin dengan apa yang harus dilakukan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

10 Pilihan Mobil Mewah untuk Wanita

10 Pilihan Mobil Mewah untuk Wanita

Mobil mewah bukan hanya sekadar kendaraan, tetapi juga merupakan simbol status dan gaya hidup yang elegan. Bagi wanita yang mencari kendaraan yang cocok dengan kepribadian

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form