📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Berbagai Penyebab Mobil Terbakar saat Parkir, Wajib Hati-hati!

Berbagai Penyebab Mobil Terbakar saat Parkir, Wajib Hati-hati!

Kebakaran mobil saat parkir bisa menjadi mimpi buruk bagi pemilik mobil. Selain merusak kendaraan, kebakaran mobil juga dapat membahayakan keselamatan orang-orang di sekitarnya.

Ada banyak faktor penyebab mobil terbakar saat parkir, mulai dari korsleting listrik hingga penggunaan bahan bakar yang salah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor tersebut agar dapat mengambil tindakan pencegahan dan menjaga mobil agar tetap aman.

Penyebab Mobil Terbakar saat Parkir

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa penyebab mobil terbakar saat parkir.

Kita akan membahas faktor-faktor tersebut dengan rinci dan memberikan tips-tips praktis yang dapat membantu Anda mencegah terjadinya kebakaran mobil.

Mari kita simak artikel ini dengan seksama dan jangan lewatkan informasi penting yang dapat membantu menjaga mobil Anda agar tetap aman.

  1. Korsleting Listrik

Korsleting listrik adalah salah satu penyebab mobil terbakar saat parkir yang paling umum terjadi.

Ini terjadi ketika arus listrik melampaui kapasitas kabel listrik atau jika ada bagian kabel yang terlalu panas sehingga menghasilkan percikan api.

Korsleting listrik pada mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk komponen elektronik yang rusak atau cacat, kabel yang kusut, atau komponen lainnya yang memerlukan daya listrik yang berlebihan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Selain itu, mesin mobil yang tidak terawat atau terlalu panas juga bisa menyebabkan korsleting listrik.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga sistem listrik mobil dalam kondisi baik dengan melakukan perawatan teratur dan memeriksa kabel-kabel secara berkala.

  1. Kebocoran Bahan Bakar

Kebocoran bahan bakar juga dapat menjadi penyebab mobil terbakar saat parkir. Bahan bakar yang bocor bisa mencapai bagian mesin yang panas, dan jika ada percikan api atau ledakan, bisa menyebabkan kebakaran.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa sistem bahan bakar mobil secara teratur dan pastikan tidak ada kebocoran.

Jika Anda mencurigai ada kebocoran bahan bakar, segera perbaiki atau bawa ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

  1. Masalah Sistem Knalpot

Sistem knalpot yang bocor atau rusak juga dapat menjadi penyebab mobil terbakar saat parkir. Knalpot yang bocor atau rusak bisa membuat bagian-bagian di sekitarnya menjadi sangat panas dan memicu terjadinya kebakaran.

Selain itu, knalpot yang terlalu dekat dengan bahan yang mudah terbakar juga bisa menyebabkan kebakaran.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa sistem knalpot secara teratur dan pastikan knalpot dalam kondisi baik dan tidak bocor atau rusak.

  1. Overheating Mesin

Overheating mesin mobil adalah kondisi di mana mesin terlalu panas dan tidak bisa membuang panas secara efektif.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk sistem pendingin yang rusak, kekurangan cairan pendingin, atau bagian-bagian mesin yang aus.

Jika mesin terlalu panas, suhu dapat meningkat hingga titik di mana bahan-bahan di sekitarnya seperti karet atau plastik meleleh dan terbakar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan teratur pada sistem pendingin mobil dan memastikan mesin tidak overheat.

  1. Perokok

Merokok di dalam mobil dan membuang puntung rokok yang masih menyala dapat menyebabkan mobil terbakar saat parkir.

Puntung rokok yang masih menyala bisa membuat bahan yang mudah terbakar seperti kertas, plastik, atau kain terbakar.

Selain itu, rokok yang dibuang sembarangan juga dapat menciptakan asap yang bisa mengganggu pandangan pengendara dan menyebabkan kecelakaan.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menghentikan kendaraan dan memadamkan rokok secara benar ketika ingin merokok.

Baca Juga: Ini Bahaya Merokok di Mobil

  1. Aki Kendaraan

Aki kendaraan yang bocor atau terbakar juga dapat menjadi penyebab mobil terbakar saat parkir. Jika aki mengalami korsleting atau meleleh, bisa menyebabkan kebakaran.

Selain itu, aki yang sudah aus atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan masalah pada sistem listrik mobil dan meningkatkan risiko korsleting listrik.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi aki secara teratur dan pastikan aki dalam kondisi baik dan tidak bocor atau terbakar.

  1. Penggunaan Bahan Bakar yang Salah

Penggunaan bahan bakar yang salah juga dapat menjadi penyebab mobil terbakar saat parkir.

Bahan bakar yang tidak sesuai dengan jenis mobil atau campuran zat yang tidak sesuai dalam tangki bahan bakar dapat menyebabkan mesin menjadi rusak atau overheat, sehingga meningkatkan risiko kebakaran.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa jenis bahan bakar yang disarankan untuk mobil Anda dan tidak mencampurkan zat apa pun ke dalam tangki bahan bakar.

Selain itu, pastikan bahan bakar yang Anda gunakan berkualitas baik dan tidak mencurigakan.

Kondisi mobil yang tak diketahui kerusakannya memang bisa menyebabkan penggunanya mengalami kelimpungan, apalagi jika sampai menjadi penyebab mobil terbakar saat parkir.

Agar tak muncul masalah demikian, pastikan untuk mengetahui kondisi mobil secara keseluruhan dengan inspeksi mobil di tempat yang terpercaya seperti Chekko di Dokter Mobil.

Selain faktor penyebab mobil terbakar saat parkir yang sudah disebutkan sebelumnya, masih banyak faktor lain yang dapat memicu terjadinya kebakaran mobil.

Seperti kecelakaan, kontak listrik dengan objek yang mudah terbakar, atau faktor eksternal seperti cuaca yang sangat panas atau gempa bumi.

Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati dan mengambil tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko terjadinya kebakaran mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form