📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Piston Berkerak

penyebab piston berkerak

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Mesin sebuah kendaraan memiliki peran yang sangat penting. Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan Anda wajib untuk melakukan perawatan dengan tepat agar penyebab piston berkerak dan komponen lainnya bisa teratasi. Lakukan perawatan kendaraan secara berkala untuk membantu kinerja mesin kendaraan tetap optimal dan juga menghindarkan dari faktor-faktor yang menjadi penyebab piston berkerak.

Pengertian Piston

Membahas mengenai mesin memang tidak akan ada habisnya. Piston merupakan mesin sumbat yang terpasang pada box silinder pada mesin pembakaran dalam silinder hidraulik, pneumatik, dan silinder pompa. Piston tidak hanya terdapat pada mesin kendaraan saja, akan tetapi juga pada mesin-mesin yang lain seperti kompresor udara, converter hidrolik, hingga pompa ban manual juga terdapat komponen piston.

Piston sendiri mempunyai bentuk seperti silinder. Piston bekerja dan bergerak secara translasi atau gerak bolak-balik di dalam box silinder. Mesin piston ini merupakan sumbu geser yang terpasang presisi di dalam sebuah box silinder.

Piston terbuat dari campuran aluminium karena bahan aluminium ini sangat ringan namun juga memenuhi syarat-syarat. Diantaranya adalah tahan dari temperatur suhu yang tinggi, sanggup menahan tekanan yang bekerja, mudah untuk menghantarkan panas, ringan dan juga kuat. Susunan piston terdiri dari beberapa komponen piston, cincin piston dan batang piston. Setiap piston juga dilengkapi dengan lebih dari satu buah cincin piston. Cincin ini terpasang longgar pada alur cincin piston.

Fungsi Komponen Piston

Fungsi utama piston adalah mengubah volume dari silinder. Perubahan volume ini terjadi karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Kemudian piston yang menerima tekanan dari fluida yang selanjutnya mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).

Dilihat dari prinsip kerja mesin, bahwa mesin dapat menghasilkan power atau tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran. Untuk menjalankan proses pembakaran ini, maka harus terdapat pemasukan bahan untuk pencampuran yaitu udara dan bensin, langkah kompresi, langkah pembakaran, dan langkah pembuangan gas sisa pembakaran. Keempat proses tersebut dapat dijalankan satu komponen penuh melalui bantuan piston.

Langkah kerja piston dimulai dari pengisapan gas (campuran bensin dengan udara) ke dalam box silinder ketika komponen piston bergerak turun. Kemudian dilanjutkan dengan kompresi di dalam ruang bakar ketika piston bergerak naik. Di akhir kompresi ini dilakukan penyalaan yang dilakukan oleh busi, agar gas yang masuk bisa terbakar. Selanjutnya kerja yaitu bergeraknya komponen piston ke bawah karena terdesak oleh gas hasil pembakaran yang bersuhu dan juga bertekanan tinggi. Terakhir langkah pembuangan, yaitu membuang gas sisa pembakaran ke bagian luar box silinder.

Penyebab Piston Berkerak yang Sering Terjadi

Penyebab piston berkerak bisa karena beberapa hal. Salah satunya adalah akibat penggunaan bahan bakar kendaraan dengan rasio kompresi atau kebutuhan mesin yang kurang atau bahkan tidak tepat.

Rasio kompresi mesin itu sendiri merupakan perbandingan antara volume silinder satu piston bergerak naik turun. Semakin rasionya tinggi, maka hasil emisi juga akan lebih rendah. Sayangnya tidak semua jenis kendaraan rasio tinggi. Biasanya kendaraan mewah saja yang memiliki kapasitas mesin atau cc tinggi dan menggunakan teknologi canggih. Bahan bakar bensin beroktan tinggi ini misalnya Pertamax dan Pertamax Turbo, penggunaan bahan bakar beroktan tinggi yang salah juga menjadi salah satu penyebab piston berkerak.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Penyebab Timbulnya Kerak pada Piston Kendaraan

proses pembersihan penyebab piston berkerak

Selain penggunaan bahan bakar yang kurang atau bahkan tidak tepat, masih ada lagi penyebab piston berkerak, seperti:

  1. Filter Udara

Selain jenis bahan bakar ternyata faktor penyebab piston berkerak juga bisa terjadi karena filter udara. Filter udara menjadi komponen yang berperan untuk menyaring udara yang akan masuk ruang bakar. Untuk sepeda motor terbaru biasanya sudah memiliki filter udara model kertas dilengkapi dengan lapisan oli khusus.

Biasanya pemilik sepeda motor ada yang menggantinya dengan komponen lain. Misalnya menggantinya dengan filter buatan dari busa. Selain itu, ada juga yang sengaja untuk membuka box filter udara agar pasokan udara yang masuk semakin besar.

Padahal kondisi seperti ini bukan hal yang baik untuk kendaraan namun akan menjadi penyebab piston berkerak dan menyebabkan faktor kerusakan lainnya karena adanya proses pembakaran yang terjadi akan mengubahnya menjadi kerak. Dampaknya juga akan buruk pada kendaraan yaitu mesin menjadi lebih panas dan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros juga bisa menjadi faktor penyebab piston berkerak.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Filter Udara Aftermarket Bisa Tingkatkan Performa Mobil?

  1. Setting Karburator

Melakukan setting ulang juga bisa membantu mengurangi penyebab piston berkerak. Ideal sebuah mesin membutuhkan perbandingan antara udara dan bahan bakar 13,5-14:1. Salah setting karburator juga akan menjadi faktor lain penyebab piston berkerak. Mesin yang boros belum dapat dipastikan bahwa akan menghasilkan tenaga mesin yang besar. Pembakaran tidak akan sempurna karena settingan karburator terlalu basah. Efek dari settingan ini yaitu menjadi penyebab piston berkerak.

Layanan Jet Clean untuk Atasi Penyebab Piston Berkerak

Permasalahan piston berkerak ini bisa dengan mudah diatasi dengan salah satu layanan pamungkas dari Dokter Mobil, yakni Jet Clean. Jet Clean akan membersihkan berbagai komponen mesin yang terhubung dengan proses pembakaran mesin secara menyeluruh, sehingga terbebas dari kerak karbon yang menumpuk.

Dengan Jet Clean, komponen mesin akan terbebas dari kerak karbon, sehingga proses pembakaran pada ruang mesin pun jadi maksimal dan performa mobil pun kian optimal.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Untuk nikmati layanan Jet Clean guna mengentaskan penyebab piston berkerak, lakukan reservasi Jet Clean di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar layanan-layanan lain yang ada di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Kesimpulan

Itulah informasi seputar pengertian piston, fungsi dari piston, cara kerja piston, hingga penyebab piston berkerak yang dapat kami sampaikan. Sayangi kendaraan Anda dengan melakukan service rutin ke bengkel Dokter Mobil agar performa dari kendaraan Anda tetap optimal tanpa adanya kendala dan masalah yang terjadi. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya dan selamat beraktivitas kembali.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6472

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *